Plus-Minus Yamaha XMax Connected 2023, Cek Dulu Sebelum Beli!

Dijual Rp 66 juta on the road Jakarta.
  • Desain baru lebih menarik.
  • Handling lebih lincah.
  • Andalkan mesin lama.

Dikenalkan akhir tahun 2022 lalu pada gelaran IMOS 2022, Yamaha XMax Connected (Spesifikasi | Berita) 2023 jadi produk yang banyak direspon positif.

Pemesannya langsung membludak, bahkan sampai kini peminatnya harus rela menunggu untuk bisa mendapatkan unit idamannya.

Buat kalian yang sedang menimbang-nimbang motor ini, harus tahu dulu plus-minusnya, agar bisa tahu lebih dulu seperti apa sosok motor ini.

Jangan sampai sudah keluar uang Rp 66 juta ehh malah kecewa! Nah apa saja plus-minus motor ini, ulasan lengkapnya ada di bawah!

Sisi Plus Yamaha XMax Connected 2023

1. Desain Berubah Total

Melihat sosoknya nampak lebih fresh berkat desain yang total baru, ini bisa dilihat dari berbagai sisi, gak ada sisa desain lamanya.

Kesan X semakin dipertegas pada tampak mukanya. Lampu lebih agresif dengan LED DRL yang berada di bawahnya. Lampu sein pun pindah ke bagian atas.

Windshield tinggi masih bertahan dengan sediti perubahan shape. Asyiknya bodi belakang kini lebih ramping, tak menonjol seperti pendahulunya.

Baca juga : Karakter Mesin Yamaha XMax Connected, Tenaga Merata Enteng Libas Tanjakan

Tampak depan pertegas huruf X.

Lampu belakang pun dibuat lebih tipis, meski banyak yang bilang malah jadi mirip Yamaha NMax (Spesifikasi | Berita)

Nah, kini semua lampu-lampu motor ini sudah LED termasuk lampu sein. Kecuali lampu pelat nomor belakang ya, ternyata masih bohlam tuh!

2. Harga Yamaha XMax Connected 2023 Cuma Naik Tipis

Asyiknya dengan perubahan tersebut, harga yang ditawarkan masih oke nih, karena cumanaik tipis, Rp 3,46 juta saja tapi dapat model baru.

Perubahan yang didapat termasuk banyak, desain bodi, fitur navigasi dan sebagainya. Jadi rasanya worth to buy nih motor.

Bagasi lega.

3. Punya Banyak Fitur Andalan

Peninggalan fitur dari model lamanya masih tetap ada, seperti windshield dan setang yang bisa diseting, meski secara manual.

Kemudian bagasi besar, keyless system, traction control, rem cakram dengan ABS dikedua roda, sampai konsol depan dengan power outlet.

Nah tambahan pada model barunya ada sistem navigasi Garmin Street Cross, Y-Connect yang pakai bluetooth, jadi gak perlu masukin nomor rangka lagi.

Dan tak ketinggalan layar panel meter ganda dengan ukuran lumayan besar dan mudah terbaca, yang mampu menampilkan beragam informasi dan status motor.

Baca juga : Jajal Fitur Navigasi Yamaha XMax Connected 2023, Beneran Canggih dan Fungsional?

Navigasi Garmin Street Cross.

4. Mesin Yamaha XMax Connected 2023 Halus

Meski mesin tak ada perubahan, namun yang kami rasakan saat mencobanya, karakternya sedikit berubah.

Di mana mesin pada model baru ini nafasnya terasa lebih panjang, dengan top speed lebih dari 130 km/jam.

Spesifikasinya 4-tak, SOHC, 4 katup, pendingin cairan, berkapasitas 250 cc dan berteknologi Blue Core.

Ukuran pistonnya 70 mm dengan stroke 64,9 mm, sehingga kapasitas mesin murninya diangka 249,8 cc.

Mesin lama masih dipertahankan.

Tenaga yang mampu dihasilkan mencapai 22,8 PS padap utaran 7.000 rpm, dengan torsi maksimal menyentuh 24,3 Nm pada putaran 5.500 rpm.

Efisiensinya lumayan, untuk dalam kota diangka 31 km/liter dan luar kota bisa mencapai 33-34 km/liter menggunakan bahan bakar oktan 92.

5. Handling Lebih Menyenangkan

Yang sudah punya model lama, pastinya bakal merasa beda saat berkendara pakai model baru Yamaha XMax (Spesifikasi | Berita) Connected.

Lebih lincah untuk bermanuver, nikung lebih nurut dan pengereman pun lebih pakem juga empuk!

Ini karena ada perubahan sudut rake setang, yang dibuat lebih tegak, sehingga memberi efek pada kelincahan motor.

Handling lebih lincah.

Kemudian karakter suspensi dibuat lebih keras, sehingga redaman lebih firm dan motor lebih stabil saat menikung.

