Tidak diduga dan tidak diprediksi, PT Astra Honda Motor (AHM) justru melakukan pembaharuan kembali pada Honda CBR250RR. Tercatat ini sudah kali ketiga AHM melakukan update pada CBR250RR sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016.
Ubahan kali ini bermain di sektor yang lebih banyak, itu karena bodinya mengalami sedikit perubahan. Paling terlihat adalah desain fairing yang sedikit lebih kembung dan desain under cowl yang lebih panjang.
Air vent pada fairing juga mengalami perubahan, desain bodi berlapis pun disematkan pada fairing. Bodi belakang pun kini lebih tipis untuk memberi kesan aerodinamika yang lebih baik.
Baca juga: Promo Honda CBR250RR 2023, Bonus Aksesoris Senilai Rp 5 Jutaan Nih!
Selain update di sektor bodi, area mesin juga kena sentuh. Memang secara basic, mesin ini masih sama. Spesifikasinya menggunakan mesin 250 cc 2 silinder segaris, DOHC 8 katup, 6 percepatan, dan berpendingin cairan.
Tapi ada beberapa detail ubahan yang membuat klaim tenaganya berubah jadi 42 ps di 13.000 rpm. Seperti durasi camshaft in baru, lubang intake port yang lebih besar, bobot magnet yang lebih ringan, dan ring piston baru.
Ring pistonnya ini memiliki tekanan ke dinding silinder lebih lembut, dengan begitu pergerakan piston akan lebih ringan karena gesekan yang minim. Meski begitu kualitasnya ditingkatkan, sehingga tetap ampuh menahan kompresi dan oli.
Baca juga: Selisih Rp 50,1 Juta, Sejauh Apa Beda Honda CBR250RR SP QS VS Kawasaki Ninja ZX-25RR?
Durasi camshaft yang baru ini membuat klep membuka lebih lama dari sebelumnya, dengan begitu udara yang masuk ke ruang bakar akan lebih banyak. Ini membuat volumetric efficiency pada Honda CBR250RR terbaru ini lebih baik.
Gak sampai di situ, motor ini juga mendapatkan perbandingan transmisi baru di semua giginya. Mulai dari gigi 1 hingga gigi 6 dan juga ada kenaikan gir belakang 1 mata. Untuk ulasan lebih lengkapnya, bisa langsung tonton penjelasannya pada video di bawah ini, dan jangan lupa subscribe!