Motor matic entry level tapi gak pasaran? Pilihannya ada Honda BeAT Street 2023. Model generasi kedua ini sendiri muncul pada tahun 2020 lalu, bersamaan dengan model Honda BeAT.
Disebut gak pasaran, karena populasinya relatif jarang terlihat, meski termasuk keluarga Honda BeAT. Tampilannya pun dibuat lebih macho dengan grafis bodi ala anak muda.
Sekarang ini PT Astra Honda Motor (AHM) melepas Honda BeAT Street dengan banderol Rp 18,650 juta on the road Jakarta. Yang patut diingat, motor ini belum ada teknologi ISS (Idling Stop System) ya.
Nah, kira-kira apa sih daya tarik dari motor ini?
Baca juga : Bukan Cuma Honda BeAT Street 2021, Ini Daftar Skutik Kecil Dengan Tampil Macho
Sosoknya memang masih mirip dengan Honda BeAT reguler, ya karena memang keduanya menggunakan basis yang sama. Namun dengan bentuk bodi yang relatif sama, Honda membuat skutik entry level yang digemari banyak orang ini menjadi lebih macho.
Honda menyematkan setang yang lebar tanpa terbungkus cover plastik. Kemudian untuk panel meter menggunakan full digital, dengan lampu latar berwarna biru, bukan lagi orange seperti model sebelumnya.
Honda BeAT Street 2023 dibangun menggunakan rangka terbaru Honda yang disebut eSAF (enhanched smart architecture frame). Rangka yang pertama kali digunakan untuk Honda Genio (Spesifikasi | Berita) itu, menjadi platform baru untuk skutik entry level Honda.
Rangka ini memiliki bahan yang berbeda, karena dibuat dari lembaran pelat baja yang dicetak dan dilas menggunakan laser. Membuatnya ringan, tapi juga kuat dan bisa membuat motor menjadi lebih stabil.
Dari data spesifikasi, beratnya cuma 89 kg saja. Tentunya bobot ringan tadi memudahkan bermanuver dikemacetan kota. Dan tak kalah penting, gampang digeser-geser saat di area parkir.
Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Skutik Murah Anti Mainstream, Cicilannya Hanya Rp 600 Ribuan Saja
Masih mengandalkan dapur pacu 109,5 cc sebagai tenaga penggeraknya, hanya saja dengan spesifikasi berbeda dengan karakter overstroke. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara dan injeksi PGM-FI khas Honda.
Tenaga yang mampu dihasilkan diangka 9 PS di 7.500 rpm, dengan torsi mencapai 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Karakter mesinnya memang dibuat kuat pada putaran rendah sehingga asyik untuk stop & go.
Cuma memang, untuk dipakai melaju cepat, nafas mesin tengah ke atas cenderung flat. Ya karakter motor-motor untuk perkotaan.
Yang tak kalah menarik adalah konsumsi bahan bakarnya yang lebih efisien dari generasi sebelumnya. Klaim pabrikan bisa mencapai 60,6 km/liter, dengan metode WMTC ISS aktif.
Tangkinya sendiri 4,2 liter nih, jadi dengan sekali isi full tank bisa melaju sejauh 250 km lebih! Wah, lumayan juga ya jaraknya?
Meski masuk kategori motor matic murah, namun fitur yang diberikan terhitung mumpuni lho. Ada lampu depan LED, panel meter full digital, rem Combi Brake System lalu Parking Brake Lock.
Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Pakai Mesin Baru, Konsumsi Bahan Bakar Tembus Segini
Masih kurang? Tenang, ada power outlet di bawah kunci kontak. Lalu kunci kontak berpengaman magnet, konsol depan, Side Stand Switch, hingga bagasi 12 liter untuk menampung barang bawaan.
Bisa dikatakan motor ini mengusung basis dari Honda BeAT CBS, namun menggunakan setang model telanjang, serta panel meter yang berbeda. Desain grafis atraktif membuatnya cocok untuk anak muda.
Dipadu efisiensi bahan bakar, bobotnya yang ringan serta harga terjangkau, tak salah jika Honda BeAT Street ini cocok untuk jadi kuda besi andalan sehari-hari.
Spesifikasi Honda BeAT Street 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.877 x 742 x 1.030 mm | |
Sumbu Roda | 1.251 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 740 mm | |
Jarak Terendah | 145 mm | |
Berat Isi | 89 kg | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, eSP | |
Kapasitas | 109,5 cc | |
Rasio kompresi | 10 : 1 | |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | |
Suplai Bahan Bakar | Injeksi PGM-FI | |
Transmisi | Otomatic CVT, V-Matic | |
Tenaga Maksimal | 9 PS @ 7.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 9,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Backbone, eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 80/90-14 | |
Ban Belakang | 90/90-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Sistem Rem | Combi brake system |