Simak 5 Alasan Memilih Aprilia SR GT 200 2023, Berasa Punya 2 Motor!

Aprilia SR-GT 200 seru dipakai blusukan.
  • Banyak fitur pendukung sebagai motor harian.
  • Mesin kuat untuk segala medan.
  • Mumpuni dipakai off road ringan.

Mencari motor matic yang pas untuk penggunaan harian, dengan segala kelengkapannya seperti bagasi besar, teknologi canggih dan mesin bertenaga memang ada banyak. Tapi jika selain untuk harian juga sama asyiknya dipakai touring, rasanya tak banyak.

Karena untuk perjalanan jauh, juga dibutuhkan kenyamanan seperti posisi berkendara dan karakter suspensi juga handling. Apalagi jika suka melintasi jalan baru yang kondisinya tak selalu mulus, tentu butuh motor yang mumpuni.

Hal ini bisa didapat di Aprilia SR GT 200 2023, yang baru dikenalkan PT Piaggio Indonesia (PID) pada pertengahan tahun ini. Kemampuannya sebagai kuda besi harian dan touring tak perlu diragukan lagi.

Tentu bukan asal ucap, karena kami sudah merasakannya sendiri. Selengkapnya kami jelaskan dalam 5 alasan kenapa Aprilia SR GT 200 ini pas untuk dimiliki.

Baca juga : Punya Rasio Kompresi Tinggi, Aprilia SR GT 200 2022 Wajib Pakai Bensin Oktan 95!

1. Dimensi Proporsional

Banyak yang mengatakan jika dimensi dari motor satu ini tinggi. Ya memang betul, tapi hal juga menjadi salah satu keuntungan. Misalnya ketika dikemacetan bisa lebih leluasa melihat ke depan.

Dimensi sedang, pas untuk harian dan touring.

Posisi pengendara pun bisa lebih terlihat oleh pengendara lain karena tinggi jok 799 mm. Kemudian jarak terendah ke tanah yang tinggi, masih pas untuk rider 172 cm, dan tak perlu takut mentok saat melibas polisi tidur. 

Dimensi motor pun masih terasa proporsional, lebih kecil dari motor matic kelas 250 cc tapi tak jauh beda dari kelas 150 cc. Panjangnya 1.920 mm, lebar 765 mm dengan sumbu roda 1.350 mm.

Tangki 9 liter jadi andalan.

Dengan tangki 9 liter, maka bobot Aprilia SR GT 200 mencapai 148 kg. Alhasil motor terasa antep dan stabil saat melaju kencang di aspal mulus. Tak mudah goyang terkena terpaan angin samping.

Baca juga : Bedah Mesin Aprilia SR GT 200 2022, Pakai Piston Hingga Sistem Injeksi Baru

2. Karakter Suspensi Seimbang

Dari bentuknya, Aprilia SR GT 200 2023 ini merupakan motor matic bergaya petualang. Tentunya dalam berpetualang mengendarai sepeda motor, ada banyak kondisi jalan yang dilalui.

Untuk itu karakter suspensinya harus seimbang, sama-sama mampu meredam guncangan dengan baik. Tak ada yang satu bagian terasa empuk atau bagian lain terasa keras, yang membuatnya terasa aneh dan kurang nyaman dikendarai.

Suspensi empuk, belakang dengan setelan preload 5 titik.

Suspensi depan teleskopik dengan diameter tabung 33 mm punya jarak main 122 mm. Kemudian suspensi belakang dengan jarak main 102 mm. Asyiknya, suspensi belakang bisa diatur setelan preload, sesuai dengan bobot pengendara.

Selama mengendarainya melintasi jalan gravel dengan bebatuan lepas, redamannya pas. Menghantam lubang pun tak ada gejala bottoming alias mentok. Apalagi sudah pakai ban dual purpose, Michelin Anakee Street.

3. Fitur Lengkap

Dengan harga Rp 60 juta untuk tipe Standard dan Rp 61,5 juta untuk tipe Sport, fitur bawaannya sudah terhitung lengkap. Misalnya seluruh lampu sudah full LED. Panel meter full digital dengan negatif display.