Pengereman khususnya depan lebih mengigit dan empuk, karena ada perubahan sudut dan panjang handle remnya.

6. Posisi Duduk Yamaha XMax Connected 2023

Buat rider berpostur 172 cm, menaiki motor ini masih relatif nyaman, meski kaki harus sedikit jinjit.

Padahal shape ujung jok sudah dibuat lebih tirus, bahkan sampai mempengaruhi bentuk dan kapasitas bagasinya.

Tapi enaknya jok lebar dan lega, untuk pembonceng pun tak dianak tirikan karena masih sama-sama lega dan lebar.

Posisi duduk nyaman.

Posisi setang standar dirasa terlalu maju, sehingga tangan hampir lurus. Enaknya posisi setang dibuat mundur agar lebih nyaman dan tangan lebih rileks.

Pijakan kaki terasa lapang dengan dek yang panjang, juga memiliki area untuk rileks dengan selonjoran.

Sisi Minus Yamaha XMax Connected 2023

1. Busa Jok Keras

Nah, ini yang agak berbeda dari motor Yamaha lain yang rata-rata joknya dibuat empuk, busa jok Yamaha XMax Connected ini agak lebih keras.

Alhasil dipakai berkendara agak lama, akan membuat bokong terasa panas dan kurang nyaman. Ini kami rasakan saat touring pakai motor ini.

Baca juga : First Ride Yamaha XMax Connected 2023, Tak Berubah Banyak?

Jok lebar tapi busanya agak keras.

Solusinya bisa mengganti busa jok dengan bahan yang lebih empuk seperti latex, yang dikombinasi busa bawaan supaya tidak terlalu ambles saat diduduki.

2. Desain Pelek Yamaha XMax Connected

Salah satu peninggalan yang membuat masih terasa ada hawa model lawasnya adalah pada peleknya yang belum ganti.

Desain pelek ini terhitung masih sedap dipandang mata, tapi kalau bodi sudah total baru, baiknya pelek juga baru.

Selain supaya konsumen lebih puas, juga tampilan motor lebih eksklusif karena secara tampilan benar-benar baru, sampai bagian peleknya.

Baca juga : Uji Ketangguhan Yamaha XMax Connected di Ranah Minang, Eksotis! Part 1

3. Mesin Tak Ada Upgrade

Meski jantung pacunya masih mumpuni, area mesin motor ini tak ada perubahan spesifikasi, kecuali pemindahan sensor O2 yang kini dileher knalpot.

Jangan harap ada fitur VVA seperti model Maxi Yamaha di bawahnya, jangan pula berharap ada SMG yang membuat starter motor lebih halus.

4. Nyala Lampu

Secara spesifikasi lampu depan motor ini masih sama, meski desainnya benar-benar baru.

Kedua titik LED untuk lampu dekatnya memiliki daya 12 volt dan 6,2 watt, yang berbeda justru ada pada lampu jauh.

Yamaha XMax generasi pertama punya spesifikasi LED untuk lampu jauh 12 volt dan 8,8 watt sedangkan generasi baru ini 12 volt dan 7,4 watt. 

Lampu depan kurang terang.

Ini karena lampu jauh generasi pertama hanya 1 di tengah dan generasi terbaru pakai 2 buah titik LED.

Karenanya secara impresi lampu utamanya tidak banyak perubahan. Tetap punya pancaran cahaya yang lebar, berwarna putih, namun terasa kurang tebal. 

Jadi kurang terasa terang ketika kondisi hujan atau kabut, dan baiknya pasang lampu tembak tambahan deh ya!

Baca juga : Uji Ketangguhan Yamaha XMax Connected di Ranah Minang, Irit Banget! Part 2

Kesimpulan

Di balik plus-minusnya, motor ini tetap menyuguhkan kelengkapan yang mumpuni. Navigasi Garmin, Y-Connect dan fitur penunjang lain seperti bagasi luas.

Harganya pun paling kompetitif dilihat dari kompetitor dan juga kelengkapan yang dibawanya. 

Gak heran kalau motor ini bisa laris untuk sebuah matic 250 cc.

Harga paling kompetitif.
Yamaha XMax 250 Connected 2023
Dimensi
P x L x T 2.180 x 795 x 1.460 mm
Sumbu Roda 1.540 mm
Tinggi Jok 795 mm
Jarak Terendah 135 mm
Berat Isi 181 kg
Kapasitas Tangki 13 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah 70 x 64,9 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 10,5 : 1
Tenaga  22,8 PS @ 7.000 rpm
Torsi 24,3 Nm @ 5.500 rpm
Transmisi Otomatis, CVT
Rangka dan Kaki-Kaki
Tipe Rangka Underbone
Sok Depan Teleskopik
Sok Belakang Ganda
Rem Depan Cakram, ABS
Rem Belakang Cakram, ABS
Ban Depan 120/70-15
Ban Belakang 140/70-14
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor