Pakai Mesin 150 Cc, Seberapa Kuat Tenaga Peugeot Django 150?

Uji performa dan akselerasi Peugeot Django 150.
  • Mesinnya punya karakter kuat di putaran rendah dan tengah.
  • Mengandalkan kipas untuk mendinginkan mesinnya.
  • Vibrasi minim juga suara senyap.

Meski punya tampilan seperti motor matic retro modern pada umumnya, namun Peugeot Django 150 dibekali kapasitas mesin 150 cc.

Yang tentunya mesin ini lebih bertenaga jika dibandingkan matic 110 cc dan 125 cc pada umumnya.

Spesifikasi mesin untuk motor yang dibanderol Rp 65 juta ini adalah 4 tak, SOHC 2 katup, pendingin udara, dan tentunya menggunakan transmisi jenis CVT.

Suplai bahan bakarnya menggunakan Electronic Fuel Injection, sehingga klaim tenaganya mencapai 11,5 ps pada 8.000 rpm dan torsi 11,2 Nm pada 6.000 rpm.

Namun yang perlu diingat adalah penggunaan mesin 150 cc pada Django ini karakternya bukan mesin yang cukup bertenaga.

Karena memang konsep motor ini yang lebih ditunjukan sebagai penggunaan harian dengan karakter berkendara santai.

Karakter Tenaga Peugeot Django 150

Suguhan karakter tenaga yang dihasilkan Django terbaru ini memang sudah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan generasi-generasi pendahulunya.

Karakter CVT barunya membuat mesin berkitir lebih tinggi sehingga memberikan sensasi tenaga lebih besar

Baca juga: Punya Berat 137 Kg, Peugeot Django 150 ABS masih Enak Dibawa Riding?

Paling terasa ada pada torsi angkatan awal yang kini lebih ‘menjambak’, dengan begitu kondisi stop and go atau menanjak terasa lebih ringan untuk motor ini.

Salah satu revisinya terasa ada pada setingan CVT yang mana sekarang ini terasa kalau mesin perlu putaran yang lebih tinggi untuk dapat membuat Django melaju.

Efeknya putaran mesin akan lebih mendekati peak power juga peak torsi sehingga memberikan sensasi performa yang lebih terasa.

Masih mengandalkan kipas untuk mendinginkan suhu mesinnya

Efek negatifnya memang mesin Django ini terasa lebih sering ‘meraung’ di putaran tinggi meskipun kecepatannya masih di bawah 80 km/jam.

Ini pun secara tidak langsung akan mempengaruhi konsumsi bahan bakarnya.

Untuk putaran atas tidak terlalu banyak perubahan, karena rasanya masih linear dan tetap dengan top speed di spidometer yang cuma menyentuh 100 km/jam.

Knalpotnya punya suara yang cukup senyap

Baca juga: Agresif, Peugeot Motocycles bakal Punya 4 Motor Baru di Indonesia

Yang asik juga dari mesin Django adalah suara mesin senyap serta vibrasi mesin yang cukup minim sehingga bisa menambah rasa nyaman saat mengendarai matic berlogo Singa ini.

Tes Akselerasi

Satu hal yang tidak terlewatkan tentu saja menguji akselerasi menggunakan alat Racebox berbasis GPS agar dapat hasil kecepatan dan catatan waktu yang lebih presisi.

Kecepatan maksimal di spidometer 100 km/jam

Pengujian dilakukan selama beberapa kali sampai mendapatkan angka akselerasi tercepat, hasilnya Django 150 ABS bisa mencatatkan waktu 5,6 detik untuk mencapai 0-60 km/jam.

Lalu untuk jarak 0-201 meter ditempuh dalam waktu 12,59 detik di kecepatan 83,8 km/jam.

Untuk top speed atau kecepatan tertinggi jarum di spidometernya menunjukan angka 100 km/jam.

Tapi ternyata Racebox membaca kecepatan maksimalnya hanya 94,11 km/jam, itu berarti ada deviasi sekitar 6,2%.

Hasil lengkapnya bisa langsung simak tabel di bawah ini.

