Dikenalkan akhir tahun 2022 lalu pada gelaran IMOS 2022, Yamaha XMax Connected (Spesifikasi | Berita) 2023 jadi produk yang banyak direspon positif.
Pemesannya langsung membludak, bahkan sampai kini peminatnya harus rela menunggu untuk bisa mendapatkan unit idamannya.
Buat kalian yang sedang menimbang-nimbang motor ini, harus tahu dulu plus-minusnya, agar bisa tahu lebih dulu seperti apa sosok motor ini.
Jangan sampai sudah keluar uang Rp 66 juta ehh malah kecewa! Nah apa saja plus-minus motor ini, ulasan lengkapnya ada di bawah!
Melihat sosoknya nampak lebih fresh berkat desain yang total baru, ini bisa dilihat dari berbagai sisi, gak ada sisa desain lamanya.
Kesan X semakin dipertegas pada tampak mukanya. Lampu lebih agresif dengan LED DRL yang berada di bawahnya. Lampu sein pun pindah ke bagian atas.
Windshield tinggi masih bertahan dengan sediti perubahan shape. Asyiknya bodi belakang kini lebih ramping, tak menonjol seperti pendahulunya.
Baca juga : Karakter Mesin Yamaha XMax Connected, Tenaga Merata Enteng Libas Tanjakan
Lampu belakang pun dibuat lebih tipis, meski banyak yang bilang malah jadi mirip Yamaha NMax (Spesifikasi | Berita).
Nah, kini semua lampu-lampu motor ini sudah LED termasuk lampu sein. Kecuali lampu pelat nomor belakang ya, ternyata masih bohlam tuh!
Asyiknya dengan perubahan tersebut, harga yang ditawarkan masih oke nih, karena cumanaik tipis, Rp 3,46 juta saja tapi dapat model baru.
Perubahan yang didapat termasuk banyak, desain bodi, fitur navigasi dan sebagainya. Jadi rasanya worth to buy nih motor.
Peninggalan fitur dari model lamanya masih tetap ada, seperti windshield dan setang yang bisa diseting, meski secara manual.
Kemudian bagasi besar, keyless system, traction control, rem cakram dengan ABS dikedua roda, sampai konsol depan dengan power outlet.
Nah tambahan pada model barunya ada sistem navigasi Garmin Street Cross, Y-Connect yang pakai bluetooth, jadi gak perlu masukin nomor rangka lagi.
Dan tak ketinggalan layar panel meter ganda dengan ukuran lumayan besar dan mudah terbaca, yang mampu menampilkan beragam informasi dan status motor.
Baca juga : Jajal Fitur Navigasi Yamaha XMax Connected 2023, Beneran Canggih dan Fungsional?
Meski mesin tak ada perubahan, namun yang kami rasakan saat mencobanya, karakternya sedikit berubah.
Di mana mesin pada model baru ini nafasnya terasa lebih panjang, dengan top speed lebih dari 130 km/jam.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC, 4 katup, pendingin cairan, berkapasitas 250 cc dan berteknologi Blue Core.
Ukuran pistonnya 70 mm dengan stroke 64,9 mm, sehingga kapasitas mesin murninya diangka 249,8 cc.
Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 22,8 PS padap utaran 7.000 rpm, dengan torsi maksimal menyentuh 24,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.
Efisiensinya lumayan, untuk dalam kota diangka 31 km/liter dan luar kota bisa mencapai 33-34 km/liter menggunakan bahan bakar oktan 92.
Yang sudah punya model lama, pastinya bakal merasa beda saat berkendara pakai model baru Yamaha XMax (Spesifikasi | Berita) Connected.
Lebih lincah untuk bermanuver, nikung lebih nurut dan pengereman pun lebih pakem juga empuk!
Ini karena ada perubahan sudut rake setang, yang dibuat lebih tegak, sehingga memberi efek pada kelincahan motor.
Kemudian karakter suspensi dibuat lebih keras, sehingga redaman lebih firm dan motor lebih stabil saat menikung.
Pengereman khususnya depan lebih mengigit dan empuk, karena ada perubahan sudut dan panjang handle remnya.
Buat rider berpostur 172 cm, menaiki motor ini masih relatif nyaman, meski kaki harus sedikit jinjit.
