Dibalik tampilan barunya yang kini pakai lingkar pelek 12 inci, ternyata masih ada beberapa bagian yang dipertahankan sama seperti generasi pertama Honda Genio. Seperti rangka eSAF dan mesin.
Karena tidak ada update di sektor mesin, maka spesifikasi mesin yang diusung Honda Genio 2022 masih sama seperti generasi sebelumnya. Yaitu menggunakan mesin 110 cc eSP generasi terakhir dengan crankcase yang compact karena cuma punya kapasitas oli mesin 650 ml.
Penggunaan piston mungil berdiameter 47 mm dikombinasi dengan panjang langkah 63,1 mm membuat mesin Honda Genio khas dengan karakter mesin overstroke yang kuat di torsi.
Perbandingan kompresi hanya dipatok 10:1, cukup rendah dan mumpuni untuk digunakan sehari-hari. Klaim tenaga maksimalnya 9 ps di 7.500 rpm dan torsi maksimal di 9,3 Nm pada 5.500 rpm.
Baca juga: Irit Kebangetan, Honda Genio 2022 Jakarta-Bandung Gak Perlu Mampir Pom Bensin!
Kuatnya torsi khas mesin overstroke memang sangat terasa di Genio 2022, tapi hanya sebentar. Genio terasa gesit ketika di kisaran kecepatan 0-45 km/jam saja, di range kecepatan ini dorongan akselerasi mesinnya sangat terasa.
Karenanya untuk digunakan di kondisi jalan stop and go akan membuat Honda Genio 2022 terasa lincah. Tapi setelah melewati kecepatan 45 km/jam hingga 80 km/jam rpm terasa drop.
Ini akibat transisi di sektor CVT akibat gaya sentrifugal seiring naiknya kecepatan dan putaran mesin. Di range kecepatan ini tenaga Honda Genio 2022 terasa sangat flat, malah cenderung lemot.
Putaran mesin dan tenaganya tidak berubah meski selongsong gas dihentak atau dibuka secara penuh. Setelah lewat 80 km/jam barulah putaran mesin terasa ‘jerit’ kembali sampai menyentuh limiter di kecepatan 103 km/jam.
Baca juga: Honda Genio 2022 Punya Bobot Lebih Berat 3 Kg, Bikin Handling Jadi Berat?
Meski begitu, suara yang dihasilkan mesin cukup halus dan minim vibrasi baik di kaki, jok, atau pun setang. Yang terdengar hanya suara knalpotnya yang khas saat sedang berakselerasi.
Tidak ketinggalan untuk pengetesan akselerasi sebagai standar pengujian kendaraan baru oleh AutoFun Indonesia. Alat yang digunakan untuk mengukur akselerasinya adalah Racebox yang berbasis GPS.
Honda Genio 2022 dites oleh test rider berbobot 63 kg dan menggunakan bahan bakar RON 92. Setelah beberapa kali pengetesan, akhirnya didapat hasil tercepat dari semua parameter.
Kecepatan 0-60 km/jam ditempuh dalam 7,12 detik dan jarak 0-201 meter dicapai dalam waktu 13,46 detik. Top speed di spidometer menunjukan angka 103 km/jam, namun di GPS Racebox hanya terbaca 95,12 km/jam.
Baca juga: Menjawab Keraguan Honda Genio 2022, Matic Retro Modern Paket Hemat
Hasil tes akselerasi lengkapnya bisa lihat di tabel bawah. Termasuk lemot apa tidak nih?
Data Akselerasi Honda Genio 2022 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 7,12 detik | |
0-80 km/jam | 13,73 detik | |
0-100 km/jam | N/A | |
0-100 meter | 8,54 detik | |
0-200 meter | 13,46 detik | |
0-402 meter | 21,88 detik | |
Top speed Racebox | 95,12 km/jam | |
Top speed spidometer | 103 km/jam |
Spesifikasi Honda Genio 2022 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 tak, SOHC, eSP | |
Kapasitas mesin | 109,5 cc | |
Sistem suplai bahan bakar | Injeksi (PGM-FI) | |
Bore x stroke | 47 mm x 63,1 mm | |
Rasio kompresi | 10:1 | |
Tenaga maksimal | 9 ps @7.500 rpm | |
Torsi maksimal | 9,3 Nm 5.500 rpm | |
Tipe transmisi | Otomatis, V-belt | |
Tipe starter | Elektrik dan Kick starter | |
Tipe kopling | Otomatis, sentrifugal, tipe kering | |
Tipe rangka | Underbone – eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame) | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Tunggal | |
Ban depan | 100/90-12 | |
Ban belakang | 110/90-12 | |
Rem depan | Cakram hidrolik, kaliper 1 piston | |
Rem belakang | Tromol | |
Sistem pengereman | Combi Brake System | |
P x L x T | 1.862 x 694 x 1.061 mm | |
Tinggi tempat duduk | 744 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.251 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 147 mm | |
Berat isi | 92 kg (tipe CBS), 93 kg (tipe CBS-ISS) | |
Tangki bensin | 4,2 liter | |
Tipe aki | MF 12 V – 3 Ah (tipe CBS, MF 12 V – 5 Ah (tipe CBS-ISS) | |
Tipe busi | NGK MR9C-9N |