Seperti diketahui, motor listrik Yamaha E01 saat ini masih dalam tahap uji coba. Sehingga meski motor ini sudah dikenalkan sejak tahun lalu tapi belum ada peluncuran resmi ke publik.
Pengetesan Yamaha E01 dilakukan di empat kota di Indonesia, diantaranya Jakarta, Medan, Bandung dan Bali.
"Dalam tahap uji coba kali ini, prototipe motor listrik Yamaha E01 sudah dicoba oleh ribuan orang di 4 kota Indonesia," ucap Dyonisius Beti, President Director & CEO PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).
Pengujian tersebut masuk dalam kampanye global motor listrik mereka yang bertajuk Proof of Concept Yamaha E01.
Selain Indonesia, proses pengetesan motor listrik Yamaha ini juga dilakukan secara serentak di 20 negara. Seperti di kawasan Eropa, Malaysia, Jepang, Taiwan dan Thailand.
Khusus di Indonesia, ada beberapa catatan yang didapat oleh Yamaha untuk memastikan produk tersebut cocok di sini. Seperti apa?
Baca Juga: Kerap Disebut NMax Listrik, Nyatanya Yamaha E01 Nggak Masuk Keluarga Maxi Series
Dyonisius menyebut jika Indonesia luas dan memiliki banyak medan. Seperti banyaknya tanjakan. Hal ini sedikit berbeda dari lokasi pengujian di negara lain yang relatif datar.
Menurutnya kebutuhan pertama motor listrik di Indonesia, yakni harus sanggup melewati tanjakan.
Ini diperlukan untuk memenuhi kebutuhan di wilayah pegunungan atau perbukitan.
"Medan di Indonesia berbeda-beda. Ini yang banyak belum teruji pada produk-produk (motor listrik) yang ada di pasar Indonesia. Motor listrik di sini harus kuat melewati tanjakan," paparnya.
Baca Juga: Kenapa Harga Motor Listrik Yamaha E01 Belum Diumumkan?
Faktor lainnya yang menjadi kualifikasi motor listrik yang beredar di Indonesia adalah tangguh dalam melewati banjir.
"Banjir juga rawan di sini. Memang di negara lain pun ada, namun karakter penggunanya beda," kata Dyonisius.
Menurutnya pengguna motor listrik diluar negeri mungkin akan putar balik begitu melihat banjir. "Kalau konsumen di sini banjir dilawan, jadi motor harus bisa menerobos banjir," paparnya.
Yamaha E01 dikenalkan pertama kali untuk publik Indonesia di ajang IIMS 2022 lalu. Sosoknya tampil futuristik tanpa mengacu produk yang sudah ada sebelumnya.
Sehingga soal desain dan dimensi, pihak Yamaha sudah optimis mengenai sosok Yamaha E01 futuristik. Selain itu, dimensinya pun mirip keluarga matic Maxi Yamaha, khususnya NMax.
Seperti dilihat dari tinggi jok yang sama-sama 755 mm. Lalu panjang Yamaha E01 yang 1.930 mm hanya 5 mm lebih pendek dari NMax.
Volume bagasi keduanya sama yakni 23 liter. Namun di Yamaha E01, bagasi tersebut juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan baterai.
Keluaran tenaga Yamaha E01 diklaim mirip dengan motor matic 125 cc. Dalam sekali pengecasan penuh daya jelajah Yamaha E01 diklaim mencapai 130 km.
Tinggal tunggu meluncur deh...