Di zaman yang terus berkembang ini membuat ban bukan lagi sekadar menjadi perangkat standar, tapi ban juga sudah menjadi bagian dari konsep modifikasi yang diusung pemiliknya.
Pasalnya saat ini banyak sekali pilihan ban di pasaran, sehingga bisa menyamakan konsep modifikasi yang dianut seperti modifikasi sporty, klasik, flat tracker, touring, dan masih banyak lagi.
Karena banyaknya pilihan ban di pasaran, tentu membuat pemilihan ban jadi tidak boleh sembarang, salah satunya perlu memahami cara membaca kode ban yang ada pada dinding ban.
Paling utama tentu saja membaca ukuran ban yang dibutuhkan, bisa langsung membaca kode angka pada dinding ban, misal berukuran 90/80-14.
Baca juga: Ban IRC MBR 110 Unjuk Gigi di Yamaha Sunday Race 2023
Angka 90 atau angka paling depan menunjukkan lebar tapak ban dalam satuan milimeter, dengan begitu ban tersebut punya lebar tapak 90 mm.
Lalu 2 angka berikutnya setelah garis miring terdapat angka 80, ini menunjukkan tinggi ban tersebut yang berarti 80 persen dar 90 mm, artinya tinggi ban tersebut dari permukaan ban yang menyentuh aspal hingga sisi yang menempel pelek adalah 72 mm.
Masih soal ukuran, angka terakhir setelah strip (-) menunjukkan diameter ban tersebut, kalau ada angka 14 itu berarti ban tersebut diperuntukkan untuk digunakan pada pelek ring 14 inci.
Beda diameter pelek maka berbeda pula angka terakhir ini, mulai dari 8, 10, 12,13, 14, 15, 16, 17 dan seterusnya sesuai dengan lingkar pelek yang digunakan.
Kode lain yang bisa dibaca adalah waktu produksi ban tersebut, umumnya ditandai dengan 4 angka yang yang berada di dalam lingkaran atau elips.
Baca juga: Viral Ban Motor Bekas Diukir Jadi Baru, Aman Buat Harian?
Cara membacanya dengan melihat 2 angka di depan yang merupakan pekan produksi, lalu 2 angka di belakangnya merupakan tahun produksi
Jadi misal tercantum 3121 berarti ban tersebut diproduksi pada pekan ke-31 atau kurang lebih bulan ke-7 (Juli) pada tahun 2021.
Jika mengetahui hal tersebut, diharapkan para calon pembeli ban tidak bisa diperdaya oleh penjual ban nakal.
Seperti ban kondisi tebal namun dengan tahun produksi sudah lebih dari 3 tahun yang berarti stok lama, karena kualitasnya akan menurun.
Selain memberikan cengkeraman, ban juga menerima beban sehingga tiap ban memiliki spesifikasi soal berapa beban maksimal yang bisa diterima atau ditopang.
Baca juga: Ini Ban Michelin Buat Ojek Online, Kuat Disiksa dan Tahan Tusukan!
Kode beban maksimal atau load index ini umumnya juga bersebelahan dengan berapa batas kecepatan maksimal atau speed rating yang dapat ditahan atau diterima oleh ban.
Contoh ban memiliki spesifikasi 90/80-14 M/C 48P, angka 48 merupakan kode beban maksimal yang bisa diterima ban tersebut, menurut tabel load index angka 48 bisa menahan beban maksimal hingga 180 kg.
Pemilihan ban dengan load index tinggi jadi penting ketika motor tersebut sering membawa beban berat, jika ban tidak memiliki load index tinggi maka berisiko rusak bahkan pecah.
Kemudian huruf P di sebelah angka 48 merupakan kode dari speed rating, menurut tabel ban dengan kode P bisa dipacu hingga kecepatan 150 km/jam, memacu motor dengan melebihi speed rating bisa menyebabkan ban pecah saat kecepatan tinggi.
Berikut tabel lengkapnya.
Daftar Load Index | |||||||
Load Index | Beban Maks. | Load Index | Beban Maks. | Load Index | Beban Maks. | ||
30 | 106 kg | 44 | 160 kg | 53 | 206 kg | ||
31 | 109 kg | 45 | 165 kg | 54 | 212 kg | ||
32 | 115 kg | 46 | 170 kg | 55 | 218 kg | ||
33 | 118 kg | 47 | 175 kg | 56 | 224 kg | ||
38 | 132 kg | 48 | 180 kg | 57 | 230 kg | ||
40 | 140 kg | 49 | 185 kg | 58 | 236 kg | ||
41 | 145 kg | 50 | 190 kg | 59 | 243 kg | ||
42 | 150 kg | 51 | 195 kg | 60 | 250 kg | ||
43 | 155 kg | 52 | 200 kg |
Daftar Speed Rating | |||
Speed Rating | Kecepatan | Speed Rating | Kecepatan |
F | 80 km/jam | R | 170 km/jam |
J | 100 km/jam | S | 180 km/jam |
L | 120 km/jam | H | 210 km/jam |
M | 130 km/jam | V | 240 km/jam |
P | 150 km/jam |