Matic bergaya adventure dari pabrikan berlogo sayap tunggal mendapatkan update pada sektor bodi yang tidak terlalu banyak. Pada Honda ADV 160 hanya ada sedikit perbedaan pada lekukan bodi, lampu depan dan belakang masih sama seperti ADV 150.
Ini yang membuat Honda ADV 160 terlihat susah dibedakan jika dilihat secara fisik. Padahal untuk sektor mesin banyak sekali ubahan yang didapatkan, bahkan bisa dikatakan totally new.
Saat ini menggunakan generasi mesin yang sama seperti PCX 160 dan Vario 160. Punya kombinasi diameter piston 60 mm dan panjang langkah yang hanya 55,5 mm, ini cukup merubah karakter mesinnya.
Mesin yang punya kapasitas murni 156,9 cc ini juga sudah dibekali dengan 4 katup dan masih banyak lagi penyempurnaan pada generasi mesin ini. Hasilnya memiliki klaim tenaga maksimal 16 ps pada 8.500 rpm dan klaim torsi maksimal 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Untuk penggunaan harian yang mana lebih sering menemukan kondisi jalan stop and go, rasanya mesin ADV 160 sudah sangat mumpuni. Hentakan tenaga mesin dari kondisi berhenti sangatlah terasa, seperti saat merayap di kemacetan atau melaju setelah lampu lalu lintas.
Baca juga: Honda XL750 Transalp Semakin Dekat, Harga Tembus Rp 200 Juta?
Jadi untuk melahap tanjakan atau menyalip di putaran rendah rasanya bukan masalah besar, cukup putar grip gas maka ADV 160 bisa langsung membawa pengendara berbobot 60 kg meluncur.
Hanya saja ketika menyentuh kecepatan sedang di rentang 60-90 km/jam tenaga mesin terasa agak flat dan putaran mesin dikunci di 6.500 rpm. Ini merupakan titik transisi dari sektor CVT, racikan CVT ADV 160 mengunci di 6.500 rpm untuk mendapatkan torsi maksimal saat proses transisi ini.
Namun lepas dari itu, tenaga mesin baru terasa lagi hingga menyentuh kecepatan tertinggi 121 km/jam. Suara yang dihasilkan oleh mesin dan knalpot cukup senyap dengan vibrasi yang minim khas mesin Honda, namun entah mengapa vibrasi saat idle justru cukup terasa baik di setang maupun di jok pengendara.
Komponen CVT juga bekerja cukup halus selama kurang lebih 500 km pengetesan. Belum terasa gredek terutama saat berakselerasi dari kondisi berhenti.
Untuk mengetahui seberapa cepat akselerasi Honda ADV 160, maka perlu diuji menggunakan alat pengukur kecepatan Racebox yang berbasis GPS. Pengujian dilakukan selama beberapa kali untuk mendapatkan angka terbaiknya.
Baca juga: Cara Bikin Honda ADV 160 2023 Makin Pakem dan Ganteng Mulai Rp 1,5 Juta
Hasilnya Honda ADV 160 bisa menempuh kecepatan 0-60 km/jam hanya dalam waktu 5,4 detik, lalu jarak 201 meter ditempuh dalam waktu 12,2 detik di kecepatan 86,2 km/jam.
Kecepatan tertinggi yang bisa diraih hanya 121 km/jam di spidometer, sedangkan di GPS pada Racebox hanya menunjukan 112,9 km/jam. Itu berarti ada deviasi 7,17% antara kecepatan di spidometer dan GPS.
Hasil lengkapnya bisa lihat di tabel berikut ini.
Data Akselerasi Honda ADV 160 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 5,4 detik | |
0-80 km/jam | 10,1 detik | |
0-100 km/jam | 18,8 detik | |
0-100 meter | 7,7 detik @70,4 km/jam | |
0-201 meter | 12,2 detik @86,2 km/jam | |
0-402 meter | 19,8 detik @101,1 km/jam | |
Top speed Racebox | 112,9 km/jam | |
Top speed spidometer | 121 km/jam | |
Konsumsi BBM | 39,1 km/liter |
Spesifikasi Honda ADV 160 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+ | |
Tipe pendinginan | Pendingin cairan | |
Sistem suplai bahan bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas mesin | 156,9 cc | |
Diameter x langkah | 60 x 55,5 mm | |
Perbandingan kompresi | 12:1 | |
Tenaga maksimal | 16 ps @8.500 rpm | |
Torsi maksimal | 14,7 Nm @6.500 rpm | |
Tipe transmisi | Otomatis, V-belt | |
Tipe starter | Elektrik | |
Tipe rangka | Double cradle | |
Ban depan | 110/80-14 tubeless | |
Ban belakang | 130/70-13 tubeless | |
Rem depan | Wavy disc brake, kaliper 2 piston | |
Rem belakang | Wavy disc brake, kaliper 1 piston | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Ganda dengan tabung | |
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.324 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 165 mm | |
Tinggi tempat duduk | 780 mm | |
Berat kosong | 133 kg | |
Kapasitas tangki bahan bakar | 8,1 liter | |
Sistem pengapian | Full transisterized | |
Tipe baterai/aki | MF 12V-5Ah | |
Tipe busi | NGK LMAR8L-9 |