Motor sport kerap disebut punya konsumsi bahan bakar yang boros, salah satunya karena kebanyakan pakai mesin berkubikasi besar. Tapi seiring kemajuan teknologi, motor sport kini bisa jadi lebih irit untuk digunakan sehari-hari.
Salah satunya adalah Honda CB150X 2022, motor sport adventure pertama di Indonesia yang mengandalkan mesin 150 cc. Jantung pacu yang sama yang dipasangkan pada motor Honda CBR150R 2022 dan juga Honda CB150R Streetfire 2022.
Baca juga : Impresi Mesin Honda CB150X 2022 Untuk Harian, Tenaga Kuat di Tengah Top Speed Tembus Segini!
Karakter mesinnya cenderung kuat dan ngisi pada putaran rendah sampai tengah. Tapi putaran menengahnya terasa lebih kuat, sebelum nafasnya seperti kosong pada putaran mesin tinggi. Ya motor jenis ini memang lebih mengutamakan power rendah sampai tengah.
Meski ditujukan untuk penyuka touring dan berpetualang, tentunya ada pula yang menggunakannya untuk berkendara sehari-hari. Kami pun sudah melakukan pengetesan konsumsi bahan bakar untuk penggunaan dalam kota, dan hasilnya boros atau irit?
Dikendarai rider berbobot 65 kg dengan karakter berkendara kombinasi, kadang agresif kadang santai, kami membawa Honda CB150X melintasi padatnya jalanan Jakarta. Bahkan sempat pula dipakai melintasi kemacetan parah akibat banjir di kawasan Sunter dan Kelapa Gading Januari lalu.
Baca juga : Honda CB150X 2022 Meluncur di Jabar, Harga Lebih Murah Dari Jakarta!
Ngomong-ngomong soal banjir, dengan ground clearance yang lumayan tinggi sampai 181 mm rasanya pede saja melintas. Tapi ingat, harus dilihat juga, kalau terlalu dalam lebih baik mencari jalan alternatif ya!
Balik lagi soal konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Honda CB150X, setelah dipakai harian dengan menempuh total jarak 143,7 km. Konsumsi BBM-nya tercatat hingga 39,2 km/liter. Nyaris menyentuh 40 km/liter nih!
Hasil tersebut dicapai dengan metode pengukuran full to full menggunakan bahan bakar oktan 92. Namun saat melihat angka konsumsi BBM rata-rata pada panel meter, justru menunjukkan angka yang lebih irit yakni 42,8 km/liter.
Baca juga : Harga Dua Varian Honda CB150X 2022 Selisih Rp 500 Ribu, Bagian Ini Yang Bikin Beda
Menariknya, saat kami sudah melakukan pengukuran konsumsi BBM Honda CB150X 2022 ini dan dipakai cruising santai di perkotaan dengan kecepatan stabil di 70-80 km/jam, konsumsi BBM rata-rata di spidometer jadi lebih irit lagi.
Artinya jika dikendarai oleh pengendara dengan karakter santai dan bertemu jalanan lowong serta kecepatan konstan, maka konsumsi BBM motor ini bisa jauh lebih irit lagi. Banyak faktor memang sebagai penentu irit borosnya sebuah motor.
Kesimpulannya, Honda CB150X 2022 terhitung irit untuk penggunaan harian dengan kondisi lalu lintas yang padat, serta pengendara yang cenderung agresif. Andai berkendara santai dan konstan, hasilnya bisa lebih irit lagi seperti yang kami alami.
Untuk melakukan touring keluar kota maka tak aneh jika raihan efisiensi bisa lebih baik lagi, terlebih jika dikendarai konstan dan melintasi jalanan yang lengang. Honda CB150X akan lebih terasa ekonomis untuk dipakai touring.
Spesifikasi Honda CB150X 2022 | |||
---|---|---|---|
DIMENSI | |||
Dimensi (P x L x T) | 2.031 x 796 x 1.309 mm | ||
Jarak sumbu Roda | 1.315 mm | ||
Jarak terendah ke tanah | 181 mm | ||
Ketinggian tempat duduk | 817 mm | ||
Berat kosong | 139 kg | ||
RANGKA | |||
Rangka | Diamond Type, Steel | ||
Suspensi depan | Upside down, SFF-BP | ||
Suspensi belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Suspensi Prolink) | ||
Ukuran Ban depan | 100/80 – 17 52P (Tubeless) | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 – 17 62P (Tubeless) | ||
Rem depan | Cakram Hidrolik | ||
Rem belakang | Cakram Hidrolik | ||
MESIN | |||
Tipe mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | ||
Tipe transmisi | Manual, 6 Kecepatan | ||
Pola pengoperan gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | ||
Sistem pendingin mesin | Liquid Cooled with Auto fan | ||
Diameter x langkah | 57.3x 57.8 mm | ||
Kapasitas Mesin | 149.16 cc | ||
Perbandingan kompresi | 11.3 : 1 | ||
Daya maksimum | 15,6 PS @ 9.000 rpm | ||
Torsi maksimum | 13,8 Nm @ 7.000 rpm | ||
Kopling | Multiple Wet Clutch Coil Spring | ||
Sistem pelumasan | Wet | ||
Starter | Elektrik | ||
KAPASITAS | |||
Kapasitas tangki bahan bakar | 12 liter | ||
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | ||
Pelumas Mesin | 1.1 liter | ||
KELISTRIKAN | |||
Tipe Baterai | MF Wet 12V 5Ah | ||
Sistem pengapian | Full transisterized | ||
Tipe Busi | NGK MR9C-9N atau ND U27EPR-N9 |