Lagi-lagi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) menjadi pionir di Indonesia dengan menghadirkan produk terbarunya sebelum pabrikan lain.
Kali ini KMI secara resmi memperkenalkan dan menjual motor listrik pertamanya di Indonesia yang didatangkan secara utuh dari Jepang.
Diberi nama Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 dengan tagline Spark a New Era yang sebelumnya sudah mulai dijual di Amerika Serikat.
Keduanya mengambil basic bodi dan rangka dari mesin bensinnya yang lebih dulu hadir.
Ninja e-1 mengambil basic dari Ninja 400 begitu pula untuk Z e-1 mengambil basic dari Z400.
Dengan begitu secara garis desain dan kaki-kaki keduanya tidak ada beda dengan versi mesin konvensional.
Keduanya pun hanya punya satu opsi warna yakni Metallic Bright Silver / Metallic Matte Lime Green / Ebony.
Perbedaan paling besar tentu saja dengan hilang mesin ICE (Internal Combustion Engine) yang digantikan dengan mesin listrik.
Pakai tipe mid drive dengan tenaga maksimal 9 kW atau 12 ps yang meneruskan tenaga ke roda belakangnya menggunakan rantai juga gir.
Baca juga: Kawasaki Ninja e-1 dan Z e-1 Mengaspal di Indonesia, Harga Rp 140 Jutaan
Tenaga maksimalnya bisa didapatkan di 2.600-4.000 rpm, sedangkan tenaga rata-ratanya 5 kW atau 6,8 ps yang didapat di 2.800 rpm.
Lalu untuk torsi maksimalnya mencapai 40,5 Nm mulai 0-1.600 rpm saja.
Mesin pendingin udara ini dilengkapi dengan 2 mode berkendara yang bisa dipilih dengan mudah, ada ECO dan ROAD.
Yang mana keduanya langsung mengubah karakter saluran tenaga juga top speed.
Untuk menambah torsi dan kecepatan puncak, Kawasaki melengkapi kedua motor ini dengan e-boost yang bisa diaktifkan melalui saklar kanan.
Namun fitur ini hanya bisa digunakan selama 15 detik, sehingga bisa dipakai saat hendak mendahului kendaraan di depan.
Satu hal yang menarik adalah motor ini didevelop sebagai sepeda motor listrik di kelas 125 cc pertama setara dengan motor ICE yang diperkuat dengan fungsi e-boost.
Baca juga: Kawasaki Eliminator 2024, Cruiser Rp 160 Jutaan yang Menggoda
Klaimnya kecepatan puncak menggunakan e-boost membuat Ninja e-1 bisa tembus hingga 105 km/jam dan untuk Z e-1 101 km/jam.
Fitur lain yang ada pada kedua motor listrik Kawasaki ini adalah Walk mode, ini dapat digunakan untuk membantu pengendaranya saat berada di parkiran.
Karena kecepatan maksimal maju hanya 5 km/jam dan untuk mundur 3 km/jam dengan memajukan putaran grip gas.
Sebagai sumber tenaga, kedua motor ini dibekali dengan 2 buah baterai Lithium-ion yang punya spesifikasi 50,4 volt dan 30 Ah.
Asyiknya pengisian daya bisa dilakukan dengan cara direct charge, dock charge, dan off board charge.
Satu buah baterai berbobot 11,5 kg ini punya rata-rata pengisian daya 3,7-4 jam untuk pengisian penuh, sedangkan pengisian 20-85% membutuhkan waktu 1,6-2 jam.
Baca juga: Kawasaki Z7 Hybrid Usung Mesin Eliminator, Bakal Masuk Indonesia?
Uniknya kedua baterai ditempatkan di depan mesin listrik, untuk mengaksesnya bisa melalui tangki bensin yang bisa dibuka secara menyeluruh.
Bahkan di atas baterainya masih terdapat ruang penyimpanan yang bisa digunakan untuk membawa charger atau barang lain.
Untuk ulasan lengkapnya, bisa langsung tengok video di bawah ini.
Spesifikasi Kawasaki Ninja e-1 & Z e-1 | ||
---|---|---|
Tenaga rata-rata | 5 kW / 6,8 ps @2.800 rpm | |
Tenaga maksimal | 9 kW / 12 ps @2.600-4.000 rpm | |
Torsi maksimal | 40,5 Nm @0-1.600 rpm | |
Tipe mesin | Pendingin udara, interior permanent magnet synchronous motor | |
Riding mode | Road / ECO | |
Kecepatan maksimal | 88 km/jam / 64 km/jam (Ninja e-1) | |
85 km/jam / 62 km/jam (Z e-1) | ||
Kecepatan maksimal dengan e-boost | 105 km/jam / 75 km/jam (Ninja e-1) | |
101 km/jam / 72 km/jam (Z e-1) | ||
Baterai | Lithium-ion battery pack x 2 | |
Kapasitas baterai | 50,4 V / 30 Ah x 2 | |
Pengisian baterai | 3,7 jam x 2 | |
Final gear | 58/15 | |
Suspensi depan | Teleskopik ∅41 mm | |
Suspensi belakang | Monoshock dengan Uni Trak, spring preload | |
Rem depan | Cakram ∅290 mm, kaliper 2 piston | |
Rem belakang | Cakram ∅220 mm, kaliper 2 piston | |
Ban depan | 100/80-17 M/C 52S | |
Ban belakang | 130/70-17 M/C 62S | |
P x L x T | 1.980 x 690 x 1.105 mm (Ninja e-1) | |
1.980 x 730 x 1.35 mm (Z e-1) | ||
Sumbu roda | 1.370 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 160 mm (Ninja e-1) | |
170 mm (Z e-1) | ||
Berat | 140 kg dengan baterai (Ninja e-1) | |
135 kg dengan baterai (Z e-1) |