Kehadiran Yamaha XMax 250 Connected 2023 pada pameran IMOS 2022 lalu, langsung diresppon positif. Kuota 37 unit untuk pameran diyakini sudah ludes sejak hari pertama pameran.
Pasalnya informasi dari pihak internal Yamaha, hari pertama saja sudah 100 SPK dikantongi hanya untuk motor tersebut. Harga yang 'cuma' Rp 66 juta OTR Jakarta dirasa terjangkau, jika dibandingkan update yang diberikan.
Baca juga : Harga Cuma Naik Tipis, Seperti Apa Ubahan di Yamaha XMax Connected 2023?
Selain menawarkan pembelian secara cash, juga bisa dibeli secara kredit. Kali ini ada simulasi kredit dari BAF, yang beredar di IMOS 2022 lalu. Sementara leasing lain belum ada untuk Yamaha XMax 250 Connected.
Meski pembeli Yamaha XMax 250 Connected adalah kalangan menengah-atas yang secara ekonomi sudah mapan, namun besaran uang muka alias DP yang ditawarkan relatif kecil, yakni mulai dari Rp 6,6 juta saja.
Sementara untuk uang muka terbesar cuma Rp 9,4 juta. Namun angsuran per bulannya untuk tenor waktu yang sama, termasuk setara dan hanya beda-beda beberapa puluih ribu saja.
Baca juga : Kenali Kompetitor Honda Forza 250 2022, Ada Yamaha XMax dan Merek Taiwan!
Misalnya DP Rp 6,6 juta maka angsuran terbesar Rp 6,627 juta untuk tenor 11 bulan. Kemudian untuk DP sebesar Rp 9,4 juta, angsuran perbulan Rp 6,367 juta.
Paling rendah adalah untuk tenor kredit 35 bulan, dengan besaran angsuran Rp 2,734 juta untuk DP Rp 9,4 juta dan angsuran Rp 2,818 juta per bulan untuk DP Rp 6,6 juta.
Pada simulasi kredit tersebut, untuk masa kredit 23 bulan dipotong jadi 22 bulan. Lalu tenor kredit 29 bulan dan 35 bulan masing-masing dipotong 2 bulan angsuran. Tapi ini hanya selama IMOS 2022 saja, bisa jadi setelahnya akan kembali normal tanpa potongan.
"Kalau mau uang muka lebih besar dari yang ditabel bisa dihitungkan nantinya. Tergantung customer maunya berapa untuk uang muka dan angsuran yang berapa lama," ujar salah satu tenaga penjual kepada Autofun.co.id.
Membahas model baru Yamaha XMax 250 Connected 2023, perubahan yang langsung bisa terlihat ada di sektor tampilan luarnya. Bentuk headlamp yang sebelumnya bertipe triple headlight dengan tebeng X shape kini ditinggalkan.
Sebagai gantinya, ada headlamp dengan bentuk X yang jelas berkat hadirnya sepasang DRL LED di bagian bawah dengan posisi diagonal. Pengadopsian bentuk lampu yang baru mempengaruhi desain tebeng yang tak lagi X shape.
Masih dari sisi depan. Sepasang lampu seinnya pindah dari bagian bawah ke sisi windshield. Bentuk dan posisi windshield juga berbeda dari sebelumnya. Namun pengaturan posisi tinggi-rendahnya masih tetap manual. Ini yang bikin front fascianya terasa lebih agresif.
Baca juga : Jajal WMoto Draco 250i 2023, Lawan Yamaha XMax Berjantung DOHC
Bukan hanya depan, bentuk huruf X juga hadir di bagian belakang. Tepatnya pada bagian stop lamp anyar di Yamaha XMax 2023. Sehingga 'tema' huruf X di motor ini makin kental.
Yang paling keren adalah layar TFT 4,3 inci yang bisa menampilkan peta digital dari aplikasi Garmin Street Cross. Tak ketinggalan sudah disematkan fitur Y-Connect.
Ditilik dari fiturnya, Yamaha XMax 2023 tetap mempertahankan sederet teknologi canggih yang sudah ada di tipe sebelumnya. Misalnya sudah tertanam fitur TCS (Traction Control System), rem ABS dan Smart Key.
Tapi sayangnya, sistem pengaturan posisi setang dan windshield masih manual seperti sebelumnya. Jadi belum ditingkatkan dengan tipe elektrik seperti pesaingnya, Honda Forza 250.
Yamaha XMax 250 Connected 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.180 x 795 x 1.460 mm | |
Sumbu Roda | 1.540 mm | |
Tinggi Jok | 795 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Berat Isi | 181 kg | |
Kapasitas Tangki | 13 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan | |
Diameter x Langkah | 70 x 64,9 mm | |
Kapasitas Mesin | 249,8 cc | |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 | |
Tenaga | 22,8 PS @ 7.000 rpm | |
Torsi | 24,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis, CVT | |
Rangka dan Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Sok Depan | Teleskopik | |
Sok Belakang | Ganda | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Ban Depan | 120/70-15 | |
Ban Belakang | 140/70-14 |