Kawasaki W175 hadir dalam tampilan klasik yang fleksibel untuk dimodifikasi dalam berbagai aliran custom mulai dari classic, scrambler, sampai flat tracker.
Salah satu komponen yang bisa dimodifikasi ada para perangkat pengereman.
Pasalnya cakram depan W175 punya dimensi sangat kecil, terlebih jika sudah menggunakan ban lebih tebal membuat tampilan rem depan makin tidak proporsional.
Kalau mau ganti dengan diameter yang lebih besar bisa aja, tapi harus mengkanibal dari merek lain dan dengan proses kustomisasi seperti berikut ini.
Pertama bisa menggunakan cakram milik Suzuki Smash, salah satu yang kerap mengerjakannya adalah Rieno Muryanto dari SixtySix Garage.
Baca juga: Setelah Listrik dan Hybrid, Kawasaki Pamerkan Motor Pakai Hidrogen
“Pemasangan gak langsung plug and play, perlu ada ubahan karena diameter lubang tengah yang beda."
"Smash diameternya 45 mm sedangkan W175 48 mm, makanya cakram Smash harus dibesarkan supaya masuk ke tromol W175," buka Rieno.
Tidak sampai di situ, keempat lubang baut penguncinya juga perlu sedikit dibesarkan karena posisinya kurang pas dengan lubang baut di tromol W175.
“Besarkan ke arah bawah, pakai bor tuner aja bisa kok,” tambah pria ramah ini.
Cakram ini hadir dengan pilihan model bulat dan bergelombang namun tergantung ketersediaannya, diameternya 300 mm sehingga bikin tampilan roda depan kian padat!
Selain menggunakan cakram milik Suzuki Smash, W175 juga bisa kanibal dari Yamaha Scorpio.
Baca juga: Kawasaki W175 Street Mengaspal, Harga Rp 25 Jutaan Pakai Pelek Baru
Tapi jika pakai cakram ini tidak bisa menggunakan tromol bawaan milik W175, harus mengganti juga tromol milik Scorpio.
"Ada juga yang sekaligus mengganti satu set sok depan pakai Yamaha Byson biar terlihat lebih kekar,"
"Satu set sok Byson orisinil harganya bisa Rp 5 jutaan,” sahut Abraham Simatupang dari Batakastem Workshop yang berada di Pamulang Timur, Tangerang Selatan.
Jika masih ingin menggunakan sokbreker bawaan W175 juga bisa kok, konsumen hanya perlu membeli satu set tromol berikut cakram Scorpio.
"Satu set termasuk bearing sampai jari-jari. Belum ongkos untuk setel jari-jari, bikin bracket kaliper, dan bushing roda di tukang bubut. Kurang lebih butuh biaya Rp 500 ribu kalau pakai Scorpio," tambahnya
Mau yang mana nih?
SixtySix Garage 0813-7723-8001
Batakastem Workshop 0812-9349-9102