Jajal Harley-Davidson Rp 900 Jutaan Buat Offroad, Ancaman Baru di Kelas Touring Adventure!

Sensasi mencicipi Harley-Davidson Pan America 1250 Special di jalur offroad
  • Punya bobot 258 kg tapi tetap lincah dan nyaman di area offroad.
  • Mesin barunya minim vibrasi dengan karakter smooth namun bertenaga.

Harley-Davidson Pan America 1250 Special benar-benar menjadi segmen baru untuk para pecinta Harley-Davidson baik di dunia maupun Indonesi. Pasalnya, motor satu ini punya konsep touring adventure.

Karena itu JLM Auto Indonesia sebagai Agen Pemegang Merek (APM) serta distributor resmi untuk Harley-Davidson di Indonesia mengajak seluruh konsumen, komunitas dan juga rekan media untuk merasakan impresi berkendara Harley-Davidson Pan America 1250 Special di acara bertajuk, "Pan America Xperience" (19/11/2023).

Saat ini Pan America 1250 Special dibanderol Rp 811,965 juta untuk off the road. Namun untuk harga on the road Jakarta warna Vivid Black dipatok Rp 970,365 juta, warna lalu Gray Haze Rp 975,705 juta, dan ada dual tone dengan warna Industrial Yellow & White Sand seharga Rp 978,103 juta.

Punya segmen touring adventure, pengujian dilakukan di jalur cukup menantang di di Sirkuit Baja Otomotif Superblok (BOS) Kw. Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Yang mana ada unsur offroad ringan layaknya sedang beradventure.

Pakai Mesin Generasi Terbaru

Pan America 1250 Special dibekali dengan mesin generasi terbaru dari Harley-Davidson, diberi nama Revolution Max 1250 dengan spesifikasi V-twin DOHC, 4 katup, dan berpendingin cairan untuk menstabilkan suhu mesin.

Mesin Revolution Max 1250 punya vibrasi halus dan cukup bertenaga

Baca juga: Harley-Davidson Ajak Konsumen Jajal Pan America di Sirkuit Offroad!

Mesin dengan rasio kompresi 13:1 ini punya klaim tenaga maksimal cukup tinggi yang bisa didapatkan pada putaran rendah. Tenaga puncaknya mencapai 152 PS di 9.000 rpm dan torsi maksimalnya 127,4 Nm pada 6.750 rpm.

Sensasi Berkendara Pan America 1250 Special

Lantas, apakah sensasi berkendaranya menjadi seliar itu? Ternyata tidak! Saat Tim Autofun cicipi ternyata mesin barunya ini cukup bersahabat, terutama saat ‘merayap’ perlahan di jalur offroad tidak ada gejala hentakan berlebih.

Kemudian getaran yang dihasilkan mesin terbaru ini sangat minim, cukup jauh berbeda dengan mesin Harley-Davidson terdahulu di mana punya vibrasi khas pada putaran mesin tertentu.

Suara yang dihasilkan oleh mesin juga knalpot gantungnya cukup halus. Artinya, memang sudah banyak sekali update yang dilakukan oleh Harley-Davidson untuk membuat mesin ini tetap nyaman digunakan di jalur offroad maupun on road.

Posisi setang cukup tinggi dan lebar sehingga membuat pengendaranya lebih sigap juga nyaman

Baca juga: Tegaskan Komitmen, Harley-Davidson Resmikan Dealer Kelima di Jakarta

Respon mesin halus di bukaan gas awal nyaman untuk merayap di jalur offroad

Selama 3 putaran menjajal Pan America 1250 Special, ride modes Off-Road dipilih untuk menyesuaikan kondisi jalur pengujian, saat ride modes ini aktif maka secara otomatis traction control juga ABS akan mati sehingga kontrol roda sepenuhnya diserahkan ke pengendara.

Sensasi pada mode ini punya karakter smooth di putaran bukaan gas awal sehingga memudahkan pengendara dalam mengontrol motor di jalur tidak rata, tapi ketika selongsong gas dibuka lebih dalam atau dihentak maka seluruh tenaganya akan langsung keluar dan membuat roda belakang spinning.

Kaki-Kaki Jangkung

Masuk di segmen touring adventure tentu membuat Pan America 1250 Special dituntut untuk memiliki spesifikasi area kaki-kaki mumpuni yang siap meredam jalur tidak rata sehingga tetap dapat memberi rasa nyaman ke pengendaranya.

Roda depan pakai ring 19 inci dibalut ban Michelin Scorcher Adventure 120/70-19 dan untuk belakang pakai tipe ban sama berukuran 170/70-17, punya pattern dual purpose membuat performa Pan America 1250 Special tetap pede saat melahap jalur offroad ringan.

Suspensinya punya jarak main panjang dan karakter redamannya bisa menyesuaikan dengan jalur secara otomatis

Baca juga: Deretan Motor Baru Harley-Davidson Hadir di Kalimantan Bike Week 2023

Mendarat dengan mulus dan lembut setelah melewati table top

Tidak lupa ada penggunaan suspensi depan tipe upside down dari Showa BFF (Balance Free Forks) yang punya diameter as Ø47 mm lalu monoshock Showa BFRC (Balance Free Read Cushion-lite) 

Baik suspensi depan maupun belakangnya dilengkapi dengan jarak main mencapai 190 mm, semakin lengkap dengan adanya beberapa fitur elektronik yang bisa mengubah karakter redamannya tergantung kondisi jalur yang dibaca oleh ECU.

