Gak Pasaran, Ini 5 Daya Tarik Honda BeAT Street 2023

Setang tanpa cover jadi pembeda.
  • Benefit persis dengan Honda BeAT reguler.
  • Konsumsi bensin irit.
  • Tampilan berkesan anak muda.

Motor matic entry level tapi gak pasaran? Pilihannya ada Honda BeAT Street 2023. Model generasi kedua ini sendiri muncul pada tahun 2020 lalu, bersamaan dengan model Honda BeAT.

Disebut gak pasaran, karena populasinya relatif jarang terlihat, meski termasuk keluarga Honda BeAT. Tampilannya pun dibuat lebih macho dengan grafis bodi ala anak muda.

Sekarang ini PT Astra Honda Motor (AHM) melepas Honda BeAT Street dengan banderol Rp 18,650 juta on the road Jakarta. Yang patut diingat, motor ini belum ada teknologi ISS (Idling Stop System) ya.

Nah, kira-kira apa sih daya tarik dari motor ini?

Baca juga : Bukan Cuma Honda BeAT Street 2021, Ini Daftar Skutik Kecil Dengan Tampil Macho

1. Desain Ala Anak Muda

Sosoknya memang masih mirip dengan Honda BeAT reguler, ya karena memang keduanya menggunakan basis yang sama. Namun dengan bentuk bodi yang relatif sama, Honda membuat skutik entry level yang digemari banyak orang ini menjadi lebih macho.

Punya tampilan atraktif.

Honda menyematkan setang yang lebar tanpa terbungkus cover plastik. Kemudian untuk panel meter menggunakan full digital, dengan lampu latar berwarna biru, bukan lagi orange seperti model sebelumnya.

2. Honda BeAT Street Punya Bobot Ringan

Honda BeAT Street 2023 dibangun menggunakan rangka terbaru Honda yang disebut eSAF (enhanched smart architecture frame). Rangka yang pertama kali digunakan untuk Honda Genio (Spesifikasi | Berita) itu, menjadi platform baru untuk skutik entry level Honda.

Rangka ini memiliki bahan yang berbeda, karena dibuat dari lembaran pelat baja yang dicetak dan dilas menggunakan laser. Membuatnya ringan, tapi juga kuat dan bisa membuat motor menjadi lebih stabil.

Rangka eSAF jadi andalan.

Dari data spesifikasi, beratnya cuma 89 kg saja. Tentunya bobot ringan tadi memudahkan bermanuver dikemacetan kota. Dan tak kalah penting, gampang digeser-geser saat di area parkir.

Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Skutik Murah Anti Mainstream, Cicilannya Hanya Rp 600 Ribuan Saja

3. Mesin eSP Generasi Baru

Masih mengandalkan dapur pacu 109,5 cc sebagai tenaga penggeraknya, hanya saja dengan spesifikasi berbeda dengan karakter overstroke. Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup pendingin udara dan injeksi PGM-FI khas Honda.

Tenaga yang mampu dihasilkan diangka 9 PS di 7.500 rpm, dengan torsi mencapai 9,3 Nm pada 5.500 rpm. Karakter mesinnya memang dibuat kuat pada putaran rendah sehingga asyik untuk stop & go.

Iritnya tak diragukan lagi.

Cuma memang, untuk dipakai melaju cepat, nafas mesin tengah ke atas cenderung flat. Ya karakter motor-motor untuk perkotaan.

4. Konsumsi Bensin Honda BeAT Street

Yang tak kalah menarik adalah konsumsi bahan bakarnya yang lebih efisien dari generasi sebelumnya. Klaim pabrikan bisa mencapai 60,6 km/liter, dengan metode WMTC ISS aktif. 

Tangkinya sendiri 4,2 liter nih, jadi dengan sekali isi full tank bisa melaju sejauh 250 km lebih! Wah, lumayan juga ya jaraknya?

5. Fitur Mumpuni

Spidometer digital dan lampu depan LED.

Meski masuk kategori motor matic murah, namun fitur yang diberikan terhitung mumpuni lho. Ada lampu depan LED, panel meter full digital, rem Combi Brake System lalu Parking Brake Lock.

Baca juga : Honda BeAT Street 2021 Pakai Mesin Baru, Konsumsi Bahan Bakar Tembus Segini

Masih kurang? Tenang, ada power outlet di bawah kunci kontak. Lalu kunci kontak berpengaman magnet, konsol depan, Side Stand Switch, hingga bagasi 12 liter untuk menampung barang bawaan.

Kesimpulan

Tak terlihat pasaran.

Bisa dikatakan motor ini mengusung basis dari Honda BeAT CBS, namun menggunakan setang model telanjang, serta panel meter yang berbeda. Desain grafis atraktif membuatnya cocok untuk anak muda.

Dipadu efisiensi bahan bakar, bobotnya yang ringan serta harga terjangkau, tak salah jika Honda BeAT Street ini cocok untuk jadi kuda besi andalan sehari-hari.

Spesifikasi Honda BeAT Street 2023
Dimensi
P x L x T 1.877 x 742 x 1.030 mm
Sumbu Roda 1.251 mm
Tinggi Tempat Duduk 740 mm
Jarak Terendah 145 mm
Berat Isi 89 kg
Kapasitas Tangki 4,2 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 2 katup, eSP
Kapasitas 109,5 cc
Rasio kompresi 10 : 1
Diameter x Langkah 47 x 63,1 mm
Suplai Bahan Bakar Injeksi PGM-FI
Transmisi Otomatic CVT, V-Matic
Tenaga Maksimal 9 PS @ 7.500 rpm
Torsi Maksimal 9,3 Nm @ 5.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Backbone, eSAF
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Tunggal
Ban Depan 80/90-14
Ban Belakang 90/90-14
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Tromol
Sistem Rem Combi brake system
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat Street
Lihat