Kenapa Engine Mounting Yamaha Aerox 155 2022 Renggang? Ternyata Ini Alasannya

Yamaha Aerox 155 jadi salah satu yang memiliki engine mounting sedikit renggang
  • Celah pada engine mounting bukan karena rusak, tapi ada fungsinya
  • Mengganti dengan karet engine mounting aftermarket akan menimbulkan efek lain

Tiap mesin kendaraan selalu dibekali dengan engine mounting atau pegangan mesin. Engine mounting ini tugasnya tentu sebagai penghubung antara mesin kendaraan dengan rangka utama.

Selain tempat menempelnya mesin pada rangka, engine mounting umumnya juga dilengkapi dengan karet peredam. Tugasnya tentu sebagai peredam getaran yang dihasilkan oleh mesin agar tidak langsung merambat ke rangka.

Pasalnya jika getaran ini merambat ke rangka, tentu rambatannya akan berlanjut hingga terasa oleh pengendara. Biasanya akan terasa di jok, pijakan kaki, dan setang. Kalau sudah begitu, berkendara akan terasa melelahkan dan kurang nyaman.

Untuk motor matic, biasanya mesin tidak langsung menempel pada rangka. Engine mounting yang digunakan punya model besi kotak, dimensinya beragam tergantung tipe matic tersebut.

Baca juga: Beda Karakter Mesin Honda Vario 160 2022 dan Yamaha Aerox 155 2022, Pilih Kalem Atau 'Njengat'?

Engine mounting Yamaha Aerox 155, Nmax dan Lexi punya celah

Ini karena engine mounting pada motor matic juga berfungsi untuk menentukan panjang dari wheelbase motor tersebut. Yang unik pada engine mounting Yamaha Aerox 155 juga Yamaha Lexi dan Yamaha NMax, tidak tertutup rapat, karena ada sedikit celah pada sisi atas.

Engine Mounting Bercelah

Kondisi ini bukan karena karet yang mulai terkisis, karena meskipun baru keluar pabrik tapi sudah ada celah pada engine mounting tersebut. Setelah ditelisik, ternyata celah pada engine mounting tersebut memiliki fungsi.

“Hal itu memang disengaja untuk toleransi atau free play jarak main atau ayunan engine. Karena di motor matic, engine juga berfungsi sebagai lengan ayun, sehingga butuh fleksibilitas, untuk mengurangi hentakan saat melewati jalan yang tidak rata,” jelas Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA & Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Diganti Model Rapat

Di toko aksesoris atau marketplace ternyata ada karet engine mounting dengan ukuran yang lebih besar, efeknya engine mounting yang tadinya ada celah langsung berubah menjadi rapat di semua sisi.

Baca juga: Kerennya Tampilan Baru Yamaha Aerox 155 2022 di Thailand, Nggak Ada Warna Cyan!

Karet engine mounting aftermarket lebih besar sehingga rapat di tiap sisi

Lantas apa efek yang akan dirasakan ketika mengganti engine mounting tersebut? “Yang terjadi adalah kebalikannya. Engine tidak bisa memiliki free play pada saat terjadi ayunan. Dan akan mengurangi kenyamanan berkendara.”

“Adanya celah pada engine mounting sudah dipertimbangkan dan diperhitungkan oleh desainernya,” sambung Anton. Memang ketika diganti dengan model rapat, tentu getaran mesin akan lebih terasa.

Belum lagi ayunan mesin dan suspensi akan berubah akibat posisi depan mesin yang lebih rigid, tidak fleksibel seperti orisinalnya. Namun penggunaan engine mounting aftermarket yang lebih rapat ini akan lebih terpakai untuk ajang balap.

Rapatnya engine mounting akan membuat mesin lebih rigid dengan rangka, efeknya akan memberi kestabilan lebih, terutama ketika dipakai untuk balap road race akan mengurangi limbung saat melahap tikungan.

Baca juga: Pahami Lagi Kelebihan dan Kekurangan Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Matic Bongsor Nan Sporty

Karet engine mounting rapat bikin mesin lebih rigid dengan rangka, cocok digunakan untuk kebutuhan balap karena motor lebih stabil

Dengan begitu motor bisa diajak melahap tikungan dengan cepat dan stabil. Karena tidak jarang Yamaha Aerox 155, Yamaha Lexi, hingga Yamaha NMax digunakan untuk track day hingga fun race di sirkuit dengan oprekan di segala sektor.

Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha Lexi
Lihat