Sedikit banyak isu rangka eSAF yang viral ikut membuat pilihan konsumen bergeser kemodel lain, salah satunya adalah Honda Vario 125 2023.
Motor ini jadi satu-satunya matic pabrikan sayap mengepak itu yang tak pakai rangka eSAF, karena masih pakai pipa tubular dan pipa kotak pada rangkanya.
Model yang rilis semester kedua tahun lalu itu tak berubah banyak, tak seperti Vario 150 yang menjadi Vario 160 dengan desain dan mesin baru.
Baca juga : Alasan Mending Beli Honda Vario 125 Baru Ketimbang Vario 150 Bekas
Pada model ini hanya ada update desain minor saja, namun benang merah berupa tampilan sporty dengan paduan desain menyudut masih jadi andalannya.
Yang terlihat berbeda pada bagian sisi samping lampu depannya yang kini terdapat semacam coakan, yang seolah-olah air scoop.
Kemudian desain pelek palang 10 miring, yang sebelumnya dipakai oleh Vario 150 kini dipakai Vario 125.
Karena peleknya lebih lebar, area kaki-kaki terlihat lebih gambot. Ukuran ban 90/80-14 dan 100/80-14 jadi lebih besar dan pastinya akan memberikan grip yang lebih ekstra.
Lainnya lebih pada update fitur, yakni ketambahan Honda Smart Key System untuk tipe CBS-ISS dan CBS-ISS SP, sehingga motor jadi lebih aman diparkiran, karena juga dilengkapi alarm.
Selain itu kini konsol depan sisi kiri dilengkapi dengan penutup, serta terpasang power outlet tipe USB A untuk mengisi daya smartphone.
Lainnya hanya beda minor seperti emblem timbul, juga warna pelek hitam dan burnt titanium untuk varian CBS-ISS dan CBS-ISS SP.
Perkara harga, kini Honda Vario 125 dilepas mulai dari Rp 22.550 juta on the road untuk varian CBS, yang memiliki dua opsi warna yakni Sporty Black, Sporty Red.
Kemudian varian CBS-ISS dengan opsi warna Advance Matte Black, dan kasta tertinggi ada CBS-ISS SP dengan opsi Advance Matte White dan Advance Matte Blue.
Harga tersebut on the road Jakarta, seperti yang ditampilkan pada situs resmi milik PT Astra Honda Motor (AHM).
Alih-alih menghadirkan pembaruan yang total, nyatanya motor ini hanya mendapatkan upgrade fitur dan tampilan, jadi gak ada nih mesin eSP+ 125 cc untuk model ini ya!
Tentunya ada alasan kenapa masih mempertahankan mesin ini, karena berdasarkan hasil survei yang dilakukan, mesin ini paling pas untuk kebutuhan sehari-hari.
"125 cc untuk harian atau perkotaan, sehingga dengan mesin yang sekarang dirasa masih cukup," kata Sompong Sureechairattanakul, Large Project Leader Honda Vario 125, Honda R&D SouthEast Asia Co., Ltd.
Baca juga : Tak Berubah, Cek Lagi Spesifikasi Mesin Honda Vario 125 2023
Nilai jual dari mesin eSP yang saat ini terpasang ada pada kemampuannya. Daya 11,1 PS diputaran 8.500 rpm serta torsi sebesar 10,8 Nm di 5.000 rpm sudah lebih dari cukup untuk harian.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan, dengan kapasitas mesin 124,8 cc dari penggunaan piston 52,4 mm dan langkah piston 57,9 mm. Rasio kompresinya 11:1 dengan transmisi otomatis CVT.
Honda Vario 125 terbaru memang hanya mendapatkan update minor saja, namun segala kelengkapannya masih sesuai dengan kebutuhan konsumen akan sebuah motor matic 125 cc.
Apalagi dimensi motor ini pun terhitung sedang, untuk wanita tak terlalu besar untuk pria pun tak terlalu kecil. Perkara performa rasanya pun cukupan untuk penggunaan sehari-hari.
Honda Vario 125 2023 | ||
---|---|---|
DIMENSI | ||
PxLxT | 1.918 x 679 x 1.066 mm | |
Tinggi Jok | 769 mm | |
Sumbu Roda | 1.280 mm | |
Jarak Terendah | 131 mm | |
Kapasitas Tangki | 5,5 liter | |
Berat | 112 kg | |
MESIN | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin cairan | |
Kapasitas | 124,8 cc | |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Rasio Kompresi | 11:1 | |
Tenaga Maksimal | 11,1 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 10,8 Nm @ 5.000 rpm | |
RANGKA & KAKI-KAKI | ||
Tipe Rangka | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 90/80-14 | |
Ban Belakang | 100/80-14 |