Penasaran Seberapa Cepat dan Irit Honda Vario 160 2022? Ini Hasil Pengetesannya

Honda Vario 160 bisa kencang dan irit.
  • Karakter mesinnya ngisi dari bawah sampai atas.
  • Konsumsi bahan bakar tembus 40 km/liter.
  • Cocok untuk mengejar waktu.

Akselerasi motor yang gesit dan sigap banyak disukai orang-orang. Bukan berarti bisa dipakai untuk kebut-kebutan, tapi lebih kepada bisa diandalkan ketika butuh mengejar waktu seperti mepet jam masuk sekolah atau kantor.

Nah yang disebut-sebut bisa diandalkan untuk hal tersebut salah satunya ada Honda Vario 160 2022. Berbekal mesin generasi baru serta bobot yang ringan, konon motor ini bisa diandalkan untuk mengejar waktu.

Melihat data spesifikasi di atas kertas, Honda Vario 160 2022 mengandalkan mesin eSP+, dengan kapasitas 156,9 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI.

Baca juga : Kepincut Honda Vario 160 2022? Fakta Menarik Ini Wajib Kalian Ketahui

Ukuran pistonnya 60 mm dengan langkah piston 55,5 mm serta rasio kompresi yang cukup tinggi, mencapai 12:1. Tapi tenang, mesinnya diklaim masih bisa minum bahan bakar oktan 90 tuh!

Kemudian outputnya mencapai 15,4 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Keluaran tenaga ini naik 2,3 PS dan torsi meningkat tipis 0,4 Nm saja dari Honda Vario 150. Lumayan signifikan bukan?

Mesin eSP+ Honda Vario 160.

Dan ya, jantung mekanis yang dipakai itu turunan dari Honda PCX 160 2022 yang diracik ulang sesuai kebutuhan motornya. Termasuk fakta jika keluaran tenaga dan torsi yang ternyata lebih kecil dari matic gambot Honda itu.

Tapi lantaran bobot Honda Vario 160 yang lebih ringan, yakni hanya 115-117 kg saja, hasilnya tetap saja lebih gesit dari Honda PCX 160 lho. Yup, patokannya adalah power to weight ratio.

Honda Vario 160 lincah dikendarai.

Akselerasi Honda Vario 160 2022

Data di atas kertas sih mantap punya, tapi kurang afdol jika tidak dibuktikan langsung. Kami coba pasang Racebox, alat pengukur akselerasi berbasis satelit untuk menguji seberapa sigap motor ini.

Hasilnya untuk melaju dari 0-60 km/jam hanya butuh waktu 5,07 detik saja. Kemudian dari 0-80 km/jam butuh 9,05 detik dan 0-100 km/jam 16,16 detik.

Baca juga : Cicilan Honda Vario 160 2022 Mulai Rp 900 Ribuan, Siapkan Uang Muka Segini

Tenaga ngisi dari bawah sampai atas.

Untuk menempuh jarak 0-100 meter pun hanya 7,69 detik, jarak 0-402 meter cuma 19,46 detik saja. Karakter mesinnya pun asyik, selalu ngisi sejak gas dipelintir dari putaran bawah sampai atas, dan nafas mesin terasa panjang.

Akselerasi Honda Vario 160 2022
0-60 km/jam 5,07 detik
0-80 km/jam 9,05 detik
0-100 km/jam 16,16 detik
0-100 meter 7,69 detik
0-200 meter 12,06 detik
0-402 meter 19,46 detik
Top speed Racebox 119,18 km/jam
Top speed spidometer 128 km/jam
*bobot rider 65 kg

Konsumsi Bahan Bakar Honda Vario 160 2022

Yang tak kalah menarik tentu saja soal konsumsi bahan bakarnya. Walau pun mesinnya menyenangkan untuk berakselerasi, tapi juga tetap irit bahan bakar, khas motor buatan Honda.

Padahal kami mengendarainya secara normal, dan kerap menguji kecepatan dan akselerasi saat jalanan kosong. Jalur yang dilintasi pun perkotaan yang cenderung stop & go.

Baca juga : Adu Performa Honda Vario 160 2022 VS Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Mana Unggul?

Honda Vario 160 2022 pas untuk jadi kuda besi harian.

Bobot rider sendiri 75 kg dan bahan bakar yang digunakan oktan 92. Hasilnya, Honda Vario 160 2022 ini mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar 48,4 km/liter dari informasi panel meter.

Kami juga melakukan penghitungan full to full, maka didapatkan hasil 47,4 km/liter. Total jarak yang ditempuh sekitar 221 km dan digunakan harian, sendiri dan berboncengan.

Tuh, memuaskan bukan?

Baca juga : Pakai Mesin Sama, Begini Perbandingan Performa Honda PCX 160 dan Honda Vario 160

Spesifikasi Honda Vario 160 2022
Dimensi
P x L x T 1.929 x 679 x 1.088 mm
Sumbu Roda 1.277 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Jarak Terendah 140 mm
Berat Kosong 115 kg (CBS) 117 KG (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+
Kapasitas 156,9 cc
Diameter x Langkah 60 x 55,5 mm
Transmisi Otomatis, CVT
Rasio Kompresi 12 : 1
Tenaga Maksimal 15,4 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 13,8 Nm @ 7.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone-eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 100/80-14
Ban Belakang 120/80-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol (CBS) Cakram (ABS)
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Vario 160
Lihat