Begini Impresi Awal Mesin Blue Core Hybrid Yamaha Fazzio 2022

Merasakan mesin Blue Core Hybrid milik Yamaha Fazzio
  • Semburan tenaga linear dan padat sejak putaran rendah
  • Semburan electric power assist di 3 detik pertama saat berakselerasi

Yamaha Fazzio Hybrid-Connected dilengkapi dengan fitur-fitur yang terbilang baru di kelas 125 cc, bahkan bisa dibilang jadi yang pertama. Misal sudah dilengkapi dengan fitur Y-Connect yang memungkinkan smartphone pengendara terkoneksi dengan motor.

Koneksi melalui bluetooth tersebut akan menampilkan beragam informasi sepeda motor. Seperti status aki dan oli, odometer, fuel consumption, posisi parkir terakhir, ranking, takometer, dan air temperature.

Di spidometer Yamaha Fazzio juga terdapat indikator App dan kapasitas baterai smartphone ketika sudah tersambung. Bahkan ada pula notifikasi pesan dan telfon masuk, nantinya lampu indikator akan berkedip sebagai penanda.

Selain Y-Connect, Yamaha Fazzio juga disematkan fitur hybrid yang merupakan motor 125 cc di Indonesia pertama yang menerapkan fitur ini. Walau pun sistem hybridnya masih mild hybrid, tidak seperti sistem hybrid pada mobil yang bisa berjalan murni menggunakan tenaga listrik.

Baca juga: Impresi Pertama Mengendarai Yamaha Fazzio 2022, Enteng Dan Lincah!

Blue Core Hybrid jadi teknologi baru yang pertama kali disematkan pada Fazzio

Sistem hybrid pada Fazzio bisa dikatakan mirip dengan yang dipakai PCX Hybrid, hanya saja lebih sederhana lagi. Karena hybrid atau electric power assist hanya bekerja di 3 detik pertama saat motor berakselerasi dari posisi berhenti hingga maksimal putaran mesin menyentuh 5.500 rpm.

Lantas bagaimana impresi teknologi terbaru ini? Tim AutoFun Indonesia sudah mencicipi Yamaha Fazzio untuk pertama kalinya atas undangan dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Impresi Blue Core Hybrid

Basic mesin yang digunakan Fazzio sebenarnya serupa dengan matic 125 cc generasi terakhir, seperti FreeGo dan Mio Gear 125. Hanya saja ada peningkatan di beberapa sektor, seperti piston yang lebih tinggi untuk mendapatkan perbandingan kompresi tinggi pula.

Yamaha Fazzio menggebuk perbandingan kompresi 11±0,4:1 dengan rekomendasi penggunaan bahan bakar minimal RON 92. Tingginya perbandingan kompresi bersanding dengan jarak pulley yang lebih pendek serta perbandingan final gear yang lebih ringan.

Baca juga: Yamaha Fazzio 2022 Mendapat Sambutan Positif Sebagai Lawan Scoopy, Begini Kata Honda

Electric power assist membantu putaran kruk as melalui generator saat akselerasi di 3 detik pertama

Belum lagi ada dorongan electric power assist saat motor pertama kali jalan. Efeknya saat kami coba berkeliling kota Bogor, Jabar memang akselerasi awal terutama dalam posisi berhenti terasa lebih mendorong. 

Hentakan tenaga ketika cruising juga cukup terasa, misal ketika ingin menyalip kendaraan. Karakternya tetap khas akan matic 125 cc Yamaha, di mana linear sejak putaran rendah hingga atas. Namun di Fazzio ini linear dan semburan tenaga lebih padat dibanding matic 125 cc Yamaha lain.

Namun karena sistem hybrid tidak bisa dimatikan, jadi kami tidak bisa membandingkan atau tidak bisa mengetahui seberapa berpengaruh sistem hybrid saat on juga saat off. Suara yang dihasilkan dari mesin Fazzio terbilang halus.

Baik suara mesin maupun suara knalpotnya begitu bersahabat dengan telinga. Ada sedikit vibrasi, namun tidak terlalu mengganggu. Justru malah ada sedikit gredeg saat akselerasi awal ketika kondisi mesin dingin.

Baca juga: Yamaha Fazzio 2022 Jadi Incaran Buat Modifikasi, Keluar Dealer Langsung Dioprek!

Punya jarak pulley yang lebih pendek serta perbandingan final gear yang ringan membuat akselerasi Fazzio lebih nampol!

Ditambah motor yang kami gunakan semua masih sangat baru dengan odometer rendah. Namun setelah mesin panas dan berjalan lebih dari setengah jam, getaran pun hilang. Sepertinya karena memang komponennya masih baru, belum beradaptasi.

Untuk ulasan lebih lengkapnya bisa tunggu di sesi test ride ya!

Spesifikasi Yamaha Fazzio Hybrid – Connected 2022
Tipe mesin 4-tak, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Diameter X langkah 52,4 mm x 57,9 mm
Kapasitas mesin 124,8 cc
Perbandingan kompresi 11:1
Tenaga maksimal 8,4 ps @6.500 rpm
Torsi maksimal 10,6 Nm @4.500 rpm
Kapasitas oli mesin 0,84 liter
Tipe transmisi Automatic
Tipe rangka Underbone
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Unit Swing
Ban depan Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Ban belakang Dunlop Scoot Smart 110/70-12 tubeless
Rem depan Cakram
Rem belakang Tromol
P x L x T 1.820 mm x 685 mm x 1.125 mm
Jarak sumbu roda 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah 135 mm
Tinggi tempat duduk 750 mm
Berat isi 95 kg
Kapasitas tangki bensin 5,1 liter
Tipe busi CR6HSA
Sistem pengapian TCI
Battery YTZ6V
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Fazzio
Lihat