Motor matic kelas premium bermesin 150 cc saat ini termasuk segmen yang sengit persaingannya. Pasalnya segmen ini menyasar konsumen kelas menengah atas yang lebih peka terhadap teknologi dan menjadikan motor sebagai bagian dari gaya hidupnya.
Dari pabrikan Honda, mereka memiliki tiga gacoan yang diantaranya sudah mendapatkan update besar-besaran. Yang pertama tentu saja Honda PCX 160 2022, yang tampil elegan dengan mengusung perubahan total dari rangka, mesin hingga desain dan teknologinya.
Baca juga : Simak Lagi Plus-Minus Honda ADV 150 2022, Skutik Yang Dijual Lebih Mahal Dari PCX 160
Yang kedua adalah Honda Vario 160 2022 yang hadir pada awal Februari kemarin, dengan membawa perubahan yang signifikan. Mulai dari desain, teknologi dan fitur, mesin 160 cc eSP+ sampai penerapan rangka model baru dengan teknologi eSAF.
Tinggal satu yang belum mendapatkan update signifikan, motor itu adalah Honda ADV 150 2022. Yup, hanya motor matic bergaya petualang inilah yang belum dijejali jantung pacu baru, padahal harganya semakin tinggi, mendekati Rp 40 juta!
Dari situs resmi PT Astra Honda Motor, banderol Honda ADV 150 saat ini mulai dari Rp 35,186 juta (CBS) dan Rp 38,251 juta (ABS) on the road Jakarta. Harganya bahkan lebih mahal dari Honda CB150X 2022 atau malah Honda CB150R Streetfire 2022 yang direntang Rp 29 jutaan sampai 33 jutaan.
Artinya Honda harus segera merilis Honda ADV 160 2022 segera karena harganya jadi yang paling mahal untuk ukuran matic bermesin 150-160 cc. Lantas apakah akan muncul tahun ini?
Baca juga : Lebih Boros dari Honda PCX, Menggoda kah Honda ADV 150 Dibeli?
Biasanya siklus update atau facelift sebuah produk sepeda motor direntang tiga tahun. Honda ADV 150 sendiri baru akan genap tiga tahun pada Juli mendatang, karena motor ini sendiri dirilis pada gelaran GIIAS 2019 lalu.
Dengan usia produk yang masih relatif muda dan telah disematkan banyak teknologi, tentunya Honda masih ingin agar motor ini bertahan lebih dulu. Apalagi motor ini masih fresh dibeberapa negara yang mendapatkan unit dari Indonesia.
Baca juga : Honda Dikabarkan Sedang Riset ADV 160 Pakai Mesin eSP+ dan HSTC, Kapan Muncul?
Desain yang berbeda dari matic sekelas serta sematan teknologi dan fiturnya masih membuat produk satu ini punya kelas tersendiri. Dari merek Jepang hanya Honda ADV 150 yang merupakan model motor matic bergaya adventure.
Tapi biasanya AHM juga merilis perubahan warna baru untuk model-model yang belum akan facelift, dan Honda ADV 150 ini jadi salah satu produk yang hingga saat ini belum mendapat update warna lagi. Terakhir update kelir dilakukan pada September 2020 lalu.
Berkaca dari penjelasan di atas, rasanya memang sulit Honda ADV 160 dengan mesin eSP+ akan segera hadir. Namun kami merangkum sejumlah alasan yang bisa saja membuat kehadirannya lebih cepat.
Baca juga : Intip Sisi Menarik Honda ADV 160 2022 saat Menggendong Mesin Honda PCX 160
Yang pertama adalah efisiensi produksi, dengan hanya mengandalkan mesin 150 cc eSP satu-satunya, tentu akan lebih efisiensi jika seluruh produk 150 cc digantikan dengan mesin 160 cc eSP+ terbaru bukan? Ini pun hanya tinggal menyisakan Honda ADV 150 saja.
Kedua, motor ini banyak dikeluhkan memiliki performa yang terlalu smooth meski banyak pula yang terpuaskan dengan efisiensi bahan bakarnya. Namun dengan tampilan gagah bak motor adventure, performanya ini dianggap kurang nendang.
Spesifikasi mesinnya sama persis dengan Honda Vario 150 dulu, 4-tak, SOHC 2 katup pendingin cairan dan berteknologi eSP. Ukuran piston dan langkah piston pun identik, yakni 57,3 mm dan 57,9 mm.
Meski sebenarnya, mesin ini pada Honda ADV 150 sudah diupgrade sehingga memiliki output lebih besar, dengan tenaga 14,5 PS di 8.500 rpm dan torsi 13,8 Nm di 6.500 rpm, tetap saja kedodoran. Maklum, bobot Honda ADV 150 20 kg lebih berat dari Honda Vario 150!
Lalu akan seperti apa jika motor ini menggendong mesin eSP+ yang sama dengan milik Honda PCX 160? Berdasarkan spesifikasinya, mesin Honda PCX 160 tersebut mampu mengeluarkan tenaga mencapai 16 PS di 8.500 rpm dan torsi 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Ada peningkatan hingga 1,5 PS dan 0,9 Nm dari mesin 150 cc sekarang, pastinya lumayan banget dan akan terasa lebih responsif jika dipasangkan untuk Honda ADV 160. Tak hanya itu, konsumsi bahan bakar juga masih irit, masih bisa tembus 45 km/liter loh!
Baca juga : Tebak Spesifikasi dan Fitur Honda ADV 160 2022 Yang Kabarnya Rilis Tahun Depan
Dan meski pakai mesin 160 cc eSP+, Honda biasanya akan melakukan seting ulang pada ECM dan juga part CVT agar bisa memberikan output yang lebih baik lagi. Artinya akan ada kemungkinan mesin yang diusung lebih kuat dari milik Honda PCX 160 2022, meski secara basis sama.
Soal kelengkapan motor rasanya Honda ADV 150 saat ini sudah yang paling banyak dari saudara sekelasnya. Misalnya windshield adjustable, lampu-lampu full LED, rem CBS dan ABS, panel meter full digital, power outlet, suspensi dengan travel panjang, Smart Key System, Side Stand Switch dan rem cakram dikedua roda.
Kami yakin kelak model terbarunya akan disematkan pula teknologi HSTC (Honda Selectable Torque Control). Kemudian ada kemungkinan penerapan rangka eSAF untuk mengejar bobot motor yang lebih ringan.
Lantas jika tidak dalam waktu dekat ini, rasanya Honda ADV 160 2022 ada kemungkinan untuk hadir pada penghujung tahun nanti. Mari kita tunggu bersama-sama.