Ketahui Lebih Lengkap Terkait Honda BeaT Street, Motornya Anak Muda

Honda BeAT Street menjadi salah satu andalan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menggarap pasar motor matik entry level di Indonesia.

Motor ini sendiri meluncur untuk pertama kalinya pada tahun 2016. Kehadiran Honda BeAT Street kala itu untuk bersaing dengan Yamaha X-Ride, yang sudah dirilis lebih dulu dengan bergaya adventure.

Saat ini Honda BeAT Street yang dijual sudah model baru yang dikenalkan awal 2020 ini. Model barunya ini meluncur bersamaan dengan Honda BeAT.

Saat ini harga jual Honda BeAT Street diangka Rp 17,150 juta, dan hadir dalam satu varian saja yakni CBS (Combi Brake System).

Tampilan

Sejatinya Honda BeAT Street adalah versi lain dari Honda BeAT karena memiliki tampilan yang sama persis, perbedaan utama hanya pada area setang kemudi saja.

Pada model terbaru, desain Honda BeAT Street berubah total meski tetap mengusung gaya sporty dan keren, sesuai target pasarnya yakni anak muda.

Terkait desain, rasanya seperti pabrikan tidak mau repot melakukan riset khusus untuk motor ini, sehingga menggunakan basis dari Honda BeAT yang sudah terbukti laris diterima masyarakat.

Ukurannya terbilang ringkas dengan panjang 1.877 mm, lebar 742 mm dan tinggi 1.030 mm. Tinggi tempat duduk bahkan hanya 740 mm dan sumbu roda 1.256 mm.

Berat basah motor ini tidak sampai 100 kg, tepatnya 89 kg saja. Ini tergolong ringan dan memudahkan pengendalian untuk anak muda yang jadi target konsumen Honda BeAT Street.

Garis bodi tegas dan sporty, terlebih bentuk lampu utamanya juga semakin tipis. Desain seperti ini memang disukai banyak orang Indonesia.

AHM berani menyematkan teknologi lampu depan LED untuk motor buatannya itu. Meski lampu seinnya sendiri masih pakai bohlam.

Penggunaan setang model telanjang dengan ukuran yang cukup lebar, jadi pembeda paling signifikan dari model Honda BeAT. Area setang semakin menarik karena terdapat panel instrumen yang sudah digital.

Bergeser ke bawah setang, ada rumah kunci kontak dengan model pengaman magnet, yang menjamin keamanan motor saat diparkir di tempat umum.

Untuk membuka jok kini tidak perlu repot, karena sudah terintegrasi dengan rumah kunci kontak, sehingga lebih praktis dalam penggunaan.

Kemudian di bawahnya terdapat konsol penyimpanan untuk membawa barang-barang kecil atau menyimpan sebuah botol air mineral ukuran sedang. Jika dirasa kurang, ada gantungan barang tepat di bagian tengahnya.

Seperti halnya Honda BeAT, Honda BeAT Street juga memiliki dek yang rata. Di dalam dek juga terdapat lokasi baterai sehingga membuat dek motor ini jadi lebih tebal.

Bodi belakang Honda BeAT Street memiliki lekukan garis yang tegas, dengan striping bodi yang keren dan memberikan kesan atraktif.

Ujung buritan motor punya lekuk tajam. Di bagian ini juga terdapat behel yang dilapis karet, agar lebih nyaman saat digenggam.

Jika penerangan utama sudah pakai teknologi lampu LED, maka untuk lampu belakang Honda BeAT Street ini masih mengandalkan bohlam biasa, baik untuk lampu kota, lampu rem dan lampu sein.

Honda memberikan jok berukuran cukup besar, sehingga penggunanya akan merasa nyaman baik saat berkendara sendiri atau berboncengan.

Untuk pilihan warna, Honda BeAT Street punya tiga pilihan warna menarik seperti Street Black, Street Silver dan Street Silver Black.

Teknologi

Meski masuk kategori skuter matik entry level, Honda BeAT Street generasi kedua ini memiliki sejumlah teknologi modern.

Panel instrumen sudah digital dengan informasi penunjuk kecepatan, fuel meter, odometer, serta indikator eco.

Di balik joknya terdapat ruang penyimpanan berkapasitas 12 liter, yang lebih dari cukup untuk membawa barang saat berkendara.

Motor ini dibangun menggunakan rangka terbaru Honda yang disebut dengan eSAF (Enhanced Smart Architecture Frame).

Rangka ini dibuat menggunakan teknologi press serta laser welding. Rangka eSAF diklaim punya bobot lebih ringan sekitar delapan persen, dibandingkan rangka baja yang digunakan pada model sebelumnya.

Rangka eSAF juga diklaim memiliki daya tahan yang lebih baik, mampu meningkatkan kapasitas bagasi dan tangki bahan bakar, serta memberi efek efisiensi bahan bakar.

Struktur rangka eSAF ini pertama kali digunakan pada Honda Genio, alhasil selain rangka, bagian kaki-kaki Honda BeAT Street sama persis dengan Honda Genio.

Suspensi depan teleskopik memegang pelek palang delapan yang berbalut ban berukuran 80/90-14 yang sudah tubeless. Rem cakram dipercaya mengawal gerak roda depan.

Sementara suspensi belakang menggunakan peredam kejut tunggal, dengan desain pelek yang sama dengan pelek depan, namun berbalut ban berukuran 90/90-14.

Lain halnya dengan rem depan yang sudah pakai cakram, untuk membantu menghentikan perputaran roda belakang, Honda cukup memasangkan rem model tromol.

Sistem pengereman Honda BeAT Street sendiri sudah menggunakan teknologi CBS (Combi Brake System) yang akan membagi porsi pengereman 60 : 40 antara rem depan dan belakang.

Performa

Mesin Honda BeAT Street benar-benar baru, dengan konfigurasi silinder tunggal, SOHC, dua katup dengan pendingin udara. Pasokan bahan bakar sudah injeksi PGM-FI.

Kubikasi mesinnya 109,5 cc, berkat paduan langkah piston 63,1 mm dan diameter piston yang hanya 47 mm.

Tenaganya mencapai 8,8 Hp pada putaran 7.500 rpm, dengan torsi tertinggi diangka 9,3 Nm yang bisa dicapai diputaran 5.500 rpm.

Dilihat dari spesifikasinya, mesin ini berkarakter overstroke untuk mendapatkan respon mesin lebih baik pada putaran bawah sampai menengah, serta untuk menghemat konsumsi bahan bakar.

Mesin dengan teknologi eSP (Enhanced Smart Power) ini diklaim Honda mampu menempuh jarak sampai 60,6 km/liter.

Proses menghidupkan mesin pun sudah halus berkat hadirnya teknologi ACG (Alternating Current Generator) Starter, yang sudah jadi teknologi andalan Honda pada produk skuter matiknya.

 

Oops... Something broke.
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda Beat Street
Lihat