Komparasi Kaki-Kaki Aprilia SR GT 200 2022 VS Honda ADV 160 2022, Mana Lebih Gagah?

Honda ADV 160 VS Aprilia SR GT 200
  • Mengusung konsep yang sama dengan kaki-kaki jenjang
  • Masing-masing memiliki keunggulan dan karakter yang berbeda

Kehadiran Aprilia SR GT 200 2022 membuat seru pertarungan matic di Indonesia, terutama untuk kelas matic adventure. Di kelas ini awalnya hanya hanya ada 1 pemain, yaitu Honda ADV 160 2022 saja.

Keduanya hadir dengan tongkrongan jangkung berkat kaki-kaki yang mumpuni, baik dari suspensi maupun roda. Jika ditelisik, ternyata keduanya memiliki kaki-kaki yang sedikit mirip. Tapi seberapa mirip?

Pelek Belang

Pertama membahas pelek, keduanya menggunakan lingkar pelek belang, 14 inci di depan dan 13 inci di belakang. Pelek depan punya lebar 2,5 inci sedangkan yang belakang Honda ADV 160 pakai lebar 3,5 inci, kalau Aprilia SR GT 200 hanya 3 inci.

Baca juga: Hitung Performa Atas Kertas Aprilia SR GT 200 2022 dan Honda ADV 160 2022, Gesit Siapa?

Aprilia SR GT 200 (atas) lebar pelek belakang 3 inci, ADV 160 (bawah) lebar 3,5 inci

Baik Aprilia SR GT 200 maupun Honda ADV 160 menggunakan ban tipe dual purpose, sehingga bisa digunakan di jalan on road juga light off road. Honda ADV 160 masih setia dengan Federal FT297 ukuran 110/80-14 depan dan 130/70-13.

Aprilia SR GT 200 menggunakan ukuran ban yang sama. Bedanya pabrikan Italia ini dibekali ban Michelin Anakee Street. Meski ukurannya sama, tapi tampilan roda belakang Aprilia SR GT 200 terasa lebih tebal dan membulat akibat lebar pelek 3 inci.

Oiya di pelek motor rakitan Vietnam ini juga terdapat emboss Made In Vietnam dan Enkei sebagai vendor pembuat peleknya. Kalau Honda ADV 160 tentu saja Made In Indonesia dengan vendornya sendiri.

Rem

Keduanya menggunakan cakram model wavy di depan, SR GT 200 pakai diameter cakram 260 mm terbesar di kelasnya

Keduanya sudah dibekali dengan rem tipe cakram untuk depan dan belakang. Terlihat ada emboss Nissin di kedua kaliper depan matic ini, bedanya Aprilia SR GT 200 pakai kaliper 2 piston di belakang, sedangkan Honda ADV 160 1 piston.

Baca juga: Membandingkan Dimensi Honda ADV 160 2022 dan Aprilia SR GT 200 2022, Beda Jauh?

Slang rem SR GT 200 tipe braided, lebih kuat dan stabil untuk menahan tekanan

Yang juga berbeda ada pada selang remnya. Honda ADV 160 masih menggunakan selang rem tipe karet dan Aprilia SR GT 200 pakai model anyaman atau braided. Dengan begitu pengereman Aprilia akan terasa lebih padat dan stabil.

Ini karena slang rem model karet akan ada pemuaian ketika minyak rem panas, beda dengan tipe braided yang lebih kuat menahan tekanan dan panas minyak rem. Tidak hanya Aprilia SR GT 200, hampir seluruh produk Vespa modern juga sudah menggunakan slang rem braided ini.

SR GT 200 dibekali kaliper belakang 2 piston tentu lebih pakem

Lanjut pada piringan cakram, keduanya pakai motif wavy atau bergelombang, sayangnya Aprilia SR GT 200 hanya di cakram depan. Meski begitu, cakram depannya jadi yang paling besar di kelasnya.

Karena menggunakan cakram depan berdiameter 260 mm dan belakang 220 mm, sedangkan Honda ADV 160 pakai diameter cakram depan 240 mm dan belakang 220 mm. Dengan begitu wajar kalau roda depan Aprilia SR GT 200 terlihat lebih padat, panas pada rem depan juga lebih cepat dilepaskan.

Cakram belakang ADV 160 juga model wavy diapit kaliper 1 piston

Baca juga: Krisis Chip Bikin Peminat Honda ADV 160 2022 Harus Inden, Berapa Lama?

Suspensi Beda Jarak Main

Baik Honda ADV 160 atau Aprilia SR GT 200 masih mengandalkan suspensi Showa. Untuk depan teleskopik, tapi keduanya memiliki spesifikasi yang berbeda. Aprilia SR GT 200 punya diameter as suspensi depan 33 mm dengan jarak main 122 mm.

Suspensi depan SR GT 200 pakai diameter as 33 mm (kanan) membuatnya lebih gagah dibanding ADV 160 yang 31 mm (kiri)

Untuk Honda ADV 160 pakai diameter as suspensi depan 31 mm tapi punya jarak main hingga 130 mm. Suspensi belakangnya lebih eye catching karena dilengkapi tabung dan tidak ketinggalan label Showa.

Sedangkan Aprilia SR GT 200 punya suspensi belakang yang terlihat polos, tapi terlihat kalau kedua matic ini pakai per tipe progressive spring. Pembeda lain adanya setelan preload 5 tingkat pada Aprilia SR GT 200.

Untuk spesifikasinya, suspensi belakang Honda ADV 160 punya panjang sekitar 395 mm dengan panjang jarak main 120 mm. Lalu Aprilia SR GT 200 punya panjang sekitar 380 mm tapi dengan travel yang hanya 102 mm, meski travel pendek tapi gak perlu khawatir bottoming karena dilengkapi setelan preload.

Suspensi belakang SR GT 200 dilengkapi setelan preload 5 tingkat

Baca juga: Punya Rasio Kompresi Tinggi, Aprilia SR GT 200 2022 Wajib Pakai Bensin Oktan 95!

Karakter suspensi dari kedua matic ini juga cukup berbeda, terutama pada suspensi belakang. Untuk yang depan keduanya punya redaman yang cukup lembut, sehingga bisa meredam getaran dengan optimal.

Kalau untuk suspensi belakang, Honda ADV 160 punya karakter yang justru lebih keras. Memang redaman awalnya lembut namun setelahnya akan semakin keras, ini berkat penggunaan progressive spring.

Tabung suspensi ADV 160 bikin tampilannya lebih racy dan eye catching

Suspensi belakang Aprilia SR GT 200 justru kebalikan dari Honda ADV 160, karena redamannya begitu empuk dengan karakter damping agak padat. Karenanya setelan preload di posisi 2 masih terasa sangat empuk untuk pengendara 60 kg.

Jadi, mana yang lebih gagah?

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat