Pameran sepeda motor global, EICMA 2023 resmi dibuka di Milan, Italia pada Selasa (7/11/2023). Sejumlah model baru diperkenalkan oleh pabrikan dunia, termasuk juga Suzuki.
Produsen motor asal Jepang ini mengenalkan dua model baru dari jenis sport fairing di sana.
Keduanya juga hadir dari keluarga Suzuki GSX Series. Diantaranya Suzuki GSX-8R dan GSX-S1000GX.
Meski sama-sama dari keluarga GSX Series, namun dua motor ini punya segmen yang berbeda.
Sebab dari segi desain dan posisi duduk, keduanya hadir untuk penggemarnya masing-masing. Seperti apa bedanya?
Baca Juga: Begini Gaya Praktis Ubah Tampilan Yamaha Fazzio dan Grand Filano
Soal mesin, Suzuki GSX-8R memang cukup dekat dengan Yamaha YZF-R7 dan Aprilia RS 660.
Sebab sama-sama mengusung bodi sport fairing dengan mesin 2-silinder segaris. Tapi desainnya berbeda total.
Suzuki GSX-8R punya desain sport fairing dengan posisi duduk lebih tinggi. Tampilannya lebih dekat ke segmen Honda CB650F dan Ducati SuperSport 950.
Mesin 776 cc tersebut didesain ramping dengan peranti Suzuki Cross Balancer untuk mengurangi getaran.
Ada juga Suzuki Clutch Assist System (SCAS) untuk perpindahan gigi yang halus.
Motor ini juga dibekali dengan fitur Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang terdiri dari bermacam fungsi.
Diantaranya Suzuki Drive Mode Selector (SDMS) dan Suzuki Traction Control System (STCS).
Selain itu, terdapat Ride-by-wire Electronic Throttle System, Bi-directional Quick Shift System, Suzuki Easy Start System dan Low RPM Assist.
Baca Juga: Daya Tarik Honda Vario 150 Bekas, Bodi Ramping Performa Ngacir!
Di segmen sport tourer, Suzuki memiliki andalan dari keluarga V-Strom. Namun masih ada celah crossover yang bisa dimasuki oleh Suzuki GSX-S1000GX.
Desain bodinya menampilkan sosok full fairing di front fascia, namun dengan buritan ala motor jangkung.
Hasilnya Suzuki GSX-S1000GX punya posisi duduk layaknya motor touring dengan bodi full fairing yang mengingatkan kita akan sosok Yamaha Fazer.
Mesinnya bervolume 999 cc 4-silinder segaris dengan pendingin cair. Sumber penggerak ini sama dengan yang tertanam pada varian Suzuki GSX-S1000GT.
Fiturnya tak kalah canggih dari GSX-8R dengan Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.).
Motor ini bahkan jadi yang pertama mengusung Suzuki Advanced Electronic Suspension (SAES).
Suspensi ini memungkinkan ketinggian motor diatur hanya dengan sentuhan tombol saja. Sehingga ketinggian motor dapat diatur sesuai kebutuhan dan kondisi jalan.
Dan melihat peluang motor ini untuk hadir di Indonesia rasanya sangat sulit, terlebih PT Suzuki Indomobil Sales sudah tak fokus jualan moge.
Namun peluang untuk bisa memiliki tetap terbuka, caranya dengan membeli lewat importir umum walau harganya pasti lebih mahal.