Efeknya tentu saja motor seberat 258 kg ini tetap dapat terasa nyaman juga lincah saat diajak ‘bermain’ di jalur offroad, bahkan masih dapat terbang serta mendarat dengan lembut ketika melewati rintangan table top tanpa gejala bottoming berlebih, mantab!

Spesifikasi Harley-Davidson Pan America 1250 Special 2023
Tinggi jok 850-875 mm
Jarak terendah ke tanah 175 mm
Jarak sumbu roda 1.584 mm
Ban depan Michelin Scorcher Adventure 120/70-19
Ban belakang Michelin Scorcher Adventure 170/60-17
Tangki bensin 21,1 liter
Berat isi 258 kg
Tipe mesin Revolution Max 1250, V-Twin, DOHC, 4 katup, pendingin cairan
Bore x stroke 105 mm x 72,4 mm
Kapasitas mesin 1.252 mm
Rasio kompresi 13:1
Sistem bahan bakar Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI)
Tenaga maksimal 152 ps @9.000 rpm
Torsi maksimal 127,4 Nm @6.750 rpm
Konsumsi bahan bakar 19,5 km/liter (klaim)
Suspensi depan Showa BFF (Balance Free Forks) Ø47 mm dengan electronically adjustable semi-active damping control
Suspensi belakang Showa BFRC (Balance Free Rear Cushion-lite) linkage-mounted monoshock dengan automatic electronic preload control dan semi-active compression plus rebound damping
Travel suspensi 190 mm
Rem depan Kaliper radial monoblock 4-piston ganda
Rem belakang Kaliper  axial 1 piston tunggal
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Motul mengundang pembalap WSBK dan MXGP Honda ke Jakarta Meet and Greet bersama pembalap dihadiri ratusan komunitas motor PT Motul Indonesia Energy secara eksklusif mengundang empat pembalap dari kejuaraan World Superbike (WSBK) dan MXGP ke Indonesia, Rabu (29/11/2023). Dalam giat bertajuk The Ultimate Ride ini, joki Honda Racing Corporation (HRC) juga menyempatkan diri untuk motoran di Jakarta. Agenda bersama keempatnya dimulai terlebih dulu dengan sesi Meet and Greet di bilangan hotel di Jakar
Torsi setara dengan Kawasaki Ninja ZX-4RR. Dilengkapi Walk modes untuk memudahkan di parkiran. Baterainya diklaim punya jarak tempuh 72 km. Secara mengejutkan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memperkenalkan motor listrik pertamanya di Indonesia bernama Kawasaki Ninja e-1 dengan harga Rp 149,9 juta dan Z e-1 seharga Rp 146,9 juta. Sebelumnya kedua motor tersebut sudah lebih dulu dipasarkan di pasar Amerika Serikat. Motor yang dibawa utuh dari Jepang ini hanya hadir dalam pilihan warna Metallic B
Pulser ring ABS menyatu dengan cakram depan. Lubang pengisian air radiator di bagasi. Ukuran ban lebih besar. Kemunculan Honda Vario 160 pada 2022 lalu mendapatkan respon beragam, diantaranya rasa penasaran akan performa dari motor matic satu ini. PT Astra Honda Motor (AHM) menegaskan, kehadiran Honda Vario 160 2022 karena banyaknya permintaan konsumen akan matic sporty dipasaran. Kini statusnya pun naik lebih tinggi, masuk segmen premium bersama dengan Honda PCX 160. Baca juga : Catatan! Honda
Marc Marquez bersama tim Gresini Racing musim MotoGP 2024 Pakai Ducati Desmosedici GP23 Marc Marquez akhirnya menjajal motor Ducati Desmosedici GP23 dan menjadi tercepat keempat dalam pengujian resmi di sirkuit Ricardo, Tormo, Valencia, Spanyol, Selasa (28/11/2023). Ya, Marquez memang pindah dari tim Repsol Honda ke Gresini Racing, yang akan dimulai pada MotoGP 2024 nanti. Adapun saat pengujian, Marquez semringah dan cepat beradaptasi dengan Ducati Desmosedici GP23. Dirinya tidak membutuhkan wak
Di musim 2023, Honda dan Yamaha kalah saing dengan jenama Eropa. Dengan persentase poin di bawah 35 persen, membuat keduanya masuk tim konsesi MotoGP. Paceklik prestasi dialami Honda dan Yamaha selama musim MotoGP 2023. Namun, kondisi tersebut menguntungkan mereka lantaran masuk ke dalam tim konsesi pada MotoGP 2024 mendatang. Tak dapat dipungkiri, musim lalu kedua jenama asal Jepang kalah pamor. Dalam hal ini pencapaian berupa kemenangan atau podium, di mana kebanyakan diisi pembalap dari tim E

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Harley Davidson Road Glide Ultra
Lihat