Di Indonesia, Yamaha R15 generasi terbaru hadir di akhir tahun 2021 lalu. Julukannya Yamaha R15 Connected dengan penyematan beragam fitur baru. Tapi di India, bocoran dari Yamaha R15 2023 mulai terkuak.
Seperti penampakan yang dilansir dari Rushlane pekan ini. Disebutkan jika pada model baru ini, akan ada panel spidometer berwarna dengan teknologi TFT Display. Lalu lampu sein LED dan skema warna baru.
Layar spidometer berwarna sendiri saat ini mulai marak diaplikasi pada motor-motor baru Yamaha. Saat ini, peranti tersebut sudah dipakai pada motor jenis matic seperti Yamaha XMax dan Grand Filano 2023 di Indonesia.
Baca Juga: Suzuki Gixxer SF 250 2023 Punya Baju Baru, Makin Ngejreng Pakai Oranye
Seperti bisa dilihat, panel spidometer Yamaha R15 2023 kini berupa layar TFT 5 inci yang akan menampilkan beberapa warna. Misalnya pada bagian redline di takometer. Lalu fuel meter dengan bar oranye dan beberapa aksen biru.
Sedangkan informasi yang terpampang di interface cukup beragam, terdiri dari gear position, Quick Shifter, Traction Control, Y-Connect dan jam digital.
Kemudian ada takometer sebagai pengukur putaran mesin. Selain itu, ada juga informasi trip meter, spidometer, fuel meter dan fuel trip di bagian bawahnya.
Baca Juga: Ragam Tipe Kawasaki KLX150 2024, Ada yang Pas Buat Motor Operasional!
Lebih detail, selain panel spidometer di Yamaha R15 2023 juga ditengarai akan mengalami ubahan pada beberapa bagian lainnya. Semisal penggunaan lampu sein LED yang bakal tampil lebih modern.
Serta hadirnya beberapa warna baru diantaranya warna hitam doff dengan aksen emas pada grafisnya. Serta pelek palang dengan kelir emas yang menyolok.
Dari segi desain, Yamaha R15 2023 punya tampilan yang tetap sama seperti versi di Indonesia. Hal ini tampak dari bodinya yang bergaya sporty dan agresif khas Yamaha R Series.
Begitu juga dengan sektor mesinnya yang mempertahankan mesin 4-tak berkapasitas 155cc SOHC, 4 katup dan berpendingin cairan. Mesin ini dilengkapi Variable Valve Actuation (VVA) dan menghasilkan daya maksimum 18,2 PS di 10.000 rpm dan torsi maksimum 14,7 Nm per 8.500 rpm.
Performanya pun disempurnakan dengan penyematan Quick Shifter untuk memudahkan saat melakukan perpindahan gigi ke atas, tanpa menarik tuas kopling.
Selain itu, dengan Assist & Slipper Clutch. Fitur ini akan membuat tarikan kopling lebih ringan dan mencegah terjadinya selip pada roda belakang saat melakukan engine brake, ketika menurunkan gigi secara cepat.
Apakah bakal meluncur di IIMS 2023 yang berlangsung pekan depan?