Cari Matic 110 Cc Bekas, Pilih Honda Vario atau Honda BeAT?

Honda BeAT generasi keenam dan Honda Vario 110 eSP.
  • Harga bekas keduanya relatif setara.
  • Pakai basis mesin dan rangka sama.
  • Dikenal responsif namun irit bahan bakar.

Seiring semakin mahalnya harga bahan bakar belakangan ini, jelas motor-motor yang irit konsumsi bahan bakarnya jadi incaran. Motor matic 110 cc dirasa cukupan untuk kebutuhan ini.

Secara fungsi untuk moda transportasi sudah cukup, dengan fitur dan kelengkapan standar. Kemudian tentu kinerja mesinnya juga dirasa pas untuk penggunaan dalam kota yang cenderung stop and go.

Dengan dana terbatas, motor matic 110 cc dengan kondisi bekas bisa jadi opsi menarik. Paduan yang pas antara harga beli yang lebih bersahabat hingga efisiensi bahan bakar.

Kami coba merekomendasikan Honda Vario 110 generasi terakhir, yang sudah menggunakan lampu LED. Motor ini dikenalkan pertama kali tahun 2013 dan akhirnya produksi berakhir tahun 2020.

Dan Honda BeAT untuk tahun produksi setara ada model generasi keenam yang diproduksi direntang 2016 hingga 2019. Mana yang baiknya dipilih?

Baca juga : Sering Tak Dianggap, Harga Bekas Honda Vario FI 110 Malah Nyaris Setara BeAT Baru

Gaya Desain Nyaris Serupa

Sebagai motor matic harian, desain keduanya nyaris serupa. Yakni menonjolkan kesan sporty, dengan lekuk bodi yang tajam, serta bodi yang ramping.

Sama-sama sporty tapi beda dimensi.

Bedanya, untuk Honda Vario 110 agak lebih kalem dengan kesan yang agak membulat. Beda dengan Honda BeAT yang punya garis-garis tegas dan berkesan lebih agresif.

Beda lainnya ada pada lampu depan, Honda Vario 110 pakai model ganda sekaligus jadi matic 110 cc pertama Honda yang pakai lampu LED. Sedangkan Honda BeAT lampu tunggal, dan masih andalkan bohlam.

Dimensi Honda Vario 110 Sedikit Lebih Besar

Desain Honda BeAT paling menarik.

Meski sama-sama terlihat ramping, tapi Honda Vario 110 lebih besar nih. Dimensinya 1.888 x 679 x 1.091 mm (PxLxT). Sedangkan Honda BeAT generasi keenam cuma 1.877 x 669 x 1.074 mm (PxLxT).

Tapi sumbu roda keduanya justru sama-sama 1.256 mm, kok bisa ya? Beda lainnya pada berat kosong, Honda Vario 110 mencapai 96 kg berbanding Honda BeAT yang cuma 89 kg saja.

Baca juga : Sasis dan Mesin Sama, Mau Honda BeAT 2023 atau Honda Genio 2023?

Pakai Basis Mesin Honda BeAT

Jika Honda Vario dikenal dengan mesin berpendingin cairan, maka versi Honda Vario 110 ini berbeda. Karena dibuat menggunakan basis mesin yang sama dengan Honda BeAT generasi keenam.

Basis mesin identik.

Mesin berteknologi eSP ini punya spesifikasi 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara. Kapasitas mesin murninya 108,2 cc dengan diameter piston 50 mm dan langkah piston 55,1 mm.

Output tenaganya 8,7 PS pada putaran mesin 7.500 rpm, dengan torsi maksimal hingga 9,1 Nm di putaran 6.000 rpm. Karakter mesinnya responsif pada putaran bawah sampai tengah, sehingga cocok untuk penggunaan di jalan yang padat.

Fitur Mana Lebih Lengkap?

Sejatinya kelengkapan fitur keduanya masih mirip-mirip dan standar khas matic Honda. Mulai dari rem depan cakram dengan kaliper satu piston, dan rem tromol pada roda belakang.

Honda Vario 110 eSP lebih kalem.

Tapi rem ini sudah dikawal sistem CBS (Combi Brake System). Jangan lupakan juga ISS (Idling Stop System), Side Stand Switch hingga Parking Brake Lock. Nah bedanya, Honda Vario 110 punya remote untuk Answer Back System.

Baca juga : Kepincut Boyong Honda Vario 110 Techno Karbu? Kenali Dulu Penyakit Khasnya

Harga Bekasnya Mirip

Oke, beralih pada harga jual bekasnya. Memantau situr jual beli online, ternyata harga pasaran keduanya relatif mirip. Namun karena sudah tak diproduksi, perlahan harga Honda Vario 110 mulai merangkak naik.

Honda BeAT banyak disukai anak muda.

Banderolnya direntang Rp 9 jutaan untuk keluaran awal sampai Rp 15 jutaan lebih untuk keluaran tahun akhir di 2019 atau 2020 awal. Uniknya harga bekas Honda BeAT generasi keenam pun mirip-mirip.

Untuk tahun 2016 direntang Rp 10 jutaan dan rakitan terakhir model ini tahun 2019, juga ada diangka Rp 15 jutaan. Tentunya harga tadi tergantung kondisi unit, pajak dan lokasi penjual.

Baca juga : Mesin Honda BeAT, Scoopy dan Genio Sama, Siapa Paling Irit?

Kesimpulan

Matic pertama Honda pakai lampu depan LED.

Pakai basis mesin sama dan juga rangka serta kaki-kaki yang relatif identik, keduanya hanya beda dari sisi dimensi, desain bodi, bobot dan desainnya.

Jika tak ingin pasaran, maka Honda Vario 110 ini bisa jadi incaran. Kalau Honda BeAT tentu banyak yang pakai, apalagi model ini termasuk generasi yang punya desain ciamik.

Jadi suka yang mana?
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat
Lihat