Padahal shape ujung jok sudah dibuat lebih tirus, bahkan sampai mempengaruhi bentuk dan kapasitas bagasinya.
Tapi enaknya jok lebar dan lega, untuk pembonceng pun tak dianak tirikan karena masih sama-sama lega dan lebar.
Posisi setang standar dirasa terlalu maju, sehingga tangan hampir lurus. Enaknya posisi setang dibuat mundur agar lebih nyaman dan tangan lebih rileks.
Pijakan kaki terasa lapang dengan dek yang panjang, juga memiliki area untuk rileks dengan selonjoran.
Nah, ini yang agak berbeda dari motor Yamaha lain yang rata-rata joknya dibuat empuk, busa jok Yamaha XMax Connected ini agak lebih keras.
Alhasil dipakai berkendara agak lama, akan membuat bokong terasa panas dan kurang nyaman. Ini kami rasakan saat touring pakai motor ini.
Baca juga : First Ride Yamaha XMax Connected 2023, Tak Berubah Banyak?
Solusinya bisa mengganti busa jok dengan bahan yang lebih empuk seperti latex, yang dikombinasi busa bawaan supaya tidak terlalu ambles saat diduduki.
Salah satu peninggalan yang membuat masih terasa ada hawa model lawasnya adalah pada peleknya yang belum ganti.
Desain pelek ini terhitung masih sedap dipandang mata, tapi kalau bodi sudah total baru, baiknya pelek juga baru.
Selain supaya konsumen lebih puas, juga tampilan motor lebih eksklusif karena secara tampilan benar-benar baru, sampai bagian peleknya.
Baca juga : Uji Ketangguhan Yamaha XMax Connected di Ranah Minang, Eksotis! Part 1
Meski jantung pacunya masih mumpuni, area mesin motor ini tak ada perubahan spesifikasi, kecuali pemindahan sensor O2 yang kini dileher knalpot.
Jangan harap ada fitur VVA seperti model Maxi Yamaha di bawahnya, jangan pula berharap ada SMG yang membuat starter motor lebih halus.
Secara spesifikasi lampu depan motor ini masih sama, meski desainnya benar-benar baru.
Kedua titik LED untuk lampu dekatnya memiliki daya 12 volt dan 6,2 watt, yang berbeda justru ada pada lampu jauh.
Yamaha XMax generasi pertama punya spesifikasi LED untuk lampu jauh 12 volt dan 8,8 watt sedangkan generasi baru ini 12 volt dan 7,4 watt.
Ini karena lampu jauh generasi pertama hanya 1 di tengah dan generasi terbaru pakai 2 buah titik LED.
Karenanya secara impresi lampu utamanya tidak banyak perubahan. Tetap punya pancaran cahaya yang lebar, berwarna putih, namun terasa kurang tebal.
Jadi kurang terasa terang ketika kondisi hujan atau kabut, dan baiknya pasang lampu tembak tambahan deh ya!
Baca juga : Uji Ketangguhan Yamaha XMax Connected di Ranah Minang, Irit Banget! Part 2
Di balik plus-minusnya, motor ini tetap menyuguhkan kelengkapan yang mumpuni. Navigasi Garmin, Y-Connect dan fitur penunjang lain seperti bagasi luas.
Harganya pun paling kompetitif dilihat dari kompetitor dan juga kelengkapan yang dibawanya.
Gak heran kalau motor ini bisa laris untuk sebuah matic 250 cc.
Yamaha XMax 250 Connected 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.180 x 795 x 1.460 mm | |
Sumbu Roda | 1.540 mm | |
Tinggi Jok | 795 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Berat Isi | 181 kg | |
Kapasitas Tangki | 13 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan | |
Diameter x Langkah | 70 x 64,9 mm | |
Kapasitas Mesin | 249,8 cc | |
Rasio Kompresi | 10,5 : 1 | |
Tenaga | 22,8 PS @ 7.000 rpm | |
Torsi | 24,3 Nm @ 5.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis, CVT | |
Rangka dan Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Sok Depan | Teleskopik | |
Sok Belakang | Ganda | |
Rem Depan | Cakram, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Ban Depan | 120/70-15 | |
Ban Belakang | 140/70-14 |