Honda ADV 160 2023 di Indonesia bermain di segmen matic bergaya adventure sendirian, kompetitor lain dengan harga yang serupa belum hadir. Ada Aprilia SR GT 200 (Spesifikasi | Berita) tapi dengan harga berbeda jauh.
Dari segi posisi berkendara memang motor ini ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan ADV150. perbedaan ada pada jok ADV 160 yang 15 mm lebih pendek, dari yang awalnya 795 mm kini menjadi 780 mm.
Untuk tinggi badan 170 cm rasanya sedikit lebih bersahabat, apalagi kalau posisi duduknya sedikit ke depan karena desain joknya yang tirus bikin kaki tidak terlalu membuka lebar ketika menapak, efeknya kaki bisa lebih sempurna menginjak jalan.
Posisi setang untuk postur 170 cm terasa kurang tinggi, karena memang raiser setangnya dibuat sedikit lebih pendek untuk menyesuaikan jok yang lebih rendah. Walaupun lebar, tapi setang yang kurang tinggi terasa kurang nyaman untuk postur badan tinggi.
Baca juga: Mudik dan Balik Bareng Honda Ada Lagi, Cukup Bayar Rp 150 Ribu!
Busa yang tebal dan punya lumbar support sebenarnya sudah cukup untuk berkendara sehari-hari. Sayangnya karakter busa yang digunakan Honda ADV 160 kurang empuk, jadi terasa kurang nyaman untuk berkendara dalam waktu lama.
Kemudian windshield bisa diatur ketinggiannya secara manual. Jarak mainnya kurang lebih 75 mm, di posisi paling tinggi kurang lebih sejejer dengan leher pengendara. Rasanya cukup untuk menahan terpaan angin tapi tidak sampai membuat gerah, karena ada lubang kecil yang tetap memberi aliran udara kepada pengendaranya.
Pengendaranya disuguhkan dengan 3 posisi kaki. Pertama bisa sedikit ke belakang jika ingin terasa lebih sporty, kemudian posisi tengah untuk berkendara normal, dan posisi selonjoran yang bisa bikin kaki lurus maksimal untuk postur 170 cm.
Motor ini punya berat kosong 133 kg, terasa sedikit berat ketika memposisikan motor untuk parkir. Tapi kalau sudah diajak berkendara rasa beratnya hilang, motor justru terasa ringan dan lincah untuk bermanuver.
Namun kalau bermanuver terlalu kencang dan ditambah jalan yang tidak rata, suspensi depan justru terasa limbung. Karena memang karakter redamannya lembut dengan travel suspensi panjang, lebih enak digunakan untuk melewati jalur yang tidak rata.
Baca juga: Gak Mahal, Servis Honda PCX 160 di AHASS Cuma Rp 100 Ribuan!
Kalau yang belakang justru patut jadi catatan. Karena suspensi belakang punya karakter redaman lebih keras saat melewati jalur tidak rata dengan cepat, tapi kalau dilewati dengan perlahan terasa sedikit lebih empuk.
Ini karena per yang digunakan Honda ADV 160 ini model progressive, sehingga punya 2 karakter redaman. Sisi positifnya jadi minim bottoming meskipun dipakai berboncengan.
Ban yang digunakan masih sama pakai ukuran 110/80-14 di depan dan 130/70-13 belakang, pakai model dual purpose yang bisa digunakan untuk untuk on road juga light off road.
Sistem pengereman masih terasa mantab, feeling di handle rem empuk dan bisa menghentikan laju dengan baik. Kinerja ABS juga smooth seperti biasanya, tidak ada hentaka yang menggangu pada handle rem.
Spesifikasi Honda ADV160 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+ | |
Tipe pendinginan | Pendingin cairan | |
Sistem suplai bahan bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas mesin | 156,9 cc | |
Diameter x langkah | 60 x 55,5 mm | |
Perbandingan kompresi | 12:1 | |
Tenaga maksimal | 16 ps @8.500 rpm | |
Torsi maksimal | 14,7 Nm @6.500 rpm | |
Tipe transmisi | Otomatis, V-belt | |
Tipe starter | Elektrik | |
Tipe rangka | Double cradle | |
Ban depan | 110/80-14 tubeless | |
Ban belakang | 130/70-13 tubeless | |
Rem depan | Wavy disc brake, kaliper 2 piston | |
Rem belakang | Wavy disc brake, kaliper 1 piston | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Ganda dengan tabung | |
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.324 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 165 mm | |
Tinggi tempat duduk | 780 mm | |
Berat kosong | 133 kg | |
Kapasitas tangki bahan bakar | 8,1 liter | |
Sistem pengapian | Full transisterized | |
Tipe baterai/aki | MF 12V-5Ah | |
Tipe busi | NGK LMAR8L-9 |