Akselerasi motor yang gesit dan sigap banyak disukai orang-orang. Bukan berarti bisa dipakai untuk kebut-kebutan, tapi lebih kepada bisa diandalkan ketika butuh mengejar waktu seperti mepet jam masuk sekolah atau kantor.
Nah yang disebut-sebut bisa diandalkan untuk hal tersebut salah satunya ada Honda Vario 160 2022. Berbekal mesin generasi baru serta bobot yang ringan, konon motor ini bisa diandalkan untuk mengejar waktu.
Melihat data spesifikasi di atas kertas, Honda Vario 160 2022 mengandalkan mesin eSP+, dengan kapasitas 156,9 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan, dengan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI.
Baca juga : Kepincut Honda Vario 160 2022? Fakta Menarik Ini Wajib Kalian Ketahui
Ukuran pistonnya 60 mm dengan langkah piston 55,5 mm serta rasio kompresi yang cukup tinggi, mencapai 12:1. Tapi tenang, mesinnya diklaim masih bisa minum bahan bakar oktan 90 tuh!
Kemudian outputnya mencapai 15,4 PS di 8.500 rpm serta torsi sebesar 13,8 Nm pada putaran mesin 7.000 rpm. Keluaran tenaga ini naik 2,3 PS dan torsi meningkat tipis 0,4 Nm saja dari Honda Vario 150. Lumayan signifikan bukan?
Dan ya, jantung mekanis yang dipakai itu turunan dari Honda PCX 160 2022 yang diracik ulang sesuai kebutuhan motornya. Termasuk fakta jika keluaran tenaga dan torsi yang ternyata lebih kecil dari matic gambot Honda itu.
Tapi lantaran bobot Honda Vario 160 yang lebih ringan, yakni hanya 115-117 kg saja, hasilnya tetap saja lebih gesit dari Honda PCX 160 lho. Yup, patokannya adalah power to weight ratio.
Data di atas kertas sih mantap punya, tapi kurang afdol jika tidak dibuktikan langsung. Kami coba pasang Racebox, alat pengukur akselerasi berbasis satelit untuk menguji seberapa sigap motor ini.
Hasilnya untuk melaju dari 0-60 km/jam hanya butuh waktu 5,07 detik saja. Kemudian dari 0-80 km/jam butuh 9,05 detik dan 0-100 km/jam 16,16 detik.
Baca juga : Cicilan Honda Vario 160 2022 Mulai Rp 900 Ribuan, Siapkan Uang Muka Segini
Untuk menempuh jarak 0-100 meter pun hanya 7,69 detik, jarak 0-402 meter cuma 19,46 detik saja. Karakter mesinnya pun asyik, selalu ngisi sejak gas dipelintir dari putaran bawah sampai atas, dan nafas mesin terasa panjang.
Akselerasi Honda Vario 160 2022 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 5,07 detik | |
0-80 km/jam | 9,05 detik | |
0-100 km/jam | 16,16 detik | |
0-100 meter | 7,69 detik | |
0-200 meter | 12,06 detik | |
0-402 meter | 19,46 detik | |
Top speed Racebox | 119,18 km/jam | |
Top speed spidometer | 128 km/jam | |
*bobot rider 65 kg |
Yang tak kalah menarik tentu saja soal konsumsi bahan bakarnya. Walau pun mesinnya menyenangkan untuk berakselerasi, tapi juga tetap irit bahan bakar, khas motor buatan Honda.
Padahal kami mengendarainya secara normal, dan kerap menguji kecepatan dan akselerasi saat jalanan kosong. Jalur yang dilintasi pun perkotaan yang cenderung stop & go.
Baca juga : Adu Performa Honda Vario 160 2022 VS Yamaha Aerox 155 Connected 2022, Mana Unggul?
Bobot rider sendiri 75 kg dan bahan bakar yang digunakan oktan 92. Hasilnya, Honda Vario 160 2022 ini mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar 48,4 km/liter dari informasi panel meter.
Kami juga melakukan penghitungan full to full, maka didapatkan hasil 47,4 km/liter. Total jarak yang ditempuh sekitar 221 km dan digunakan harian, sendiri dan berboncengan.
Tuh, memuaskan bukan?
Baca juga : Pakai Mesin Sama, Begini Perbandingan Performa Honda PCX 160 dan Honda Vario 160
Spesifikasi Honda Vario 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.929 x 679 x 1.088 mm | |
Sumbu Roda | 1.277 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 778 mm | |
Jarak Terendah | 140 mm | |
Berat Kosong | 115 kg (CBS) 117 KG (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Transmisi | Otomatis, CVT | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 15,4 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 13,8 Nm @ 7.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone-eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 100/80-14 | |
Ban Belakang | 120/80-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol (CBS) Cakram (ABS) |