Mengenal Keunggulan Sasis eSAF Honda Vario 160 2022, Seperti Ini Detailnya

Honda Vario 160 2022 punya sasis baru
  • Baru pertama kali dipakai di Honda Vario Series.
  • Punya keunggulan di bobot yang ringan.

Salah satu pembaruan yang dilakukan pada Honda Vario 160 2022 adalah bagian sasisnya. Di mana kini skuter matic bertampang sporty tersebut mengandalkan frame bertipe eSAF (enhanced Smart Architecture Frame).

Rangka tersebut menggusur tipe pipa kotak pada model sebelumnya. Frame pipa kotak di keluarga Vario Series sendiri sudah hadir sejak varian pertama Honda Vario 150 di tahun 2015 silam.

Sasis pipa kotak tersebut juga menggusur model pipa bulat yang hadir sejak Vario edisi pertama di 2006 lalu.  Pihak PT Astra Honda Motor (AHM) tentu punya sederet alasan mengenai penggunaan sasis anyar di motor tersebut.

Tentunya penggunaan rangka eSAF juga punya sejumlah pertimbangan karena punya sejumlah keunggulan. Seperti apa fakta dari sasis tersebut? Yuk, kita bahas.

Baca Juga: Klaim Konsumsi BBM Honda Vario 160 2022 Tembus Segini, Gak Kalah Irit Dari Versi 150 Cc!

Sasis Lapisan Plat Bukan Hal Baru Di Honda

Meski secara desain dan rancang bangunnya terbilang baru, namun penggunaan sasis plat sendiri bukan barang baru di pabrikan Honda. Meski banyak dari kalian yang baru tahu kalau sasis jenis ini pertama kali digunakan untuk Honda Genio.

Konstruksi rangka eSAF

Nggak percaya? Tengok saja frame Honda S90Z yang dirakit oleh Federal Motor di Indonesia. Sasis motor sport lawas tersebut bukanlah bertipe tubular atau deltabox. Karena Honda S90Z adalah sasis plat press model monokok.

Jadi meski pun secara bentuk jauh berbeda dari rangka eSAF ini, tapi soal pemakaian plat di sasis menjadi bukan hal baru.

Sasis eSAF Awalnya Dipakai Honda Genio

Di Indonesia teknologi frame eSAF awalnya dikenalkan oleh varian Honda Genio pada tahun 2019 lalu. Skuter matic tersebut dikembangkan dari Honda G Concept yang dikenalkan lewat pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018.

Pemakaian perdana di Vario Series

Setelah hadir pada Honda Genio, penggunaan rangka eSAF makin masif pada produk-produk Honda lainnya. Seperti penggunaannya di 'motor sejuta umat' Honda Beat anyar di awal tahun 2020.

Kemudian penggunaannya meluas ke skuter matic retro, Honda Scoopy versi terbaru yang hadir di Indonesia pada November 2020 lalu. Untuk keluarga Vario Series, baru di model Honda Vario 160 2022 inilah yang pertama mengusung sasis eSAF.

Baca Juga: Harga All New Honda Vario 160 2022 Mulai Rp25 Jutaan, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Bobot Makin Ringan

Dari data AHM, terlihat ada pengurangan bobot pada sasis baru Honda Vario 160 2022. Di mana sasis Vario 150 lawas punya bobot 12,8 kg dan di model baru tersebut punya berat 11,7 kg saja.

Sasis eSAF.

Meski demikian, secara keseluruhan bobot Honda Vario 160 2022 masih lebih berat dari edisi sebelumnya. Karena Honda Vario 160 2022 punya bobot 117 kg, sementara Vario 150 hanya seberat 112 kg.

Dalam memproduksi rangka eSAF, AHM menggunakan proses produksi mutakhir. Seperti proses press serta laser welding. Selain itu, konstruksinya dikembangkan untuk meningkatkan stabilitas handling. Sehingga sepeda motor mudah dikendarai, ringan dan nyaman saat bermanuver.

Diklaim Lebih Kuat

Sketsa desain Honda Vario 160 2022

Mungkin masih ada yang menyangsikan kekuatan sasis eSAF dengan lapisan plat yang digabungkan. Tapi jangan salah, AHM justru mengklaim jika frame ini lebih kuat dan rigid dari sebelumnya.

Pihak Honda telah menguji secara internal mengenai kekuatan sasis tersebut. Hasilnya rangka eSAF punya kemampuan menahan defleksi atau pembengkokan, lebih kaku dan kuat dari tipe sebelumnya.

Jadi paham dong sekarang?

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 150
Lihat