Modifikasi Yamaha Lexi S milik Albertus Hastomo Sutanto tampil unik, karena mengambil konsep dari Yamaha RX-King tahun 2003 Special Edition 20th Anniversary. Salah satu cirinya adalah warna hitam yang dikombinasi dengan emas di beberapa bagian.
“Iseng aja ambil konsep ini, biar out of the box kan masukin RX-King 20th Anniversary ke Lexi. Sampai stripping di tangki bensin RX-King, coba dibuat persis di bodi Lexi. Pakai metode airbrush kerjaan Mail Painting di Citeureup, Bogor,” bukanya.
Beres di konsep warna dan airbrush, sentuhan selanjutnya ke area mesin menjadi 183 cc. Menggunakan bore up kit KTC Kytaco 63 mm, injector Nmax 10 hole, dan CVT custom.
“Ubahan mesin ini sesuai konsep. Karena RX-King kan terkenal motor kencang, jadi performanya dimiripin deh. Jangan sampai grafis RX-King tapi lambat, kan standarnya 125 cc,” cerita Albert mengenai modifikasinya.
Baca juga: Si Sexy Yamaha Lexi 2022 Bersolek, Punya Warna Baru Mirip NMax dan XMax
Yang tidak kalah nyentrik adalah penggunaan knalpot Akrapovic GP yang aslinya untuk R25, silencernya pendek banget! “Biar sekalian kerasa racingnya. Lagipula RX-King kan suaranya juga berisik, hahaha… Tapi ini udah dipasang DB Killer, jadi sedikit adem,” sambung pria ramah ini.
Modifikasi dilanjutkan pada sektor kaki-kaki yang cukup banyak ubahan. Ada upside down (USD) KTC Kytaco, Pelek Power1 yang dilabur chrome warna emas dengan ban 120/70-14 dan 150/70-14. Gambot!
“Pelek Power1 ini aslinya buat Aerox 155. Pelek Aerox 155 aja kan udah lebar ya, nah Power 1 ini lebih lebar lagi. Makanya minta bannya lebar banget, tapi emang ngejar sisi lebar dari pelek ini sih,” rincinya.
Kemudian dipasangkan kaliper Brembo GP4RS dengan selang rem Hel dan master rem Delkevic. “Sengaja emang gak double disc depan dan belakang tetap tromol. Karena buat harian udah oke, Brembo depan ini udah cukup banget sih,” tunjuk pria asli Yogyakarta ini.
Baca juga: Mau Beli Honda BeAT 2022? Cek Dulu Yamaha Lexi, Bekasnya Cuma Rp 12 Jutaan Lho!
Untuk memberi kesan racy yang lebih terasa, suspensi belakang dibuat custom khas racikan Fat Motorsport. “Pas pertama kali ngeliat bodi belakang Lexi, kayanya bagus polos karena meruncing ke belakang gitu kan.”
“Akhirnya bikinlah di Fat Motorsport, lengkap sama swing arm aluminiumnya. Habis itu engine mounting dibuat mundur 10 cm, ini biar proporsi motornya bagus. Karena kalo pelek udah lebar dan gak dimundurin jadi keliatan bantet,” tutup pria yang bekerja sebagai Area Marketing Development di Yamaha DDS Jakarta.
Jadi Lexi-King 20th Anniversary deh…
Data Modifikasi Yamaha Lexi | ||
---|---|---|
Bore up kit | KTC Kytaco 63 mm | |
Injector | Aftermarket Nmax 10 hole | |
CVT | Custom | |
Knalpot | Akrapovic GP | |
USD | KTC Kytaco | |
Pelek | Power1 | |
Ban belakang | Pirelli Diablo Rosso Scooter 150/70-14 | |
Ban depan | Bridgestone Battlax BT39 120/70-14 | |
Kaliper depan | Brembo GP4RS | |
Cakram | CEN 260 mm | |
Slang rem | Hel | |
Master rem | Delkevic | |
Steering damper | TDR Racing | |
Spion | Scarlet Racing | |
Monosok | Ohlins | |
Jok | Custom | |
Swing arm | Custom by Fat Motorsport |