Honda ADV 160 2022 akhirnya muncul dengan beragam pembaruan, mulai dari desain bodi, fitur, rangka dan tentu saja bagian mesinnya. Jantung pacunya kini diklaim lebih kuat dibandingkan generasi sebelumnya.
Tapi jangan kaget ya, kalau nanti ternyata Honda ADV 160 ini ternyata lebih boros dari pendahulunya. Kok begitu?
Baca juga : Punya Bobot Paling Berat, Ini Alasan Honda ADV 160 2022 Belum Pakai Rangka eSAF?
Hal ini langsung dikonfirmasi oleh Yasuo Sindei, Large Project Leader Honda ADV 160 saat peluncuran beberapa waktu lalu. Pria asal Jepang itu menyebut ini efek penggunaan mesin baru.
"Dibandingkan Honda ADV 150, akan sedikit lebih boros karena model ini sudah pakai 4 katup dan kapasitas mesin yang lebih besar, itulah kenapa ada penurunan konsumsi bahan bakar," jelasnya.
Yasuo juga menyebutkan jika konsumsi bahan bakarnya akan sama dengan Honda PCX 160 yakni 45 km/liter. Ini dikarenakan basis mesin yang digunakan sama persis dengan matic tersebut.
Tapi tenang, selisihnya tak begitu jauh kok. Karena Honda ADV 150 menurut klaim pabrikan cuma menyentuh 46,6 km/liter. Tuh cuma beda 1,6 km/liter lebih boros kok.
Baca juga : Selisih Rp 3 Jutaan, Bagian Ini Yang Bedakan Honda ADV 160 2022 ABS dan CBS
Sebagai perbandingan, spesifikasi dapur pacu Honda ADV 150, berteknologi eSP dengan kapasitas mesin 150 cc, SOHC 2 katup pendingin cairan. Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 14,5 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimal diangka 13,8 Nm di 6.500 rpm.
Tentunya model baru dengan mesin generasi anyar akan membuat performanya berubah. Mesin eSP+ jika mengacu data spesifikasi dari Honda PCX 160, mampu mengail tenaga hingga 16 PS di 8.500 rpm dan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Kalau sedikit lebih boros tapi lebih kuat, ga masalah dong?
Spesifikasi Honda ADV 160 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Sumbu Roda | 1.324 mm | |
Jarak Terendah | 165 mm | |
Tinggi Jok | 780 mm | |
Kapasitas Tangki | 8,1 liter | |
Berat Isi | 133 kg (CBS & ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ | |
Kapasitas | 156,9 cc | |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm | |
Rasio Kompresi | 12 : 1 | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi, PGM-FI | |
Transmisi | Otomatis, V-matic | |
Tenaga Maksimal | 16 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Double Cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Ban Depan | 110/80-14 | |
Ban Belakang | 130/70-13 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Harga | ||
CBS | Rp 36 juta | |
ABS | Rp 39,250 juta |