Honda Vario 160 kini naik kelas dari motor matic biasa menjadi matic premium. Lengkapnya disebut Astra Honda Motor (AHM) sebagai matic premium sporty. Jadi kastanya setara Honda PCX 160 yang terlebih dulu dikategorikan dengan embel-embel premium.
Hanya saja ada tambahan kata sporty, sehingga menegaskan posisinya sebagai produk roda dua yang hadir dengan gaya trendy dan energik. Sementara kesan elegan dan mewah ditambatkan pada Honda PCX 160 sebagai diferensiasi produk di pasaran.
Baca Juga: Honda Vario 160 2022 Akhirnya Meluncur, Cek Ubahan Sasis, Mesin Hingga Fiturnya!
"Kami mengembangkan 150 menjadi 160 karena kami melihat dari survei kebutuhan penggunanya ingin tampil lebih seperti big scooter, sehingga kami kembangkan lebih greater dengan Honda Vario 160," terang Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya usai peluncuran Honda Vario 160, Rabu (1/2).
Lalu apa saja istimewanya motor baru yang dijual dengan harga Rp 25,8 juta buat tipe standar dan Rp 28,5 juta untuk varian rem ABS serta kelengkapan rem cakram belakang ini?
Chief Officer Regional Operations (Asia & Oceania) Honda Motor, Masayuki Igarashi mengatakan, secara spesifikasi Honda Vario 160 tak memiliki perbedaan dengan Honda PCX 160. Ya singkatnya bisa dikatakan bodi Vario tapi mesin PCX.
"Bahwa engine sama seperti PCX 160, kami berusaha menangani agar performa yang diberikan setara PCX, oleh karena itu secara power dan torsi setara," katanya pada kesempatan yang sama.
Berdasarkan data teknis, kapasitas mesin asli Honda Vario 160 adalah 156,9 cc, SOHC 4-katup dan berpendingin cairan. Di atas kertas menjanjikan tenaga hingga 15,4 PS pada 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm pada putaran 7.000 rpm. Bila dibanding mesin lawas, tenaganya naik 2,1 PS dan torsi 0,4 Nm.
Baca Juga: Harga All New Honda Vario 160 2022 Mulai Rp25 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkapnya
Kesan premium atau berkelasnya bukan cuma dari mesin. Secara ada beberapa fitur baru yang jadi nilai tambah. Penggunaan semua lampu LED dan operasional keyless ditambah fungsi alarm tetap dipertahankan.
Selain itu Honda Vario 160 juga sekarang dilengkapi port USB charger. Cara pakainya tak perlu bawah adaptor, cukup siapkan kabel untuk charge ponsel pintar. Nilai tambahnya ada lagi, berupa rem cakram belakang dan makin premium lantaran dilengkapi rem ABS di cakram depan.
Kemudian dari tampilan sang desainer juga membuatnya makin berisi. Utamanya bagian depan yang lebih tebal dan desain bodi bertingkat untuk membuatnya serupa bodi fairing khas motor sport. Apalagi ditunjang penggunaan fender yang mepet lingkar atas roda depan, tidak lagi mengambang.
Lalu wajah Honda Vario 160 yang ditampilkan dari housing lampu utamanya membuatnya mirip Yamaha Aerox, dinamis dan agresif lewat penggunaan 2 DRL yang terpisah panel bodi depan selayaknya mobil mewah.
Namun yang membuatnya sedikit aneh adalah penyematan bracket pelat nomor menyerupai windshield kecil yang letaknya kurang proporsional. Untuk melebur detail tadi sebenarnya bisa tertutup setelah motor menggunakan plat nomor.
Tak cukup dari situ, Honda Vario 160 juga telah memakai 'sepatu' baru. Pelek palang Y baru diselimuti ban yang lebih lebar agar kendali lebih stabil. Untuk depan berukuran 100/80 sementara belakang 120/70 yang membuatnya proporsional menyesuaikan keseluruhan bentuk yang gemuk dan kekar.
"Kenyamanan berkendara ini merupakan salah satu upaya penting yang kami persembahkan agar dapat menemani aktivitas sehari-hari. Kami berharap kehadiran produk baru ini dapat membuat konsumen lebih percaya diri," tambah Executive Vice President Director PT AHM, Johannes Loman.
Tambahnya, Honda Vario 160 diproduksi oleh putra putri Indonesia di pabrik AHM di Cikarang Plant. Pada tahun pertamanya ini, Honda Vario 160 ditargetkan terjual sebanyak 450 ribu unit.
Baca Juga: Klaim Konsumsi BBM Honda Vario 160 2022 Tembus Segini, Gak Kalah Irit Dari Versi 150 Cc!