Selain motor matic entry level, terkadang kerap terlihat ojek online (ojol) yang menggunakan matic premium macam Yamaha NMax.
Meski populasinya tak sebanyak ojol yang mengandalkan Honda BeAT, namun motor ini kerap jadi incaran penumpang.
Alasannya jelas lebih nyaman untuk pembonceng, terlebih bagi mereka yang punya badan tinggi dan agak besar.
Baca juga : Honda PCX 150 Pas Buat Narik Ojek Online, Harga Bekas Setara Vario 125!
Apalagi kini Gojek juga punya layanan baru bernama GoRide Comfort, yang memungkinkan penumpang mendapatkan unit motor matic gambot ini.
Dengan usia minimal unit tahun 2017, maka Yamaha NMax Old alias generasi pertama, yang sudah diproduksi sejak tahun 2015.
Apalagi ada sejumlah keunggulan yang jadi daya tarik motor ini, apa saja kira-kira?
Tak bisa dipungkiri, soal performa Yamaha NMax model lawas terasa lebih bertenaga dibandingkan model barunya.
Respon mesin pada putaran bawah lebih sigap, sehingga cocok untuk perkotaan dan membawa boncenger.
Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan dengan kubikasi 155 cc.
Tenaga maksimal mencapai 15 PS di 8.000 rpm serta torsi sebesar 14,4 Nm di 6.000 rpm.
Soal konsumsi bahan bakar masih terhitung irit, untuk penggunaan dalam kota bermain direntang 36-42 km/liter, dengan kapasitas tangki 6,6 liter.
Ukuran yang masuk kategori matic gambot, membuat penumpang dengan badan besar akan merasa lebih nyaman duduk sebagai pembonceng.
Permukaan jok luas dan terasa empuk, ya meski bodi belakang dianggap lebar, tapi hal itu bukan masalah besar.
Baca juga : Selain Irit, Ini Alasan Honda BeAT 2023 Banyak Dipakai Untuk Ojek Online
Yamaha NMax old punya ukuran 1.955 x 740 x 1.115 mm, dengan sumbu roda 1.350 mm dan jarak terendah 135 mm.
Kemudian karakter suspensi yang kerap disebut keras, justru akan terasa pas ketika dipakai berboncengan, jadi ikut menambah kenyamanan.
Meski jarang sekali penumpang ojol yang membawa barang berlebih, namun kehadiran bagasi pada motor ini akan membantu.
Bagasinya bisa memuat sebuah helm dan juga barang lainnya, seperti jas hujan dan barang bawaan penumpang yang ukurannya tak terlalu besar.
Atau juga bisa dimanfaatkan untuk tempat menyimpan helm dan jas hujan kedua yang disiapkan untuk penumpang.
Selain bagasi, juga tersedia konsol depan terbuka yang bisa menampung botol minum ukuran sedang.
Baca juga : Jangan Tergiur Harga Murah, Kenali Ciri Motor Bekas Ojek Online
Yang menarik harga bekas dari motor ini terhitung sudah terjangkau, bahkan mulai dari belasan juta saja.
Misalnya keluaran 2017 yang bermain diangka Rp 17 jutaan sampai 19 jutaan. Lalu unit 2018 direntang Rp 19 jutaan sampai 21 jutaan.
Kalau mau tahun produksi terakhir bisa lirik tahun 2019 dengan range harga yang lebih tinggi, diangka Rp 20 jutaan hingga Rp 23 jutaan.
Dengan banyaknya populasi pengguna Yamaha NMax old, maka model ini sudah terbukti handal untuk kebutuhan harian, touring atau armada ojol.
Kemudian selain bengkel resmi, sudah banyak bengkel umum yang piawai menghandle motor matic 155 cc tersebut.
Pun soal suku cadang, tak hanya part orisinil namun opsi part aftermarket sudah banyak tersedia dengan rentang harga beragam.