PT Astra Honda Motor (AHM) bersiap-siap untuk melepaskan produk barunya lagi. Hal ini diunggah lewat akun media sosial Instagram @welovehonda dan menyebutkan bakal ada yang seru bulan Juni 2022 ini.
Dari unggahannya itu, terdapat sebuah siluet motor baru bergenre matic dan bergaya petualang. Nah, dari sini bisa ditebak, produk apa yang akan dirilis AHM tak lama lagi.
Baca juga : Paten Desain Honda ADV250 Terdaftar di Indonesia, Hadir Pakai Mesin eSP+ Forza 250?
Dengan informasi yang cukup mencuri perhatian itu, tentunya ini adalah Honda ADV160 2022 yang akan menggunakan mesin baru. Walau pun belum lama ini kami menuliskan Honda ADV250 yang desain patennya sudah didaftarkan di Indonesia.
Baca juga : Test Ride Lengkap Honda PCX 160 2022, Ketahui Plus-Minusnya Sebelum Beli
Kembali pada pembahasan, kenapa Honda ADV160? Ya karena setelah Honda PCX 160 dan Honda Vario 160, giliran mesin 160 cc eSP+ disematkan untuk Honda ADV160 bukan?
Asumsinya, seluruh model tadi sudah menggunakan mesin generasi terbaru, yang sebelumnya sama-sama pakai mesin 150 cc eSP. Padahal harga Honda ADV150 lebih mahal dari kedua model tadi.
Dengan mesin baru, otomatis Honda ADV160 akan memiliki performa yang halus namun tenaga yang lebih mengisi. Efisiensi bahan bakar juga tak luput dari nilai jualnya, berkat teknologi minim gesekan seperti penggunaan tensioner hidrolis dan Piston Oil Jet.
Spesifikasi jantung mekanis tersebut 4-tak, SOHC 4 katup pendingin cairan dengan injeksi bahan bakar. Jika mengacu mesin Honda PCX 160, maka output mesinnya mencapai 16 PS di 8.500 rpm. Tenaga tersebut dipadu dengan torsi mencapai 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Dan selain mesin, tentu saja desainnya juga kena sentuhan ulang. Dari siluet yang disebar, Honda ADV160 masih pakai windscreen adjustable yang bisa diatur secara manual.
Baca juga : Pakai Mesin Sama, Begini Perbandingan Performa Honda PCX 160 dan Honda Vario 160
Kemudian memiliki LED DRL yang kini lekukannya ada bagian yang menyudut, agar lebih agresif. Tentunya penerangan masih mengandalkan LED dengan reflektor ganda.
Bagian tengah terlihat padat sebagai letak tangki bahan bakar, yang kemungkinan besar akan bertambah kapasitasnya. Lalu lekuk jok berundak nampak sporty, dipadukan dengan behel model terpisah.
Tak ketinggalan garis siluet knalpot yang dibuat meninggi agar tak mudah terkena benturan, kala dipakai melintasi medan jelek. O iya, mudah-mudahan juga Honda ADV160 diberikan pelindung bawah mesin agar tak mudah terbentur benda keras.
Soal fitur kemungkinan besar masih akan sama, namun ketambahan HSTC (Honda Selectabel Torque Control). Lalu varian tetap ada CBS dan ABS. Mari kita tunggu tanggal peluncurannya dan update selanjutnya di Autofun.co.id ya.