Matic 250 cc bisa menjadi alternatif bagi yang ingin melakukan perjalanan jauh atau touring namun dengan kepraktisan dari motor matic. Seperti posisi berkendara yang nyaman, ruang bagasi luas, hingga desain yang berkarakter.
Salah satu matic 250 cc yang cukup mendominasi di Indonesia adalah Yamaha XMax. Matic buatan Indonesia ini memiliki pesona yang membuatnya digandrungi oleh banyak penyuka sepeda motor.
Tidak melulu baru, Yamaha XMax dalam kondisi bekas juga tetap menarik untuk dipinang. Apalagi harga bekas untuk keluaran awal sudah bisa didapat diangka Rp 30 jutaan, setara Yamaha NMax baru tuh!
Tergoda? Nah, berikut lima daya tarik yang dimiliki oleh Yamaha XMax sehingga layak untuk ditebus.
Daya tarik yang paling menggiurkan tentu saja harga, karena Yamaha XMax menjadi matic 250 cc paling terjangkau di Indonesia. Kompetitornya seperti Kymco Downtown 250i juga Honda Forza 250 punya harga jual yang lebih tinggi.
Baca juga: Cek Plus-Minus Yamaha XMax Bekas, Matic 250 Cc Yang Harganya Makin Terjangkau
Menurut website resmi Yamaha, harga baru Yamaha XMax saat ini berada di angka Rp 62,540 juta on the road Jakarta. Sedangkan Downtown 250i berkisar Rp 68 jutaan dan Forza 250 Rp 87 jutaan.
Menelisik dari beberapa situs jual beli kendaaan, harga Yamaha XMax lansiran 2017 sudah bisa ditebus mulai dari Rp 37 jutaan. Tentunya harga jual berbanding lurus dengan kondisi motor tersebut.
Berhubung sampai saat ini Yamaha XMax belum mendapatkan pembaharuan, sehingga pembeda dari tahun ke tahun hanya pada pilihan warna saja.
Perlu diakui kalau Yamaha XMax punya desain yang sesuai dengan kebanyakan selera orang Indonesia. Cirinya tentu bentuk yang melancip, sporty dengan bentuk reflektor sipit.
Baca juga: Yamaha XMax Darth Vader, Matic Ala Penjahat Film Seharga Rp 85 Juta
Fascia Yamaha XMax pun sekilas mirip dengan Yamaha Aerox 155, namun dengan versi yang lebih gambot, karena ada windshield di sisi atasnya. Di sisi tengah terlihat jok yang cukup tebal dan bertingkat.
Yang membuat tampilan Yamaha XMax makin terlihat lebar ada pada bodi belakang dan lampu belakang. Karena desainnya yang pipih namun melebar, bahkan membuat kaki pembonceng membuka lebar.
Meski harga jualnya paling terjangkau, tapi suguhan fiturnya cukup lengkap. Dimulai dari lampu utama dan lampu rem yang sudah LED. Gak ketinggalan ada DRL baik di depan maupun belakang.
Berikutnya ada rem cakram untuk depan dan belakang. Untuk menjaga roda agar tidak mengunci saat melakukan pengereman keras, dilengkapi pula dengan ABS dual channel.
Baca juga: Yamaha XMAX Tak Sesuai Ekspektasi, Langsung Disiram Grafis Anniversary dan Oprek Sana-Sini
Lalu ada spidometer kombinasi analog dan digital, smart key system, dan mesin Blue Core 250 cc. Untuk menjaga roda belakag mlinti karena torsi mesinnya, disematkan pula Traction Control System (TCS).
Meski bukan yang terluas, tapi kapasitas bagasi Yamaha XMax terbilang lumayan. Tentu karena desain bodi dan rangka yang lebar, membuat ruang bagasinya ikut melebar dan memberikan ruang lebih besar.
Jadi tidak heran kalau dua buah helm bisa tersimpan dengan mudah di bawah jok. Bahkan di sisi tengah masih ada sedikit ruang, bisa untuk menyimpan sarung tangan juga lap.
Di sisi depan ada dua kompartemen yang cukup dalam. Sisi kiri menyediakan power outlet model lighter untuk mengisi daya smartphone, tutupnya terintegrasi dengan kunci kontak sehingga tidak bisa asal dibuka.
Baca juga: Yamaha XMax SP Mengaspal di Thailand, Pakai Suspensi Ohlins Harga Tembus Rp 89 Jutaan!
Tidak bisa dipungkiri kalau spare part dari pabrikan Yamaha bisa dibilang lebih terjangkau juga mudah didapatkan, termasuk juga untuk Yamaha XMax. Salah satunya karena motor ini diproduksi di Indonesia.
Konsumen bisa langsung mengecek terlebih dulu kode part beserta harganya melalui aplikasi Yamaha Part Catalogue yang bisa diunduh di Android atau pun iOS.
Cukup menarik bukan?
Spesifikasi Yamaha Xmax | ||
---|---|---|
P x L x T | 2.185 x 775 x 1.465 mm | |
Sumbu Roda | 1.540 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 795 mm | |
Berat Isi | 179 kg | |
Kapasitas Tangki | 13 liter | |
Tipe Mesin | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan | |
Kapasitas Mesin | 250 cc | |
Diameter x Langkah | 70 x 64,9 mm | |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 22,8 PS @ 7.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 24,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Ban Depan | 120/70-15 | |
Ban Belakang | 140/70-14 |