Honda CB150X membuka kelas baru dengan genre sport adventure untuk kelas 150 cc, yang sebelumnya hanya bermain di kelas 250 cc seperti CRF250 Rally dan Kawasaki Versys 250. Motor ini pun mendapat tampilan wajah baru yang gagah.
Jika dilihat sekilas, tampak depannya mirip dengan sang kakak, Honda CB500X yang gagah dengan lampu sporty yang melancip. Walaupun desain dari tengah ke belakang tidak beda dengan Honda CB150R Streetfire.
Mesin yang digunakan berkode K56 identik dengan varian Honda CB150R, Honda Sonic 150, Honda Supra GTR 150, sampai Honda CBR150R. Spesifikasinya 150 cc 4 langkah, DOHC 4 katup, berpendingin cairan, serta 6 percepatan.
Konfigurasi piston dan langkahnya hampir square, pakai diameter piston 57,3 mm dengan langkah 57,8 mm. Memiliki perbandingan kompresi 11,3:1, mesin ini punya klaim tenaga maksimal 15,6 ps di 9.000 rpm dengan torsi 13,8 Nm di 7.000 rpm.
Baca juga: Honda CB150R Streetfire Bisa Lho Diubah Jadi CB150X 2022, Tapi Tanggung Risikonya Ya!
Meski pakai basic mesin yang serupa dengan tipe lain, tapi di Honda CB150X ada sedikit penyesuaian di beberapa sektor, mapping ECM contohnya. Kabarnya ini untuk menyesuaikan dengan karakter dari Honda CB150X.
Saat kami cicipi, memang karakter tenaga yang dihasilkan Honda CB150X ini berbeda. Tenaga yang disalurkan ke roda belakang difokuskan pada putaran tengah. Namun ini membuat powerband mesin Honda CB150X sangat sempit.
Pasalnya mesin baru terasa mendorong ketika berada di kisaran 4.500 rpm hingga 8.500 rpm saja, perpindahan gigi di rpm tersebut juga membuat Honda CB150X terasa responsif karena tenaga mesin terus menyambung tanpa drop.
Namun memang ketika di bawah 4.500 rpm tenaga yang dihasilkan belum istimewa, mesin masih terasa ‘ngeden’ ketika gas dibuka. Begitu pula ketika di atas 8.500 rpm mesin menggerung namun sudah tidak sepadan dengan tenaga yang dihasilkan.
Baca juga: Honda CB150X 2022 Meluncur di Jabar, Harga Lebih Murah Dari Jakarta!
Ini membuatnya jadi terasa mubazir akibat mesin yang menggerung tidak sebanding dengan dorongan tenaganya, terlebih konsumsi bahan bakar akan lebih boros akibat main di putaran tinggi.
Torsinya yang kuat di putaran tengah membuat Honda CB150X cocok digunakan di perkotaan, menyalip kendaraan serta menanjak bukan hal yang sulit asal berada di rentang rpm yang tepat. Karakter tenaganya sesuai dengan konfigurasinya yang hampir square.
Koplingnya yang ringan juga memiliki performa yang baik, karena meski ringan tapi tiap perpindahan gigi tidak ada gejala selip. Wheelie pun jadi hal yang mudah, cukup gantung putaran mesin lalu lepas kopling maka roda depan akan terangkat!
Suara mesin halus bersanding dengan suara knalpot yang sedikit ngebas ketika langsam juga ketika berakselerasi. Namun sayang seiring dengan tingginya putaran mesin, ada sedikit vibrasi yang terasa di footstep dan setang.
Baca juga: Beli Honda CB150X 2022 Dapat Diskon, Simak Juga Skema Kreditnya
Untuk mengetahui seberapa cepat akselerasi Honda CB150X serta pencapaian kecepatan tertingginya, tidak lupa kami uji menggunakan Racebox yang berbasis GPS. Hasilnya kecepatan 0-60 km/jam dicapai dalam waktu 6,21 detik.
Sedangkan jarak 0-100 meter ditempuh dalam waktu 7,06 detik serta waktu 18,43 detik untuk menempuh jarak 0-402 meter. Kecepatan maksimal yang bisa diraih Honda CB150X adalah 127 km/jam di spidometer.
Meski belum menyentuh limiter, namun kecepatan sudah tidak ingin naik. Sepertinya karena desian bodi yang tidak aerodinamis seperti motor sport dan tenaga yang sudah habis.
Sedangkan kecepatan maksimal CB150X yang terbaca Racebox hanya 116,9 km/jam, itu berarti kurang lebih ada beda 10,1 km/jam antara kecepatan di spidometer dan GPS.
Lumayan....
Baca juga: Bikin Takjub, Dipakai Macet-Macetan Konsumsi Bahan Bakar Honda CB150X 2022 Tembus Segini!
Data Akselerasi Honda CB150X | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 6,21 detik | |
0-80 km/jam | 7,43 detik | |
0-100 km/jam | 13,87 detik | |
0-100 meter | 7,06 detik | |
0-200 meter | 11,22 detik | |
0-402 meter | 18,43 detik | |
Top speed Racebox | 116,9 km/jam | |
Top speed spidometer | 127 km/jam |