Melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor atau disebut touring, sudah menjadi kebiasaan bikers Indonesia. Pilihan motor untuk touring pun ada banyak, salah satunya Kawasaki Versys-X 250 2023.
Motor yang dikenalkan pertama kali tahun 2016 ini masih eksis, dan mendapat respon positif dari bikers Tanah Air. Meski sebenarnya, belum ada update signifikan pada motor ini sejak pertama rilis.
Sejauh ini PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) hanya melakukan update warna saja, termasuk untuk model Kawasaki Versys-X 250 2023. Warna yang ditawarkan persis tahun sebelumnya, yakni candy lime green/metallic flat spark black/metallic spark black.
Baca juga : Sangar! Warna Baru Kawasaki Versys-X 250 2023, Sayangnya Belum Masuk Indonesia
Model ini sudah lebih atraktif, karena memadukan lebih dari dua warna sehingga tak monoton. O iya, kini hanya tersedia versi Tourer non ABS saja, versi City yang tanpa aksesoris dan versi ABS, sudah hilang dari situs resmi.
Secara ukuran, motor ini sendiri terhitung bongsor. Ukuran panjangnya 2.170 mm, lebar 940 mm dan tinggi 1.390 mm. Sementara sumbu rodanya mencapai 1.450 mm.
Ground clearance termasuk tinggi dengan 815 mm, untuk rider 172 cm agak jinjit nih. O iya, bobot basahnya 181 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 17 liter.
Soal posisi berkendara jelas nyaman. Pengendara akan terasa terlindungi berkat posisi duduk yang dibuat lebih rendah dari tangki dan juga jok pembonceng. Setang tinggi membuat badan tak cepat pegal.
Baca juga : Kawasaki Versys-X 250 Tourer 2023 Cuma Rp 70 Jutaan, Paling Terjangkau dan Banyak Bonusnya!
Motor ini juga jadi satu-satunya keluarga Kawasaki Versys yang menggunakan lampu depan tunggal. Hal ini diungkapkan Hiroyuki Wada, Project Leader Versys-X 250 karena dirasa lebih pas.
"Dari hasil survei, konsumen Indonesia mengatakan penggunaan lampu tunggal jadi pilihan dan image yang pas, karena lampu ganda lebih cocok untuk bergaya sport dan kurang sisi adventure-nya," katanya saat sesi test ride Februari 2017 lalu.
Selain itu Wada juga menambahkan, jika desain lampu tunggal ini dipilih agar motor lebih ramping. "Itulah mengapa kita mengubah desainnya, kan Versys 650 dan 1000 untuk penggunaan on road, itulah kenapa lampu ganda dipakai untuk kuatkan kesan sporty.
Di atas lampunya terdapat windshield bening yang cukup tinggi, ampuh menahan laju angin dari depan. Seperti halnya motor touring, bagian bodi belakang relatif simpel karena cenderung digunakan untuk membawa barang.
Karena hanya ada tipe Tourer, maka motor ini sudah dibekali dengan sejumlah aksesoris seperti hand guard, engine guard, crashbar, lampu kabut dan side pannier berbahan plastik. Sudah siap touring pokoknya!
Soal teknologi sudah lumayan, panel meter paduan digital analog dengan eco indicator. Kemudian ada Assist & Slipper Clutch dan dual throttle valves yang membuat pengendalian motor lebih halus dan mudah.
Mesinnya sendiri berspesifikasi DOHC 8 katup dua silinder berkapasitas 249 cc. Dari mesin tersebut Kawasakiu Versys-X 250 sanggup menorehkan tenaga sebesar 34 PS @11.500 rpm. Sedangkan untuk torsi maksimal, tercatat 21,7 Nm pada putaran 10.000 rpm.
Baca juga : Tengok Lagi Kawasaki Versys-X 250 2022, Motor Touring Nyaman Cuma Rp 68 Jutaan
Karakter jantung mekanisnya ini persis Ninja 250, karena memang menggunakan basis yang sama. Nafas mesin mulai terasa lebih kuat pada putaran menengah sampai atas. Namun tarikan bawah lebih ringan berkat penggunaan final gear lebih besar.
Berbicara harga, saat ini Kawasaki Versys-X 250 2023 dilepas dengan nominal Rp 70,6 juta on the road Jakarta. Untuk pemain sekelas, saat ini masih jadi yang paling terjangkau harganya, berminat?
Spesifikasi Kawasaki Versys-X 250 2023 | |||
---|---|---|---|
Dimensi | |||
P x L x T | 2.170 x 940 x 860 mm | ||
Sumbu Roda | 1.450 mm | ||
Jarak Terendah | 180 mm | ||
Tinggi Jok | 815 mm | ||
Berat Isi | 173 kg | ||
Kapasitas Tangki | 17 liter | ||
Mesin | |||
Tipe | 4-tak, DOHC 8 katup, injeksi | ||
Kapasitas | 249 mm | ||
Diameter x Langkah | 62.0 x 41.2 mm | ||
Rasio kompresi | 11,3 : 1 | ||
Tipe Pendingin | Cairan | ||
Tenaga Maksimal | 34 PS @11.500 rpm | ||
Torsi Maksimal | 21.7 Nm @10.000 rpm | ||
Rangka & Kaki-Kaki | |||
Tipe Rangka | Backbone | ||
Suspensi Depan | 41 mm telescopic fork | ||
Suspensi Belakang | Bottom-Link Uni-Trak, gas-charged shock | ||
Rem Depan | Single 290 mm petal disc | ||
Rem Belakang | Single 220 mm petal disc | ||
Ban Depan | 100/90-19M/C 57S | ||
Ban Belakang | 130/80-17M/C 65S |