Cara Mudah Seting Sendiri Rem Tromol Motor Matic, Perhatikan Jarak Main Bebasnya

Rem tromol di Honda Vario 160 CBS
  • Rem tromol masih banyak ditemui di skuter matic.
  • Penyetelan rem tromol perlu mengetahui jarak main yang pas.

Meski sudah banyak motor berjenis skuter matic yang mengandalkan rem belakang model cakram, namun saat ini rem tromol masih mendominasi.

Motor-motor matic entry level seperti Honda Beat, Yamaha Mio M3 dan Suzuki Nex II masih menggunakannya. Bahkan skuter anyar sekelas Yamaha Fazzio Hybrid Connected dan Honda Vario 160 CBS juga menganut sistem rem tromol di roda belakangnya.

Memang bagi sebagian orang, peranti rem tromol terlihat jadul. Karena komponennya terlihat lebih sederhana dan tak bisa dimodifikasi layaknya rem cakram yang terekspos jelas dan bisa diganti piringan, kaliper dan selangnya.

Setelan tromol Yamaha Fazzio model kupu-kupu

Meski begitu, secara fungsi sebenarnya rem tromol cukup baik. Karena rem tromol pun terbilang pakem untuk menghentikan laju skuter matic dengan mesin di bawah 200 cc. Bahkan truk pun kebanyakan masih mengandalkan rem model tromol.

Sayangnya, masih banyak pengguna rem tromol yang cuek pada kondisinya. Sehingga tidak memperhatikan jarak main yang aman atau mengabaikan keausan kampas remnya. Dan rem tromol pun dianggap blong dan tidak pakem.

Padahal, untuk menyetel jarak main terbilang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Seperti apa langkah-langkahnya?

Baca Juga: Honda Vario 160 2022 Sudah Pakai Rem ABS, Begini Cara Merawatnya

Langkah Menyetel Rem Tromol

1. Siapkan Kunci-kunci

Skuter matic seperti keluaran Suzuki dan Honda membutuhkan kunci untuk memutar mur penyetelan rem tromolnya. Ukurannya bisa saja berbeda-beda, umumnya menggunakan kunci 12 atau 14. Jadi disiapkan saja kunci dengan ukuran yang pas.

Tapi ada beberapa skuter matic yang mur penyetelnya berbentuk sayap kupu-kupu, seperti keluaran Yamaha termasuk Fazzio 2022. Sehingga untuk menyetel remnya tidak memerlukan kunci.

Setelan rem Honda Beat butuh kunci

2. Ketahui Jarak Main Saat Menyetel Rem

Untuk mengatur rem teromol terbilang mudah, yakni dengan cara memutar mur penyetel di paha rem. Meski terlihat jadi perkara mudah, namun Anda perlu memahami dulu cara dan patokan penyetelannya agar nyaman dan aman saat berkendara.

Jika di motor jenis bebek dan sport tuas rem belakang ada di kaki kanan, maka di skuter matic tuasnya ada di tangan kiri. Kekerasan dari tuas rem tersebut bisa jadi acuan penyetelannya.

Di mana biasanya rem tromol di belakang membutuhkan jarak main antara 20 mm sampai 30 mm. Jika terlalu dalam, setel lagi kekencangan bautnya.

Skuter matic Suzuki pun butuh kunci untuk menyetel rem tromol

Karena jika terlalu dalam, malah tidak akan tidak nyaman mengoperasikannya. Bahkan bahaya juga bisa datang jika setelan pengereman terlalu dalam.

Sebab jarak main tuas rem yang terlalu dalam membuat kecepatan reaksi saat mengerem jadi berkurang. Jika sudah tidak bisa disetel, itu artinya kampas rem sudah aus dan perlu diganti.

Baca Juga: Serba-Serbi Remote Smart Key Honda Vario 160 2022, Mulai Dari Hilang Sampai Cara Merawatnya

3. Pastikan Roda Berputar Dengan Lancar

Sebaliknya, jangan juga menyetel rem tromol sampai terlalu keras. Pasalnya akan membuat kampas rem terus bergesekan dengan tromol.

Hal ini selain membuat masa pakai kampasnya lebih cepat aus. Selain itu laju roda pun seret yang membuat tarikan motor jadi lebih berat dan konsumsi BBM pun makin boros.

Perhatikan ujung batang setelannya juga

Di sisi lain, saat berkendara di jalan berliku atau perbukitan yang naik dan turun, komponen rem yang selalu bergesekan itu bakal membuat panas tromol yang berlebihan. Sehingga bisa berpotensi blong saat dipakai.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor