Mengejutkan! Yup itulah yang dirasakan ketika PT Astra Honda Motor (AHM) justru merilis Honda Genio 2022 beberapa waktu lalu. Kehadirannya tak disangka-sangka oleh banyak pihak.
Motor matic yang dikenalkan tahun 2019 lalu ini pun bersolek, jadi lebih mirip Honda Scoopy 2022! Yup, kini matic tersebut mengusung pelek 12 inci dengan berbungkus profil ban tebal.
Sosoknya pun jadi tampil menggemaskan namun dalam paket yang lebih hemat dari Honda Scoopy. Maklum saja, selisih harga keduanya memang terpaut lumayan jauh, sekitar Rp 2 jutaan.
AHM sendiri memang menyebut jika segmen pasar keduanya berbeda, meski sama-sama menawarkan matic stylish. Tak hanya kaki-kaki, tapi juga ornamen bodi depan sedikit berubah.
Lalu power outlet yang tadinya tersembunyi di bagasi, kini lebih mudah diakses karena letaknya ada di depan, di bawah kunci kontak. Perkara mesin dan rangka masih tetap sama, tak ada perubahan signifikan dari model sebelumnya.
Lantas apa saja hal yang harus kalian tahu sebelum beli Honda Genio 2022 ini?
Baca juga : Pakai Pelek 12 Inci, Begini Feeling Duduk di Atas Honda Genio Terbaru
Seperti yang telah disebutkan, kalau perubahan paling besar ada pada bagian kaki-kaki. Penyematan pelek 12 inci dari generasi Honda Scoopy sebelumnya membuatnya lebih padat.
Maka profil bannya pun menyesuaikan. Kini pakai ban ukuran 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang. Ukuran yang sama juga dipakai Honda Scoopy 2022, makanya gimana gak makin mirip coba?
Tapi perubahan itu juga diikuti sama penggantian segitiga yang lebih lebar, agar mampu menampung ukuran ban dan bpelek yang lebih lebar juga. Makanya lekuk sepakbor depan juga lebih pendek, dibanding model sebelumnya.
Tidak, justru penggunaan pelek 12 inci dengan ban ukuran 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang, membuat posturnya jadi lebih tinggi. Walau memang tipis saja kenaikannya, jadi gak terlalu berasa kok.
Baca juga : Honda Genio 2022 Punya Beberapa Fitur Unggulan Yang Layak Diperhitungkan, Ini Detailnya
Ketinggian jok misalnya, ternyata naik tipis dari sebelumnya 740 mm menjadi 744 mm. Untuk postur lebih dari 170 cm jelas tak masalah, tapi rasanya untuk wanita berpostur kurang dari 160 cm pun masih oke kok.
Kemudian ternyata juga ada perubahan sumbu roda yang kini lebih pendek, dari sebelumnya 1.256 mm menjadi 1.251 mm. Kemungkinan ini karena perubahan segitiga depan baru untuk mengakomodir ukuran pelek 12 incinya.
Yup, Honda Genio 2022 masih ditawarkan dengan dua tipe yakni CBS (Combi Brake System) dan ISS (Idling Stop System). Perbedaannya hanya pada sistem ISS, yang berfungsi untuk mematikan mesin saat berhenti lebih dari tiga detik.
Pada model baru ini tersedia enam pilihan warna, untuk tipe CBS ada Radiant Brown Black, Radiant Black dan Radiant Red Black. Tipe CBS-ISS ada Fabulous Matte Black, Fabulous Matte Brown dan Fabulous Matte Blue yang jadi hero color-nya.
Baca juga : Harga Honda Genio 2022 Cuma Naik Rp 55 Ribu, Ini Pilihan Warnanya
Nah, dibandingkan kalian memodifikasi Honda Genio lama pakai pelek 12 inci yang jajannya jadi jauh lebih mahal, maka beli model terbarunya justru lebih masuk akal. Karena kenaikan harganya tipis banget!
Untuk tipe CBS misalnya, cuma naik Rp 55 ribu saja, dari 17,990 juta menjadi Rp 18,050 juta. Lalu tipe CBS-ISS dari 18,465 juta menjadi Rp 18,650 juta saja, selisih Rp 185 ribu saja. Mantap toh?
Seperti yang telah disinggung dipoin sebelumnya, bisa-bisa saja kok Honda Genio lama pakai pelek 12 inci ala generasi barunya, karena sudah banyak yang melakukan. Tapi tentu biayanya akan lumayan menguras dompet.
Baca juga : Daya Tarik Honda Genio 2022 Yang Baru Dirilis, Harus Tahu Sebelum Beli
Rinciannya harus beli pelek Honda Scoopy berikut ban tentu sudah habis Rp 1 jutaan lebih, jika beli pelek copotan. Belum mengganti segitiga suspensi depan dan jasa bengkel, perkiraan habis Rp 2-3 jutaan tuh.
Spesifikasi Honda Genio 2022 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 1.862 x 694 x 1.061 mm | ||
Sumbu Roda | 1.251 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 744 mm | ||
Jarak Terendah | 147 mm | ||
Berat Basah | 92 kg (CBS) 93 kg (CBS-ISS) | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, silinder tunggal | ||
Kapasitas Mesin | 110 cc | ||
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | ||
Rasio Kompresi | 10 : 1 | ||
Tenaga Maksimum | 9 PS @ 7.500 rpm | ||
Torsi Maksimum | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | ||
Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Suspensi Belakang | Tunggal | ||
Ban Depan | 100/90-12 | ||
Ban Belakang | 110/90-12 | ||
Rem Depan | Cakram | ||
Rem Belakang | Tromol | ||
Sistem Rem | Combi brake system |