Kawasaki W175 series mengusung konsep retro modern,tapi memang kesan retro di motor ini lebih terasa jika dibandingkan kompetitornya.
Seperti masih menggunakan lampu bohlam, mesin 175 cc karburator, dibekali rem cakram di depan namun rem tromol di belakang.
Memang untuk kesan jadul kombinasi rem ini pas. Tapi untuk beberapa orang ternyata rem tromol dirasa kurang pakem.
Seperti Wahyu Subagja pemilik W175 berkelir hitam yang merasakan hal ini. "Sudah 3 atau 4 kali ngerasa ngeblong rem belakangnya. Akhirnya lihat-lihat grup W175 di Facebook dan ada yang jual paket cakram belakangnya," buka Wahyu.
Pemasangan pun diserahkan kepada Rieno Nakano dari Komunitas W175 Indonesia (KWI) yang memang biasa oprek serta melakukan modifikasi W175.
Baca juga: Tengok Detail Motor Listrik Kawasaki, Setara Motor 125 Cc tapi Torsi Melebihi Motor 400 Cc!
"Cakramnya pakai cakram belakang Kawasaki KLX 150. Lalu kaliper Honda Vario dan master remnya aftermarket. Selebihnya teknis bubut sama buat dudukannya aja, harga paketnya Rp 2 jutaan," sebut Rieno.
Untuk dudukan cakram barunya, tutup tromol perlu dilepas dan digantikan dengan adaptor berbahan aluminium yang di-custom agar muat ke tromol W175.
"Tromol aslinya dilubangi pakai bor dan dibaut pakai model kembang 14 mm untuk pengunci adaptornya," tunjuk pria yang tinggal di Kav. Kreo Permai, Larangan, Tangerang ini.
Kemudian dilanjutkan dengan melakukan pengelasan terhadap dudukan master rem yang perlu dibuat secara presisi agar tuas penonjok master rem bisa lurus. Dengan begitu performa rem akan optimal.
Baca juga: Kawasaki W175 2024 Dikenalkan, Sudah Pakai Mesin Injeksi?
“Las juga di pedal rem untuk tonjokan master remnya. Habis itu las di bagian dalam swing arm untuk jalur bracket kalipernya,” lanjut Rieno.
Tampilan W175 jadi lebih modern dan pastinya performa rem belakang akan lebih pakem!
Rieno KWI 0813-7723-8001