Sebuah undangan masuk meja redaksi Autofun.co.id dari PT Astra Honda Motor (AHM). Pada undangan tersebut tertulis peluncuran dan test ride produk terbaru mereka di lokasi Cikarang, Jawa Barat pada 2 Februari mendatang.
Yup, kurang dari 1 minggu lagi, akan ada produk baru lagi dari AHM, setelah sebelumnya pada November 2021 merilis Honda CB150X 2022. Kira-kira produk apa yang akan dirilis kali ini ya?
Baca juga : Menanti Honda Vario 160 Hadir di Indonesia, Nasib Mesin 125 Cc Apa Kabarnya?
Dugaan kuat adalah hadirnya sosok motor matic terbaru Honda Vario 160 2022. Bocoran informasinya memang sudah tersebar luas bahkan sampai ke negara tetangga seperti Thailand yang juga menjual produk serupa.
Dan tak hanya 1 produk, namun kami menduga akan ada 2 produk sekaligus yang dikenalkan. Tahu sendiri, Honda Vario terdiri dari 2 versi yakni versi mesin 125 cc dan versi mesin 150 cc, yang akan menjadi 160 cc.
Dan seperti yang sudah-sudah, keduanya kemungkinan besar akan saling berbagi desain yang identik. Namun tentu saja ada sejumlah pembeda, misalnya desain pelek, pilihan warna dan juga fitur, seperti yang terjadi pada model saat ini beredar.
Untuk Honda Vario 125 2022 kemungkinan besar masih akan mengusung jantung mekanis yang sama, eSP 125 cc silinder tunggal dengan pendingin cairan. Tapi tetap ada kemungkinan matic ini dibenamkan mesin 125 cc dengan teknologi eSP+ terbaru. Siapa yang tahu?
Beda cerita dengan kembarannya, yang sangat kuat akan mengusung mesin eSP+ yang juga terpasang pada Honda PCX 160 2022. Mesin eSP+ tersebut memiliki output tenaga maksimal sampai 16 PS di 8.500 rpm, torsi yang bisa dicapai adalah 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Intip Kelebihan dan Kekurangan Honda Vario 125, Satu-Satunya Skutik 125 cc Honda
Jantung mekanis eSP+ berkarakter over bore (60 mm x 55,5 mm), menurut Honda langkah piston yang lebih pendek untuk menghemat ruang agar mesin barunya itu bisa menggunakan 4 buah katup, serta mengurangi friksi pada mesin.
Banyak teknologi baru yang diterapkan pada mesin tersebut yang mampu membuat kinerjanya lebih halus. Misalnya piston oil jet, tensioner rantai keteng dengan tekanan oli, kruk as baru untuk mengurangi efek inersia saat piston naik-turun dan mereduksi getaran.
Seperti yang kita ketahui, Honda Vario 125 merupakan motor matic dengan dimensi yang pas dan mudah digunakan siapa pun. Bobotnya pun hanya 111 kg saja, begitu pula dengan Honda Vario 150 yang lebih berat sedikit dengan 112 kg.
Jika model barunya kelak hanya mengalami kenaikan bobot sedikit, maka performa mesinnya akan lebih baik, khususnya untuk versi mesin 160 cc. Mesin yang terasa bertenaga pada Honda PCX 160 tentu akan lebih memuaskan saat disematkan pada Honda Vario 160 yang berbodi ramping.
Baca juga : Semakin Terendus, Honda Vario 160 2022 Berkode K2S Diisukan Rilis Akhir Tahun 2021 Ini
Well, tentunya semua dugaan tadi harus dibuktikan pada hari H kelak. Akankah semau dugaan dan prediksi kami terbukti atau justru sebaliknya. Kalau begitu tunggu updatenya di Autofun.co.id ya.