Matic entry level terbaru andalan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) bersolek pada penghujung kuartal pertama 2022. Yamaha Gear 125 2022 kini memiliki baju baru dengan grafis dan warna baru yang semakin kuatkan kesan modern.
Usia motor yang baru setahun lewat beberapa bulan tak jadi penghalang untuk menyegarkan sosoknya, ditengah ketatnya persaingan matic entry level. Terlebih konsumen yang disasar adalah anak muda yang aktif dalam menjalani rutinitas harian.
Baca juga : Simak Istimewanya Mesin Yamaha Gear 125 2021 Dibanding Skutik Yamaha Lainnya
"2022 jadi tahun pertama Yamaha Gear 125 mendapat sentuhan baru. Terinspirasi dari perkembangan tren masa kini, Yamaha menghadirkan perpaduan warna baru yang unik dengan grafis yang lebih modern," ujar Antonius Widiantoro, Manager Public Relation, YRA & Community YIMM dalam keterangannya.
Untuk tipe Standard, memiliki opsi warna Metallic Cyan yang pas untuk generasi masa kini. Metallic White dengan kombinasi warna putih dengan grafis biru tua dan kuning. Metallic Red perpaduan warna merah dengan grafik biru.
Baca juga : Andalkan Mesin 125 Cc, Seberapa Irit Konsumsi BBM Yamaha Gear 125 2021 Buat Harian?
Yang unik ada Matte Olive dengan nuansa hijau olive dan Metallic Black perpaduan warna hitam dengan grafik kuning. Kelima pilihan warna bernuansa glossy dan matte yang disertai penambahan grafis bodi.
Lantas untuk tipe S Version pilihannya masih sama dengan sebelumnya yakni Prestige Silver dan Matte Red, dengan grafis bodi yang diperbarui. Tertarik? Harganya pun terjangkau dengan nominal Rp 17,250 juta dan Rp 18 juta saja on the road Jakarta.
Spesifikasi mesin Yamaha Gear 125 2021 yakni 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara dan injeksi bahan bakar. Berkapasitas 125 cc berkat paduan piston 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm.
Baca juga : Selisih Rp 750 Ribu, Dua Fitur Ini Jadi Pembeda Utama Antar Varian Yamaha Gear 125 2021
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 9,5 PS pada putaran 8.000 rpm dengan torsi 9,5 Nm di 5.500 rpm. Cukup besar diantara skutik sekelas yang mengandalkan mesin 110 hingga 115 cc saja.
Hal ini pula yang membuat karkater mesinnya terasa kuat untuk melibas tanjakan, juga responsif dan ngisi putaran rendah sampai tengah. Nafas mesin terasa panjang namun top speed memang tak begitu kencang, hanya 104 km/jam saja.
Data Akselerasi Yamaha Gear 125 2021 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 6,78 detik | |
0-80 km/jam | 13 detik | |
0-100 km/jam | N/A | |
0-100 meter | 8,55 detik | |
0-201 meter | 13,4 detik | |
0-402 meter | 21,64 detik | |
Topspeed Spidometer | 104 km/jam | |
Topspeed Racebox | 99,8 km/jam | |
Konsumsi Bahan Bakar | 42 - 47 km/liter | |
*Postur rider 74 kg & 172 cm |
Teknologi mesinnya pun relatif baru untuk skutik murah Yamaha, yakni mesin 125 cc Blue Core dengan Smart Motor Generator (SMG). Proses menghidupkan mesin pun lebih halus karena tak lagi pakai dinamo starter.
Soal dimensi, matic satu ini terhitung ringkas khas matic sekelasnya. Posisi berkendara terhitung nyaman dengan setang rendah dan jok pas untuk postur 172 cm. Tinggi jok 750 mm. Pijakan kakinya cukup untuk menampung kaki bersepatu ukuran 44. Cocok jadi andalan buat harian.
Baca juga : Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha
Spesifikasi Yamaha Gear 125 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.870 x 685 x 1.060 mm | |
Sumbu Roda | 1.260 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 750 mm | |
Berat Isi | 95-96 kg | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, Blue Core | |
Kapasitas | 125 cc | |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Rasio Kompresi | 9,5 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 9,5 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 9,5 Nm @ 5.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis CVT | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 80/80-14 | |
Ban Belakang | 100/70-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol |