Seberapa Besar Peluang Honda ADV 160 2022 Muncul Tahun Ini? Ini Prediksinya

Honda ADV 150 akan bermesin 160 cc tahun ini?
  • Model tersisa yang masih pakai mesin 150 cc eSP.
  • Usianya genap tiga tahun pertengahan tahun nanti.
  • Harganya tetap paling mahal.

Motor matic kelas premium bermesin 150 cc saat ini termasuk segmen yang sengit persaingannya. Pasalnya segmen ini menyasar konsumen kelas menengah atas yang lebih peka terhadap teknologi dan menjadikan motor sebagai bagian dari gaya hidupnya.

Dari pabrikan Honda, mereka memiliki tiga gacoan yang diantaranya sudah mendapatkan update besar-besaran. Yang pertama tentu saja Honda PCX 160 2022, yang tampil elegan dengan mengusung perubahan total dari rangka, mesin hingga desain dan teknologinya.

Tinggal satu yang belum mendapatkan update signifikan, motor itu adalah Honda ADV 150 2022. Yup, hanya motor matic bergaya petualang inilah yang belum dijejali jantung pacu baru, padahal harganya semakin tinggi, mendekati Rp 40 juta!

Dari situs resmi PT Astra Honda Motor, banderol Honda ADV 150 saat ini mulai dari Rp 35,186 juta (CBS) dan Rp 38,251 juta (ABS) on the road Jakarta. Harganya bahkan lebih mahal dari Honda CB150X 2022 atau malah Honda CB150R Streetfire 2022 yang direntang Rp 29 jutaan sampai 33 jutaan.

Artinya Honda harus segera merilis Honda ADV 160 2022 segera karena harganya jadi yang paling mahal untuk ukuran matic bermesin 150-160 cc. Lantas apakah akan muncul tahun ini?

Baca juga : Lebih Boros dari Honda PCX, Menggoda kah Honda ADV 150 Dibeli?

Honda ADV 150 punya desain yang unik dan gahar.

Usia Produksi Belum Tiga Tahun

Biasanya siklus update atau facelift sebuah produk sepeda motor direntang tiga tahun. Honda ADV 150 sendiri baru akan genap tiga tahun pada Juli mendatang, karena motor ini sendiri dirilis pada gelaran GIIAS 2019 lalu.

Dengan usia produk yang masih relatif muda dan telah disematkan banyak teknologi, tentunya Honda masih ingin agar motor ini bertahan lebih dulu. Apalagi motor ini masih fresh dibeberapa negara yang mendapatkan unit dari Indonesia.

Baca juga : Honda Dikabarkan Sedang Riset ADV 160 Pakai Mesin eSP+ dan HSTC, Kapan Muncul?

Desain yang berbeda dari matic sekelas serta sematan teknologi dan fiturnya masih membuat produk satu ini punya kelas tersendiri. Dari merek Jepang hanya Honda ADV 150 yang merupakan model motor matic bergaya adventure.

Peluncuran Honda ADV 150 2019 lalu.

Tapi biasanya AHM juga merilis perubahan warna baru untuk model-model yang belum akan facelift, dan Honda ADV 150 ini jadi salah satu produk yang hingga saat ini belum mendapat update warna lagi. Terakhir update kelir dilakukan pada September 2020 lalu.

Honda ADV 160 2022 Meluncur Tahun Ini?

Berkaca dari penjelasan di atas, rasanya memang sulit Honda ADV 160 dengan mesin eSP+ akan segera hadir. Namun kami merangkum sejumlah alasan yang bisa saja membuat kehadirannya lebih cepat.

Baca juga : Intip Sisi Menarik Honda ADV 160 2022 saat Menggendong Mesin Honda PCX 160

Yang pertama adalah efisiensi produksi, dengan hanya mengandalkan mesin 150 cc eSP satu-satunya, tentu akan lebih efisiensi jika seluruh produk 150 cc digantikan dengan mesin 160 cc eSP+ terbaru bukan? Ini pun hanya tinggal menyisakan Honda ADV 150 saja.

Mesin dengan 4 katup dengan kemampuan yang ditingkatkan.

Kedua, motor ini banyak dikeluhkan memiliki performa yang terlalu smooth meski banyak pula yang terpuaskan dengan efisiensi bahan bakarnya. Namun dengan tampilan gagah bak motor adventure, performanya ini dianggap kurang nendang.

Spesifikasi mesinnya sama persis dengan Honda Vario 150 dulu, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin cairan dan berteknologi eSP. Ukuran piston dan langkah piston pun identik, yakni 57,3 mm dan 57,9 mm.

Meski sebenarnya, mesin ini pada Honda ADV 150 sudah diupgrade sehingga memiliki output lebih besar, dengan tenaga 14,5 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 6.500 rpm, tetap saja kedodoran. Maklum, bobot Honda ADV 150 20 kg lebih berat dari Honda Vario 150!

Honda ADV 150 harganya paling mahal saat ini.

Lalu akan seperti apa jika motor ini menggendong mesin eSP+ yang sama dengan milik Honda PCX 160? Berdasarkan spesifikasinya, mesin Honda PCX 160 tersebut mampu mengeluarkan tenaga mencapai 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Ada peningkatan hingga 1,5 PS dan 0,9 Nm dari mesin 150 cc sekarang, pastinya lumayan banget dan akan terasa lebih responsif jika dipasangkan untuk Honda ADV 160. Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar juga masih irit, masih bisa tembus 45 km/liter loh!

Baca juga : Tebak Spesifikasi dan Fitur Honda ADV 160 2022 Yang Kabarnya Rilis Tahun Depan

Dan meski pakai mesin 160 cc eSP+, Honda biasanya akan melakukan seting ulang pada ECM dan juga part CVT agar bisa memberikan output yang lebih baik lagi. Artinya akan ada kemungkinan mesin yang diusung lebih kuat dari milik Honda PCX 160 2022, meski secara basis sama.

Wajib Diikuti Update Fitur

HSTC wajib hadir pada Honda ADV 160 nanti.

Soal kelengkapan motor rasanya Honda ADV 150 saat ini sudah yang paling banyak dari saudara sekelasnya. Misalnya windshield adjustable, lampu-lampu full LED, rem CBS dan ABS, panel meter full digital, power outlet, suspensi dengan travel panjang, Smart Key System, Side Stand Switch dan rem cakram dikedua roda.

Kami yakin kelak model terbarunya akan disematkan pula teknologi HSTC (Honda Selectable Torque Control). Kemudian ada kemungkinan penerapan rangka eSAF untuk mengejar bobot motor yang lebih ringan.

Honda ADV 160 akankah hadir tahun ini?

Lantas jika tidak dalam waktu dekat ini, rasanya Honda ADV 160 2022 ada kemungkinan untuk hadir pada penghujung tahun nanti. Mari kita tunggu bersama-sama.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 150
Lihat