Lampu sudah full LED.

Kunci kontak dengan immobilizer serta konsol beserta power outlet untuk mengisi daya smarpthone sudah tersematkan. Tangki 9 liter jelas besar dan membuat nyaman kala dipakai jarak jauh.

Membuka joknya sudah model elektrik, untuk bisa mengakses bagasi 25 liter. Helm full face mudah masuk dan masih ada celah untuk menyimpan barang lain macam jas hujan atau lap.

Baca juga : Aprilia SR GT 200 2022 Resmi Dirilis, Banderolnya Rp 60 Juta Langsung Jadi Lawan Honda ADV 160

Bagasi 25 liter muat helm full face.

Lainnya ada side stand switch hingga RISSS (Regulator Inverter Start & Stop System) untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Tak ketinggalan rem ABS untuk roda depan yang kinerjanya halus.

4. Mesin Bertenaga

Aprilia SR GT 200 menggunakan mesin i-Get generasi terakhir yang lebih optimal tentunya. Seperti sudah memiliki standar emisi Euro 5 yang tentunya sangat ramah lingkungan.

Lalu di kepala silindernya terdapat 4 buah katup dan disematkan pendingin cairan untuk menjaga suhu mesinnya selama perjalanan. Kapasitas murni dari mesin ini 174 cc dengan klaim tenaga maksimal 17,6 ps di 8.500 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Mesin i-get generasi baru lebih bertenaga.

Selain itu ada juga penggunaan aluminium silinder dengan nikasil coating pada dinding silinder, piston baru dengan desain sudut geometri kepala piston baru, dan desain kubah ruang bakar baru yang membuat pembakaran lebih efisien.

Karakter mesin over bore terbilang kuat dan ngisi pada putaran atas, jadi asyik untuk cruising di jalan kosong. Kecepatan tertinggi yang bisa diraih dari hasil pengetesan kami yakni 127 km/jam di spidometer dan 119 km/jam pada alat ukur Racebox.

Ada tipe Standard dan Sport, beda hanya pada tampilan saja.

Tapi bukan berarti mesinnya mengorbankan putaran bawah, karena untuk stop & go pun masih menyenangkan. Akselerasi 0-60 km/jam hanya 5,33 detik. 0-80 km/jam cuma 9,38 detik dan 0-100 km/jam 16,5 detik saja.

5. Terasa Punya 2 Motor

Tagline motor ini adalah Everyday Everywhere, yang artinya bisa dipakai setiap hari dan dimana saja. Bisa disimpulkan pula, dengan Aprilia SR GT 200 maka kalian terasa seperti memiliki 2 jenis motor dalam 1 motor saja.

Buat touring singkat lewat jalan rusak tak masalah.

Seperti yang telah disebutkan di awal, kelengkapannya pas untuk penggunaan sehari-hari di kota yang padat. Transmisi otomatis jelas jadi pilihan tepat karena tak perlu lagi mengoper gigi transmisi dan menarik tuas kopling.

Untuk menjelajah pun mumpuni, dengan kapasitas mesin yang besar, karakter mesin yang kuat, handling stabil juga karakter suspensi yang nyaman. Membuatnya seru dipakai plesiran ke luar kota.

Aprilia SR GT 200 2023
DIMENSI
Panjang 1.920 mm x 679 x 1.066 mm
Lebar 765 mm
Tinggi Jok 799 mm
Sumbu Roda 1.350 mm
Kapasitas Tangki 9 liter
Berat 148 kg
MESIN
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Kapasitas  174 cc
Diameter x Langkah 61,5 x 58,7 mm
Rasio Kompresi 12,5:1
Tenaga Maksimal 17,6 PS @ 8.500 rpm
Torsi Maksimal 17 Nm @ 7.000 rpm
RANGKA & KAKI-KAKI
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Ganda, preload
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Ban Depan 110/80-14
Ban Belakang 130/70-13
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Aprilia SR GT 200
Lihat