Uji Performa Dan Akselerasi Honda ADV 160, Mesin Responsif Hingga Top Speed 121 Km/jam!

Uji performa dan akselerasi Honda ADV 160

Matic bergaya adventure dari pabrikan berlogo sayap tunggal mendapatkan update pada sektor bodi yang tidak terlalu banyak. Pada Honda ADV 160 hanya ada sedikit perbedaan pada lekukan bodi, lampu depan dan belakang masih sama seperti ADV 150.

Ini yang membuat Honda ADV 160 terlihat susah dibedakan jika dilihat secara fisik. Padahal untuk sektor mesin banyak sekali ubahan yang didapatkan, bahkan bisa dikatakan totally new.

Saat ini menggunakan generasi mesin yang sama seperti PCX 160 dan Vario 160. Punya kombinasi diameter piston 60 mm dan panjang langkah yang hanya 55,5 mm, ini cukup merubah karakter mesinnya.

Mesin yang punya kapasitas murni 156,9 cc ini juga sudah dibekali dengan 4 katup dan masih banyak lagi penyempurnaan pada generasi mesin ini. Hasilnya memiliki klaim tenaga maksimal 16 ps pada 8.500 rpm dan klaim torsi maksimal 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Putaran Rendah Responsif 

Untuk penggunaan harian yang mana lebih sering menemukan kondisi jalan stop and go, rasanya mesin ADV 160 sudah sangat mumpuni. Hentakan tenaga mesin dari kondisi berhenti sangatlah terasa, seperti saat merayap di kemacetan atau melaju setelah lampu lalu lintas.

Karakter mesin responsif di putaran rendah

Baca juga: Honda XL750 Transalp Semakin Dekat, Harga Tembus Rp 200 Juta?

Enak untuk stop and go atau cruising santai

Jadi untuk melahap tanjakan atau menyalip di putaran rendah rasanya bukan masalah besar, cukup putar grip gas maka ADV 160 bisa langsung membawa pengendara berbobot 60 kg meluncur.

Hanya saja ketika menyentuh kecepatan sedang di rentang 60-90 km/jam tenaga mesin terasa agak flat dan putaran mesin dikunci di 6.500 rpm. Ini merupakan titik transisi dari sektor CVT, racikan CVT ADV 160 mengunci di 6.500 rpm untuk mendapatkan torsi maksimal saat proses transisi ini.

Namun lepas dari itu, tenaga mesin baru terasa lagi hingga menyentuh kecepatan tertinggi 121 km/jam. Suara yang dihasilkan oleh mesin dan knalpot cukup senyap dengan vibrasi yang minim khas mesin Honda, namun entah mengapa vibrasi saat idle justru cukup terasa baik di setang maupun di jok pengendara.

Komponen CVT juga bekerja cukup halus selama kurang lebih 500 km pengetesan. Belum terasa gredek terutama saat berakselerasi dari kondisi berhenti.

Hasil Uji Akselerasi

Untuk mengetahui seberapa cepat akselerasi Honda ADV 160, maka perlu diuji menggunakan alat pengukur kecepatan Racebox yang berbasis GPS. Pengujian dilakukan selama beberapa kali untuk mendapatkan angka terbaiknya.

Respon area CVT halus

Baca juga: Cara Bikin Honda ADV 160 2023 Makin Pakem dan Ganteng Mulai Rp 1,5 Juta

Top speed di spidometer mencapai 121 km/jam

Hasilnya Honda ADV 160 bisa menempuh kecepatan 0-60 km/jam hanya dalam waktu 5,4 detik, lalu jarak 201 meter ditempuh dalam waktu 12,2 detik di kecepatan 86,2 km/jam.

Kecepatan tertinggi yang bisa diraih hanya 121 km/jam di spidometer, sedangkan di GPS pada Racebox hanya menunjukan 112,9 km/jam. Itu berarti ada deviasi 7,17% antara kecepatan di spidometer dan GPS.

Hasil lengkapnya bisa lihat di tabel berikut ini.

Data Akselerasi Honda ADV 160
0-60 km/jam 5,4 detik
0-80 km/jam 10,1 detik
0-100 km/jam 18,8 detik
0-100 meter 7,7 detik @70,4 km/jam
0-201 meter 12,2 detik @86,2 km/jam
0-402 meter 19,8 detik @101,1 km/jam
Top speed Racebox 112,9 km/jam
Top speed spidometer 121 km/jam
Konsumsi BBM 39,1 km/liter
Spesifikasi Honda ADV 160
Tipe mesin 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+
Tipe pendinginan Pendingin cairan
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Kapasitas mesin 156,9 cc
Diameter x langkah 60 x 55,5 mm
Perbandingan kompresi 12:1
Tenaga maksimal 16 ps @8.500 rpm
Torsi maksimal 14,7 Nm @6.500 rpm
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe starter Elektrik
Tipe rangka Double cradle
Ban depan 110/80-14 tubeless
Ban belakang 130/70-13 tubeless
Rem depan Wavy disc brake, kaliper 2 piston
Rem belakang Wavy disc brake, kaliper 1 piston
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Ganda dengan tabung
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Jarak sumbu roda 1.324 mm
Jarak terendah ke tanah 165 mm
Tinggi tempat duduk 780 mm
Berat kosong 133 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 8,1 liter
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe baterai/aki MF 12V-5Ah
Tipe busi NGK LMAR8L-9
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat