Honda ADV 160 2023 Terbukti Suguhkan Posisi Berkendara Nyaman, Tapi...

Postur 170 cm bisa meluruskan kaki saat berkendara ADV 160.
  • Posisi kaki bisa diatur dalam 3 posisi berbeda
  • Suspensi depan lembut dan bisa meredam guncangan dengan nyaman

Honda ADV 160 2023 di Indonesia bermain di segmen matic bergaya adventure sendirian, kompetitor lain dengan harga yang serupa belum hadir. Ada Aprilia SR GT 200 (Spesifikasi | Berita) tapi dengan harga berbeda jauh.

Dari segi posisi berkendara memang motor ini ada sedikit perbedaan jika dibandingkan dengan ADV150. perbedaan ada pada jok ADV 160 yang 15 mm lebih pendek, dari yang awalnya 795 mm kini menjadi 780 mm.

Setang terasa kurang tinggi untuk postur 170 cm

Untuk tinggi badan 170 cm rasanya sedikit lebih bersahabat, apalagi kalau posisi duduknya sedikit ke depan karena desain joknya yang tirus bikin kaki tidak terlalu membuka lebar ketika menapak, efeknya kaki bisa lebih sempurna menginjak jalan.

Posisi Berkendara Honda ADV 160 Nyaman

Posisi setang untuk postur 170 cm terasa kurang tinggi, karena memang raiser setangnya dibuat sedikit lebih pendek untuk menyesuaikan jok yang lebih rendah. Walaupun lebar, tapi setang yang kurang tinggi terasa kurang nyaman untuk postur badan tinggi.

Baca juga: Mudik dan Balik Bareng Honda Ada Lagi, Cukup Bayar Rp 150 Ribu!

Windshield tinggi dan terdapat lubang di tengah agar pengendara tidak gerah

Busa yang tebal dan punya lumbar support sebenarnya sudah cukup untuk berkendara sehari-hari. Sayangnya karakter busa yang digunakan Honda ADV 160 kurang empuk, jadi terasa kurang nyaman untuk berkendara dalam waktu lama.

Kemudian windshield bisa diatur ketinggiannya secara manual. Jarak mainnya kurang lebih 75 mm, di posisi paling tinggi kurang lebih sejejer dengan leher pengendara. Rasanya cukup untuk menahan terpaan angin tapi tidak sampai membuat gerah, karena ada lubang kecil yang tetap memberi aliran udara kepada pengendaranya.

Pengendaranya disuguhkan dengan 3 posisi kaki. Pertama bisa sedikit ke belakang jika ingin terasa lebih sporty, kemudian posisi tengah untuk berkendara normal, dan posisi selonjoran yang bisa bikin kaki lurus maksimal untuk postur 170 cm.

Jok lebar namun kurang empuk

Motor ini punya berat kosong 133 kg, terasa sedikit berat ketika memposisikan motor untuk parkir. Tapi kalau sudah diajak berkendara rasa beratnya hilang, motor justru terasa ringan dan lincah untuk bermanuver.

Handling Lincah

Namun kalau bermanuver terlalu kencang dan ditambah jalan yang tidak rata, suspensi depan justru terasa limbung. Karena memang karakter redamannya lembut dengan travel suspensi panjang, lebih enak digunakan untuk melewati jalur yang tidak rata.

Baca juga: Gak Mahal, Servis Honda PCX 160 di AHASS Cuma Rp 100 Ribuan!

Suspensi belakang punya travel panjang jarang bottoming

Kalau yang belakang justru patut jadi catatan. Karena suspensi belakang punya karakter redaman lebih keras saat melewati jalur tidak rata dengan cepat, tapi kalau dilewati dengan perlahan terasa sedikit lebih empuk.

Ini karena per yang digunakan Honda ADV 160 ini model progressive, sehingga punya 2 karakter redaman. Sisi positifnya jadi minim bottoming meskipun dipakai berboncengan.

Ban yang digunakan masih sama pakai ukuran 110/80-14 di depan dan 130/70-13 belakang, pakai model dual purpose yang bisa digunakan untuk untuk on road juga light off road. 

Sistem pengereman masih terasa mantab, feeling di handle rem empuk dan bisa menghentikan laju dengan baik. Kinerja ABS juga smooth seperti biasanya, tidak ada hentaka yang menggangu pada handle rem.

Spesifikasi Honda ADV160
Tipe mesin 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+
Tipe pendinginan Pendingin cairan
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Kapasitas mesin 156,9 cc
Diameter x langkah 60 x 55,5 mm
Perbandingan kompresi 12:1
Tenaga maksimal 16 ps @8.500 rpm
Torsi maksimal 14,7 Nm @6.500 rpm
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe starter Elektrik
Tipe rangka Double cradle
Ban depan 110/80-14 tubeless
Ban belakang 130/70-13 tubeless
Rem depan Wavy disc brake, kaliper 2 piston
Rem belakang Wavy disc brake, kaliper 1 piston
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Ganda dengan tabung
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Jarak sumbu roda 1.324 mm
Jarak terendah ke tanah 165 mm
Tinggi tempat duduk 780 mm
Berat kosong 133 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 8,1 liter
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe baterai/aki MF 12V-5Ah
Tipe busi NGK LMAR8L-9
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat