Pabrikan motor asal Jerman, BMW, menegaskan tidak akan mengembangkan motor hybrid. Kendati pengembangan kendaraan terbagi atas 2 persimpangan, melangkah ke hybrid atau langsung ke motor listrik, pabrikan bavaria ini akan fokus ke dalam 2 hal berbeda.
Vice President of Customer, Brand, and Sales BMW Alexander Wehr dalam wawancara MCN yang dikutip Webbikeworld mengatakan, BMW sama sekali tidak memiliki niatan mengembangkan sampai memproduksi motor hybrid di masa depan.
Baca Juga: Bongkar Spesifikasi Motor Listrik Yamaha E01, Mirip NMax!
"Solusi hybrid selalu menjadi langkah penting, tetapi keberadaannya selalu berada di antara langkah pengembangan. Kita lihat tren mobil langsung ke listrik, di motor tidak ada keuntungan dari hybrid jika Anda memiliki energi listrik," katanya.
Motor hybrid memiliki kerumitan tersendiri dalam menggabungkan dinamo penggerak dengan mesin bawaan pabrikan. Ruang yang terbatas pada sasis juga akan menjadi kendala. Maka diperlukan pengembangan lanjutan untuk membuat platform baru, layaknya mobil hybrid.
"Kami akan tetap memproduksi motor bermesin pembakaran internal dan listrik. Keduanya akan sangat ideal, bukan cuma model skuter tapi motor lainnya. Saya pikir kami telah menyiapkan itu di masa depan, dan kami tidak ingin memaksakan sesuatu," lanjut Wehr.
Sejauh ini pabrikan roda dua di dunia telah menyatakan komitmennya pada pengembangan motor listrik. Namun ada Kawasaki yang sempat memamerkan prototipe motor hybrid lewat model Kawasaki Ninja 250 Hybrid. Hanya saja persilangannya menggunakan hidrogen, bukan seperti mobil hybrid.
Baca Juga: Kawasaki Pamer Ninja 250 Hybrid, Lebih Ramah Lingkungan Tanpa Perlu Ngecas Baterai
Selebihnya seperti Honda dan Yamaha, sudah memantapkan diri pada pengembangan motor tanpa emisi. Produknya sudah ada lewat Honda PCX listrik serta model Yamaha E01 yang punya perawakan ala-ala Yamaha Nmax.
BMW pun tak mau kalah, karena telah menetaskan motor listrik BMW CE-04. Model tersebut merupakan bagian dari strategi 'revolusi senyap' yang akan menjadi cikal bakal motor ramah lingkungan BMW di masa depan.
Kendati demikian BMW CE-04 bukan motor listrik pertama dari pabrikan Jerman. Model tersebut menggantikan seri C-Evolution, dan bisa dibilang menjadi varian baru dari model C400 X maupun C400 GT dalam versi listrik yang dijual secara global.
Di atas kertas motor listrik ini menjanjikan tenaga 42 PS dengan torsi 62 Nm. Kecepatan puncak yang bisa diraih mencapai 120 km/jam. Kapasitas baterainya 8,5 kWh dan menawarkan jarak tempuh hingga 130 kilometer saat baterai diisi daya penuh.
Baca Juga: Siap-Siap, Motor Listrik Kolaborasi TVS dan BMW Dijual Akhir 2023