Setelah varian trail Kawasaki KLX150 model year (MY) 2024 dirilis bulan Februari lalu, maka pada Rabu (15/3/2023) PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menghadirkan tipe supermoto berjuluk Kawasaki KLX150SM 2024. Motor anyar yang didapuk menggantikan varian D-Tracker 150.
Di versi terbaru ini, Kawasaki KLX150SM memiliki dua varian tipe, yaitu tipe standar dan tipe Special Edition. Perbedaan pada versi standar dan Special Edition bisa dilihat dari pilihan warna bodi dan deretan aksesorisnya.
Selain itu, harga keduanya pun punya selisih cukup besar. Di varian standar harganya Rp 36,9 juta, tapi untuk Kawasaki KLX150SM SE sudah menyentuh Rp 39,5 juta.
Baca Juga: Kawasaki KLX150SM 2024 Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 36,9 Juta
Secara total, ada lima pilihan warna pada Kawasaki KLX150SM yang terbagi dalam dua tipe. Diantaranya versi standar yang mengandalkan warna two tobe Firecracker Red/Ebony dengan kombinasi merah dan hitam.
Lalu untuk versi Special Edition pilihannya lebih banyak dengan empat skema warna. Diantaranya kelir Ebony atau hitam dengan grafis KLX bunglon yang unik.
Kemudian warna hijau toska kombinasi hitam berjuluk Aquarius Green/Ebony. Serta pilihan warna abu-abu Battle Gray/Ebony dan varian unik lainnya yakni kuning dengan julukan Neon Green/Ebony.
Tak ada pilihan warna hijau Lime Green khas Kawasaki di model ini. Karena varian berkelir Lime Green sudah hadir di versi trail.
"Untuk Lime Green kami sediakan di model KLX150 trail," ucap Sucipto Wiyono, Line Head Sales and Production Department Marketing and Sales Division KMI pada Autofun.
Oleh KMI, pilihan warna ini dihadirkan untuk menunjang kaum milenial yang catchy dan stylish. Sehingga deretan warnanya tak lagi kalem dan elegan, tapi lebih mengarah ke sporty.
Baca Juga: Footstep Underbone RSS Buat Yamaha WR 155R, Cocok Untuk Supermoto Nih!
Perbedaan Kawasaki KLX150SM tipe standar dan Special Edition bukan sekadar warna bodi, sejumlah detail pun punya perbedaan kelir. Misalnya pada tabung suspensi up side down di depan. Serta warna peleknya pun berbeda.
Bisa dilihat, pada versi standarnya tabung up side down yang tertanam berkelir hitam. Sementara untuk Kawasaki KLX150SM SE dilabur warna emas anodize yang mewah.
Sedangkan pada bagian peleknya, lapisan krom yang klasik jadi andalan Kawasaki KLX150SM standar. Tampak berbeda dari kesan sporty lewat penggunaan pelek jari-jari hitam di Kawasaki KLX150SM SE.
Toh begitu, lingkar roda keduanya tetap sama yakni 17 inci. Pun demikian dengan balutan ban tipe aspal berukuran 100/80-17 di depan dan 120/70-17 di belakang.
Perbedaan lain diluar warna adalah penyematan beberapa aksesoris di tipe Special Edition yang tak ada di tipe standarnya. Seperti handle guard dan skid plate di bawah mesinnya.
Jadi mau pilih yang mana?