Gak Cuma Ganti Pelek Doang, Begini Detail Ubahan Honda Genio 2022 Lainnya

Honda Genio 2022
  • Pakai segitiga lebih lebar untuk mengakomodir pelek barunya
  • Suspensi belakang sedikit lebih tinggi agar motor tidak terlihat bantet

Meski baru berumur tiga tahun, tapi PT Astra Honda Motor (AHM) sudah melakukan penyegaran pada Honda Genio. Jika dilihat secara kasatmata, ubahan paling besar ada pada sektor kaki-kaki.

Di mana lingkar pelek yang awalnya menggunakan ring 14 inci dengan palang pelek model Y-shape, kini digantikan pelek ring 12 inci dengan tujuh palang pelek model kipas yang menyamping.

Pelek yang digunakan memang tidak asing, karena merupakan pelek Honda Scoopy generasi keempat. Peleknya dibalut dengan ban gambot, ukuran 100/90-12 di depan dan 110/90-12 di belakang.

Selain pelek yang terlihat berubah, ada apa lagi yang baru dari Honda Genio 2022? 

Baca juga: Sapa Warga Jawa Barat, Harga Honda Genio 2022 Sentuh Rp 19,1 Juta

Desain bodi New Honda Genio 2022 tidak banyak berubah

Segitiga dan As Roda    

Untuk menyesuaikan pelek serta ban yang kini lebih gambot, tentu butuh penyesuaian terhadap segitiga yang merupakan pegangan dari sepasang suspensi depan teleskopiknya. 

Honda Genio generasi pertama, kedua suspensi depan hanya memiliki jarak 120 mm. Memang tidak perlu terlalu lebar karena pelek dan ban yang digunakan cukup ramping, lebar pelek hanya 1.85 inci dengan ban 80/90-14.

Genio terbaru memiliki segitiga yang sedikit lebih lebar, ini membuat jarak antar suspensi depannya jadi 130 mm. Untuk mengimbangi jarak suspensi yang lebih lebar, tentu harus ada penyesuaian juga pada as roda. 

Tujuannya tentu agar panjang as roda bisa melebihi tabung suspensi, dengan begitu bisa dibaut dengan sempurna. Panjangnya berubah dari 110 mm di generasi lawas menjadi 125 mm pada New Genio 2022.

Baca juga: Simak Lima Pertanyaan Terkait Honda Genio 2022, Pahami Dulu Sebelum Meminang

Pelek yang lebih lebar membuat segitiga harus lebih lebar, sepatbor model baru dengan desain lebih kembung

Sepakbor dan Bodi Depan

Karena diameter ban dan jarak suspensi depan lebih lebar dibanding sebelumnya, tentu membuat sepakbor depan mengalami sedikit perubahan. Paling utama tentu dari sisi atas yang menjadi dudukan baut di segitiga dan sisi bawah untuk menyesuaikan suspensi yang melebar.

Selain sisi atas dan bawah sepakbor, bentuk keseluruhan turut berubah. Tidak ramping seperti Honda Genio generasi pertama, karena kali ini tampil sedikit lebih pendek dan membulat mengimbangi diameter roda dan bentuk bannya yang gambot.

Karena kaki-kaki sudah gambot beserta sepakbor depannya, tentu akan aneh jika bodi depan tidak berubah. Karena bodi depan Honda Genio generasi pertama punya desain yang ramping, bahkan terkesan gepeng atau pesek.

Oleh karena itu bodi depan Honda Genio generasi kedua punya desain yang sedikit lebih kembung, ada beberapa lekukan dengan derajat berbeda, ini menghasilkan efek tiga dimensi di beberapa sisi.

Baca juga: Modifikasi Ringan Honda Genio 2022, Makin Modern Pakai Lampu Full LED

Desain bodi depan sedikit lebih kembung sehingga memberi kesan efek 3 dimensi

Power Outlet

Fitur power outlet sebenarnya bukan fitur yang baru pada Honda Genio, pasalnya sudah disematkan sejak generasi pertama. Namun di generasi kedua ini posisi power outlet pindah, dari yang sebelumnya di bawah jok lalu pindah ke kompartemen kanan seperti Honda BeAT.

Memang momen mengisi daya jadi lebih mudah, smartphone yang sedang diisi dayanya juga tidak terkena efek panas mesin seperti saat di bagasi bawah jok. Namun power outlet ini perlu mengorbankan kompartemen kanan, kapasitasnya jadi sangat kecil.

Power outlet pindah ke sisi kanan kompartemen

Suspensi Belakang

Agar dimensi motor tidak menjadi bantet akibat lingkar roda yang lebih kecil, maka perlu ada penyesuaian pada suspensi. Yang berubah ternyata hanya panjang suspensi belakang, sedangkan suspensi depan punya panjang yang tetap.

Suspensi belakang Honda Genio generasi pertama punya panjang 314 mm, sedangkan generasi kedua ini sedikit lebih panjang, yaitu 322 mm. Dengan begitu Honda Genio 2022 tidak terlihat bantet meski menggunakan pelek ring 12 inci.

Suspensi belakang sedikit lebih panjang agar Genio tidak jadi bantet
Spesifikasi Honda Genio 2022
Dimensi
P x L x T 1.862 x 694 x 1.061 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 744 mm
Jarak Terendah 147 mm
Berat Basah 92 kg (CBS) 93 kg (CBS-ISS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, silinder tunggal
Kapasitas Mesin 110 cc
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Rasio Kompresi 10 : 1
Tenaga Maksimum 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimum 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 100/90-12
Ban Belakang 110/90-12
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Genio
Lihat