Di awal kemunculannya pada 2016 silam, Honda CBR250RR hanya punya dua varian saja, yakni standar dan ABS. Lalu seiring berjalannya waktu, hadir tipe-tipe seperti SP dan SP Quick Shifter. Serta tipe terendah, Black Freedom yang sempat dijual di bawah Rp 60 jutaan.
Tapi di model anyar yang meluncur pada Senin (19/9/2022) kemarin, Honda CBR250RR 2023 langsung meluncur secara komplet. Tak tanggung, ada lima pilihan dari tiga tipe yang dirilis secara bersamaan.
Ketiga tipe tersebut adalah Honda CBR250RR 2023 standar dengan dua pilihan warna yang menentukan harganya. Lalu ada varian SP dengan satu opsi warna. Serta tipe tertinggi, SP Quick Shifter yang dibagi lagi dalam dua versi, yakni warna Bravery Black Red dan dua kelir spesial, Honda Racing Red dan Honda Tricolor.
Baca Juga: Galeri Foto Honda CBR250RR 2023, Jadi Lebih Berkesan Big Bike!
Seperti disebutkan sebelumnya, perbedaan grafis bodi juga berpengaruh di harga jualnya. Semisal tipe Standar berkelir Black Freedom dilepas Rp 62,850 juta yang merupakan tipe termurah. Sedangkan warna Mat Gunpowder Black Metallic harganya Rp 67,650 juta.
Di tipe menengah ada Honda CBR250RR varian SP yakni Mystique Blue yang dipasarkan dengan harga Rp 75,150 juta. Sedangkan, untuk varian SP – Quick Shifter berwarna Bravery Red Black banderolnya Rp 79,2 juta. Khusus warna spesial seperti Honda Racing Red dan Tri Color dilepas Rp 79,8 juta.
Baca Juga: Honda CBR250RR 2023 Resmi Dijual Rp 62 Jutaan, Bodi Makin Lebar Berkarakter Big Bike
Secara basis, seluruh varian Honda CBR250RR 2023 punya mesin yang sama. Di mana tertanam mesin 250cc 2-silinder DOHC 8-katup dengan ukuran bore x stroke, 62,0 x 41,4 mm. Akan tetapi kompresinya berbeda, yakni 11,5:1 untuk tipe standar dan 12,5:1 di versi SP dan SP Quick Shifter.
Hasilnya, tenaga pun berbeda. Klaim pabrikan, di versi standarnya tenaga Honda CBR250RR 2023 hanya 38,7 PS di 12.500 rpm dan torsi 23,3 Nm per 11.000 rpm. Sementara tipe SP dan SP Quick Shifter tembus 42 PS) di 13.000 rpm dan torsi maksimum hingga 25 Nm per 11.000 rpm.
Seluruh varian CBR250RR juga telah disematkan Throttle By Wire yang menghadirkan akselerasi halus dan stabil. Untuk memaksimalkan fungsinya, Throttle By Wire dilengkapi riding mode selector dengan tiga pilihan.
Baca Juga: Viral Polres Makassar Bakal Razia Moge Bodong Besar-Besaran, Wajib Daftarkan ke Samsat!
Dari upgrade dibagian fitur, Honda CBR250RR varian standar, SP dan SP – Quick Shifter, kini hadir dengan fitur terbaru yakni suspensi depan yang dilengkapi dengan SFF-Big Piston. Fitur terbaru ini, memberikan rasa nyaman, membuat sepeda motor yang lebih stabil saat berkendara.
Kemudian di Honda CBR250RR SP Quick Shifter, fitur Quick Shifter telah disematkan pada model sebelumnya guna mengoptimalkan perpindahan gigi. Sehingga mengurangi kemungkinan motor kehilangan tenaga saat berakselerasi dan penggantian gigi tanpa menarik tuas kopling.
Terdapat 4 mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan. Antara lain mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi, untuk menaikkan gigi saja. Serta untuk menurunkan gigi saja dan mode Quick Shifter off.
Selain Quick Shifter, fitur Assist/Slipper Clutch juga hadir pada varian Honda CBR250RR SP dan SP Quick Shifter. Slipper Clutch berfungsi untuk mengurangi resiko engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim, sehingga dapat mencegah ban belakang selip.
Tak ketinggalan, fitur Anti-lock Brake System (ABS) melengkapi fitur keamanan CBR250RR SP dan SP Quick Shifter demi memberikan kenyamanan maksimal. Sayangnya, fitur ini absen di tipe Standar.
Mau pilih yang mana?
Honda CBR250RR 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.061 x 724 x 1.114 mm | |
Tinggi Jok | 790 mm | |
Sumbu Roda | 1.385 mm | |
Jarak Terendah | 148 mm | |
Berat | 166 kg (STD) 168 kg (SP/SP-QS) | |
Tangki | 14,5 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 8 katup, 2 silinder inline | |
Diameter x Langkah | 62 x 41,4 mm | |
Kapasitas | 249,7 cc | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 38,7 PS @ 12.500 rpm (STD) | |
42 PS @ 13.000 rpm (SP/SP-QS) | ||
Torsi Maksimal | 23,3 Nm @ 11.000 rpm (STD) | |
25 Nm @ 11.000 rpm (SP/SP-QS) | ||
Rangka dan Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Diamond truss frame | |
Sok Depan | Upside down | |
Sok Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 110/70-17 | |
Ban Belakang | 140/70-17 | |
Harga | Rp 62,850 juta - Rp 79,8 juta (otr Jakarta) |