Upgrade Yamaha WR 155 R Buat Ikut Enduro Cukup Upgrade Kaki-Kaki

Modifikasi Yamaha WR 155 R untuk enduro.
  • Pakai swing arm yang lebih ringan dan panjang.
  • Menentukan gir belakang yang cocok sesuai karakter sirkuit.

Belakangan ini para pemilik Yamaha WR 155 R memiliki aktivitas baru yang menyenangkan sesuai dengan konsep motornya, dengan adanya kegiatan SHELL bLU cRU Yamaha Enduro Challenge 2023.

Diadakan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) di beberapa kota yang memiliki jalur enduro menantang bagi para peserta.

Asyiknya agar tetap adil dan seru, Yamaha Enduro Challange 2023 memiliki tujuh kelas yang bisa dipilih para peserta.

Salah satu peserta yang mengikuti acara ini adalah Iman Muwardi yang berhasil menyabet juara 3 di kelas Yamaha WR 155 R Comm. A dengan modifikasi yang tidak terlalu banyak.

Apalagi di kelas ini memang mewajibkan spesifikasi mesin seperti pengapian dan kelistrikan para peserta dalam kondisi standar, dengan begitu peserta pun akan lebih ringan dalam soal biaya.

Kaki-Kaki Jadi Fokus Ubahan Yamaha WR 155 R

Karena sektor mesin tidak boleh banyak diotak-atik, jadi ubahan di sini hanya mengganti knalpot untuk memaksimalkan tenaga dari mesin standar.

Iman dengan tunggangan kesayangannya

Baca juga: Yamaha Grand Filano 2023 Bertenaga Buat Harian, Tapi Iritnya Tembus 50,7 Km/liter!

Ubahan selanjutnya ada di sektor kaki-kaki, karena kondisi lintasan yang tidak menentu maka perlu melakukan set up kaki-kaki yang tepat.

“Wajib ganti gir belakang yang lebih besar biar torsinya lebih kuat, karena kalau enduro buat ngejar torsi bukan untuk mencari top speed tinggi. Habis itu ganti juga yang lebih tebal, pakai 520 biar lebih kuat.”

Pakai ban dengan pattern yang lebih kasar

“Gak lupa pasang chain adjuster di swing arm, tujuannya untuk meminimalisir rantai lepas saat di lintasan. Karena kalau sampai lepas pasti makan waktu untuk recoverynya,” sebut Iman.

Ubahan berikutnya tentu saja mengganti ban dengan pattern big block atau yang memiliki pattern lebih kasar dibandingkan ban orisinal, tujuannya tentu saja agar memiliki cengkraman lebih baik di jalur off road.

Knalpot freeflow untuk maksimalkan tenaga mesin standar

Baca juga: Yamaha Grand Filano 2023 Dijual Rp 27 Jutaan, Ini Dia Kompetitornya

Iman pun menggunakan karet bundar berlabel Dunlop DGX-01F ukuran 80/100-21 untuk depan dan Dunlop DGX-01 ukuran 110/90-18 belakang yang membalut pelek berlabur biru senada bodi.

“Kalau suspensi standar aja, karena udah mumpuni cukup buat enduro. Swing arm ganti pakai B’Pro berbahan aluminium, tujuannya biar lebih ringan ya karena Yamaha WR 155 R termasuk berat di kelasnya.”

Kombinasi gir besar, swing arm yang lebih panjang, dan chain adjuster jadi perangkat penting

“Udah gitu dimensinya juga lebih panjang dibanding swing arm orisinal, jadi Ini cukup pengaruh buat melewati jalur tanjakan, jadinya motor gak gampang backflip saat nanjak,” tambahnya.

Tambah Perlindungan

Karena medan ketika enduro sangat beragam, maka tidak jarang motor akan terjatuh di jalur. Untuk itu perlu penambahan beberapa perangkat untuk melindungi komponen rusak saat terjatuh.

Wajib pakai setang aluminium yang lebih kuat

Baca juga: Cuma Belasan Juta, Ini 3 Hal Menarik Yamaha Aerox 155 VVA Bekas

“Seperti setang ini jadi andalan saya, jadi gonta-ganti motor pasti setangnya tetap ini. Karena kuat banget, bahkan saat udah bengkok dia bisa lurus lagi dengan sendirinya. Soalnya repot kalau setang bengkok di jalur.”

“Habis itu handle rem pakai model lipat, tujuannya biar gak patah saat motor jatuh. Karena kalau sampai patah jadi susah bawa motornya, bisa-bisa gagal finish,” tunjuk anggota dari Yamaha WR 155 R Owners Indonesia chapter Bandung ini.

Radiator guard untuk menjaga radiator dari benturan

Pelindung lainnya ada pada radiator, ditambahkan besi penguat agar radiator tidak langsung kena hantaman batu atau tanah ketika motor jatuh, pasalnya kalau sampai radiator penyok bahkan bocor makan mesin akan overheat.

Engine guard harus kuat menjaga benturan agar mesin tidak rusak

Terakhir ada pelindung untuk mesin atau crankcase sisi bawah, Iman menyarankan pakai engine guard ini yang berbahan aluminium tebal, karena kalau pakai engine guard berbahan plastik ada kemungkinan pecah ketika menghantam batu atau pohon.

Minim kan ubahannya?

Spesifikasi Modifikasi Yamaha WR 155 R
Knalpot Radamel Racing
Swing arm B’Pro
Gir belakang ROZ 520
Setang Renthal
Handgrip Fuzion
Handle rem & kopling Expedition
Ban depan Dunlop DGX-01F 80/100-21
Ban belakang Dunlop DGX-01 110/90-18
Radiator guard Aftermarket
Chain adjuster Aftermarket
Engine guard Custom
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha WR155 R
Lihat