Sejak kehadirannya di tahun 2016 silam, skuter matic gambot Yamaha XMax belum mengalami ubahan signifikan hingga kini. Terakhir hanya ada ubahan warna di awal tahun 2022 ini.
Lainnya, secara spek dan tampilan masih sama dengan edisi sebelum-sebelumnya. Toh demikian, Yamaha XMax 2023 tetap cocok dipilih bagi Anda yang menginginkan matic bertenaga dengan deretan fitur canggih, nyaman dan cocok untuk touring.
Berikut sederet poin positif dari motor seharga Rp 62,54 juta ini yang membuatnya cocok untuk touring.
Baca Juga: Usai Hadir di Malaysia, Suzuki V-Storm 250 SX 2023 Siap Muncul di IMOS 2022?
Dengan bodinya yang gambot, Yamaha XMax 2023 menghadirkan kenyamanan saat berkendara dengan tersedianya dua posisi riding serta area pijakan kaki yang luas. Kenyamanan berkendara hadir dari posisi jok dan setang yang ergonomis.
Didesain untuk menciptakan posisi duduk dengan ergonomi yang baik membuat pengendara tidak mudah merasa lelah saat sedang berkendara jarak dekat maupun jauh. Sehingga Yamaha XMax 2023 cocok untuk penggunaan harian dan touring sekali pun.
Untuk menambah kenyamanan saat riding, posisi windshield dan setang Yamaha XMax 2023 juga bisa disetel. Sehingga posisinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan sang pengendara.
Baca Juga: Selisih Rp 50,1 Juta, Sejauh Apa Beda Honda CBR250RR SP QS VS Kawasaki Ninja ZX-25RR?
Hadir dengan mesin 250 cc dengan bodi yang gambot membuat sektor pengendalian wajib mumpuni. Salah satunya lewat beragam fitur fungsional di sektor keselamatan berkendara.
Diantaranya lewat fitur Traction Control System (TCS) yang menjaga traksi ban. Sehingga motor lebih mudah dikendalikan karena tidak selip saat berakselerasi di atas permukaan jalan yang licin atau basah.
Selain itu, Yamaha XMax 2023 juga sudah menggunakan teknologi rem Anti-Lock Braking System (ABS). Sistem ini bekerja untuk mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Sistem ini bekerja dengan peranti cakram ganda di bagian depan dan belakang untuk semakin mengoptimalkan sistem pengereman.
Saat ini, smartphone sudah jadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dan Yamaha XMax 2023 telah dilengkapi dengan Electric Power Socket yang selalu siap digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone.
Fitur ini dapat digunakan selama perjalanan, terutama ketika pengendara sering membuka peta digital ataupun GPS sebagai penunjuk arah jalan. Sehingga tak perlu takut low batt saat memakai Yamaha XMax 2023.
Bagasi luas menjadi salah satu keunggulan Yamaha XMax 2023. Volumenya mencapai 25 liter. Sehingga bagasinya cukup luas untuk mampu menampung 2 helm full face.
Dengan kapasitas daya tampung bagasi yang besar bakal membantu pengendara touring jarak jauh untuk mengangkut perlengkapannya secara lebih praktis.
Tak ketinggalan, Yamaha XMax 2023 dibekali mesin Blue Core 4 katup berkapasitas 250cc berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 22,8 PS di 7.000 rpm dan torsi 24,3 Nm per 5.500 rpm.
Tenaganya cukup bisa diandalkan untuk kebutuhan perjalanan jauh. Apalagi jika disandingkan dengan tangki bensin bervolume 13 liternya. Jika klaim pabrikan seliter bensin bisa melaju hingga 33,3 km, maka secara full tank, motor ini sanggup melaju sejauh 432,9 km!
Nah, masih asyik kan?
Spesifikasi Yamaha Xmax | ||
---|---|---|
P x L x T | 2.185 x 775 x 1.465 mm | |
Sumbu Roda | 1.540 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 795 mm | |
Berat Isi | 179 kg | |
Kapasitas Tangki | 13 liter | |
Tipe Mesin | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan | |
Kapasitas Mesin | 250 cc | |
Diameter x Langkah | 70 x 64,9 mm | |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 22,8 PS @ 7.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 24,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Ganda | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Ban Depan | 120/70-15 | |
Ban Belakang | 140/70-14 |