Gak Ada Lawan, Matic Honda Satu Ini Iritnya Bisa Ngalahin BeAT!

Honda Giorno 2022, bentuknya menarik.
  • Mesin pakai pendingin cairan.
  • Dijual Rp 26 jutaan di Jepang.
  • Hanya untuk berkendara sendiri.

Image motor matic boros dan lemot kini semakin tersingkirkan. Sekarang motor matic keluaran baru sudah banyak yang bisa berakselerasi cepat dan gesit, tanpa harus meninggalkan efisiensi bahan bakar.

Paduan ini memang paling pas untuk dipakai harian, dan Honda BeAT 2022 salah satu motor yang memenuhi kriteria tersebut. Bicara efisiensi, matic entry level Honda itu diklaim bisa menempuh 60,6 km/liter dengan metode ECE R40.

Kemudian saat digunakan untuk harian dengan dikendarai rider berbobot 74 kg, dan postur 172 cm serta gaya berkendara agresif, konsumsi bahan bakar mencatatkan angka 52,9 km/liter. Masih irit bukan?

Honda Giorno Lebih Irit Dari Honda BeAT

Yup, pabrikan satu ini memang jagonya bikin motor yang irit bahan bakar. Tapi ternyata mereka juga memproduksi motor yang iritnya bisa ngalahin Honda BeAT 2022 tuh!

Motor tersebut adalah Honda Giorno, yang dijual di Jepang dengan harga 198 ribu yen atau sekitar Rp 26 jutaan. Dari situs resminya, Honda mengklaim jika motor satu ini bisa melaju sejauh 80 km dengan satu liter bahan bakar.

Baca juga : Bukan Honda BeAT 2022, Ini Motor Matic Honda Yang Lebih Irit, Tembus 80 Km/liter!

Ini tak lepas dari teknologi mesin yang digunakan, yakni eSP (Enhanced Smart Power) dan digabungkan dengan suplai bahan bakar injeksi PGM-FI yang dikenal presisi. Teknologi yang sama juga digunakan untuk motor matic terlaris Indonesia itu.

Area setang Honda Giorno.

Tapi kapasitas mesin jadi pembeda utamanya, Honda Giorno hanya memiliki kapasitas mesin 50 cc saja. Tapi biar mesinnya kecil, sistem pendinginan sudah pakai cairan, jadinya lebih canggih.

Mesin eSP tadi juga disematkan teknologi Idling Stop System (ISS) yang akan membuat efisiensinya semakin irit lagi. Tak heran deh kalau iritnya bisa beda signifikan banget sama Honda BeAT.

Tenaga yang dimilikinya hanya 4,5 PS di 8.000 rpm dan torsi 4,1 Nm saja di 6.000 rpm. Tapi skutik ini diklaim lincah dan responsif, salah satunya berkat rasio kompresi tinggi, 12 : 1.

Honda BeAT dikenal irit bahan bakar.

Dengan kapasitas tangki 4,5 liter, Honda Giorno ini bisa melaju sejauh 360 km loh. Kalau dari Jakarta dipakai mudik isi bahan bakar lagi bisa di Cirebon tuh.

Baca juga : Test Ride Honda BeAT 2022, Enteng dan Iritnya Juara!

Penampilan Retro Modern

Tapi bentukan motornya beda dari Honda BeAT 2022 yang cenderung sporty dengan lekuk bodi yang tajam. Honda Giorno ini cenderung membuat, dengan tampilan skuter retro modern.

Panjangnya hanya 1.650 mm, lebar 670 mm dan tinggi 1.035 mm. Beratnya saja hanya 81 kg. Pas dipakai ibu-ibu untuk mobilitas jarak dekat atau wanita muda untuk sekolah.

Kecil-kecil tapi bagasi muat helm.

Tapi karena dimensinya yang ringkas, lalu kubikasi mesinnya yang juga kecil, Honda Giorno ini bisa disebut motor egois. Pasalnya cuma bisa dikendarai sendiri, jangan harap dipakai berboncengan karena pijakan kaki pembonceng juga tak tersedia.

Soal fitur pun cukup lumayan loh, walau kecil ternyata punya bagasi besasr yang bisa menampung sebuah helm full face. Kemudian ada dua konsol penyimpanan di depan, gantungan barang, kunci pengaman magnet dan power outlet.

Mantepkan? Kalau hadir di Indonesia pada mau beli gak nih?

Baca juga : Honda BeAT 2022 dan Yamaha Gear 125 2022 Adu Akselerasi, Siapa Paling Gesit?

Tampak belakang Honda Giorno 2022.
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor