Hunter Scrambler SK500 menawarkan desain scrambler kece. Bisa dikatakan cukup masuk di era modern saat ini, di mana banyak motor beraliran tersebut dari berbagai macam merek.
Dengan banderol Rp 192 juta, tentu motor satu ini memiliki beberapa fitur unggulan yang bisa diandalkan. Karena itu berikut rangkuman beberapa fitur andalan dari Hunter Scrambler SK500.
Hal pertama yang langsung terlihat adalah penggunaan LED di seluruh lampunya. Dimulai dari lampu utama dekat dan jauh, bahkan lengkap dengan emboss Scrambler yang dikelilingi DRL beraksen kristal.
Kemudian keempat lampu seinnya pakai 3 titik LED. Meski dimensinya kecil, tapi tidak masalah karena tetap bisa memberi sinyal kepada pengendara lain dengan optimal - pendarannya baik.
Baca juga: Hunter Scrambler SK500 Jadi Moge Uji SIM CI Yang Ramah!
Posisi lampu remnya sedikit ngumpet di bawah jok, namun sinar 6 titik LED-nya cukup terang. Ditemani juga dengan DRL di sisi atas yang memberi kesan elegan. Terakhir, ada LED pada lampu penerangan pelat nomor yang menempel di mud guard.
Fitur andalan berikutnya dari Scrambler SK500 ada pada suspensi yang berlabel KYB. Untuk shock depan pakai suspensi tipe upside down (USD) dengan trail lumayan panjang, mencapai 195 mm dan sudah fully adjustable.
Pederam kejut depan ini pun bisa disetel pre-load, compression, dan tension-nya dengan mudah. USD dengan diameter as 41 mm ini dikombinasi suspensi belakang tunggal alias monoshock yang juga punya fitur penyetelan.
Baca juga: Hadir di Jakarta, Hunter Motorcycles Boyong 6 Model, Harga Mulai Rp 80 Jutaan
Memang tidak selengkap suspensi depan karena hanya punya penyetelan preload dan rebound saja. Monoshock tanpa tabung miliknya menempel pada single side swing arm yang cukup keren dan membuat tampilan belakang Scrambler SK500 kece.
Masih di sektor kaki-kaki, fitur andalan lain dari Scrambler SK500 terletak pada kedua roda. Menggunakan lingkar roda 19 inci di depan dan 17 inci di belakang, serta pelek jari-jari tubeless berlabel Akront.
Kedua pelek tadi kemudian dibalut ban Pirelli Scorpion Rally STR ukuran 110/80-19 dan belakang 150/70-17. Dengan pattern dual purpose membuat Scrambler SK500 siap melahap jalur on road maupun light off road.
Untuk menghentikan lajunya, Scrambler SK500 berbekal pengereman ganda di depan. Pakai sepasang cakram semi-floating diameter 300 mm yang diapit oleh sepasang kaliper Nissin 2 piston.
Baca juga: 132 Moge Hunter Disiapkan Korlantas Polri Untuk Ujian SIM C1
Sedangkan rem belakang, pakai cakram tunggal 240 mm dengan sebuah kaliper Nissin 2 piston. Tidak hanya kaliper, kedua master remnya pun menggunakan Nissin yang punya respon rem cukup empuk dan pakem.
Fitur safety turut dipertimbangkan melalui penyematan ABS dual channel. Asyiknya, rem ABS motor ini bisa disetel dengan mudah. Penyetelannya pun variatif. Mulai dari aktif depan-belakang, depan saja atau non-aktif buat di kedua rodanya.
Agar bisa membawa pengendaranya berkendara jauh, Hunter Motorcycles menyematkan tangki bensin besar pada Scrambler SK500. Tercatat pada spesifikasi teknis, tangki bensinnya bisa menampung bensin hingga 20 liter.
Dibekali mesin 500 cc membuat Scrambler SK500 masuk di kategori motor besar di kelas menengah. Spesifikasi mesinnya 471 cc, DOHC 2 silinder segaris, 4 katup persilinder, pendingin cairan, 6 percepatan dan fuel injection.
Baca juga: Asyiknya Jalan Jauh Pakai Vespa, Tapi Bagian Ini Kudu Dicek Detail Ya!
Klaim tenaga maksimalnya 49,6 PS dengan torsi maksimal 44 Nm yang rasanya sudah cukup untuk penggunaan harian maupun turing. Karakter tenaganya sudah bisa dirasakan sejak putaran rendah.
Meski cukup berlimpah di RPM bawah, Scrambler SK500 masih tergolong nyaman untuk berkendara santai. Tidak ada sentakan berlebih dan vibrasi pun terasa minim. Hawa panas mesin juga masih pada tahap wajar karena hanya hangat saja di kaki.