Data Akselerasi Peugeot Django 150 ABS 2023

0-60 km/jam 5,6 detik
0-80 km/jam 10,9 detik
0-100 km/jam - detik
0-100 meter 7,95 detik @70,3 km/jam
0-201 meter 12,59 detik @83,8 km/jam
0-402 meter 20,62 detik @93,8 km/jam
Top speed spidometer 100 km/jam
Top speed Racebox 94,11 km/jam

Spesifikasi Peugeot Django 150 ABS

Spesifikasi mesin 4 tak, 1 silinder, SOHC, 2 katup, pendingin udara
Kapasitas mesin 150 cc
Tenaga maksimal 11,5 ps @8.000 rpm
Torsi maksimal 11,2 Nm @6.000 rpm
Suplai bahan bakar Indirect Electronic Injection (EFI)
Tangki bensin 8,5 liter
Ban 120/70-12
Suspensi depan Teleskopik Ø32 mm, travel 85 mm
Suspensi belakang Tunggal, travel 80 mm
Rem depan Cakram Ø200 mm, kaliper 2 piston, ABS
Rem belakang Cakram Ø190 mm, kaliper 1 piston
Berat isi 137 kg
P x L x T 1.925 x 710 x 1.190 mm
Panjang sumbu roda 1.350 mm
Tinggi jok 770 mm

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

BeAT listrik merupakan hasil konversi. Satria F150 FI punya warna baru di Filipina. Aerox warna baru tampil menggoda. Motor listrik memang lagi hype banget belakangan ini, banyak pemain baru masuk pasar Indonesia. Yah walaupun masih dominan merek asal Cina, tapi ada juga merek lokal yang muncul dan termasuk juga merek Jepang yang mulai unjuk gigi. Tapi yang seru ada juga motor listrik hasil konversi seperti Honda BeAT listrik garapan produsen komponen, Musashi. Yang ternyata hal ini cukup menari
Berkaitan dengan faktor keselamatan. Wajib terpasang di beberapa komponen motor. Kegiatan trackday, fun race, sampai balap jadi hal menyenangkan untuk mereka yang senang memacu adrenalin dan sepeda motor kesayangannya di tempat yang aman. Namun sebelum memasuki sirkuit, sebaiknya perlu melakukan beberapa ubahan pada sepeda motor agar layak dan aman saat dipacu di sirkuit. Seperti melepas beragam komponen mika dan kaca agar pecahan tidak menyebar di sirkuit ketika motor jatuh. Hal lain yang bisa
Perbedaan signifikan hanya pada warna. Honda ADV160 2024 di Malaysia cuma tersedia tipe ABS. Sama seperti di Indonesia, sosok skuter matic adventure, Honda ADV160 2024 juga mengalami penyegaran di Malaysia bulan November ini. Kini, motor tersebut tampil dengan pilihan warna baru Force Silver. Dikutip ada Arenamotosikal, opsi warna tersebut merupakan tambahan kepada dua pilihan warna sebelumnya yaitu Mat Charcoal Gray Metallic dan Vivacity Red. Untuk edisi 2024 ini, harga jual Honda ADV160 di pas
Angka TKDN mencapai 57,89 persen. Ada skema murah untuk penyewaan ojol. Produsen motor listrik ECGO, bekerja sama dengan distributor resminya, EVMOTO, telah meluncurkan motor listrik ECGO 3 A/T. Harganya cukup terjangkau, yakni sebesar Rp 7,9 juta. Banderol terjangkau ini diberikan lewat sejumlah skema subsidi hingga Rp 10 juta. Hal ini karena ECGO 3 A/T telah memperoleh sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sebesar 57,89 persen dari Kementerian Perindustrian, merupakan langkah maju d
Tampilan warnanya lebih menarik. Update warna untuk tipe ABS dan CBS. Ada dua opsi warna baru yang dihadirkan. Tak banyak opsi motor matic yang nyaman untuk perjalanan jauh, sekaligus mumpuni untuk dipakai adventure, salah satunya Honda ADV 160 2024. Motor satu ini memang memiliki desain yang menarik, berbeda dari motor matic pada umumnya yang berkesan sporty. Pada motor ini kesan gagah dan tangguh lebih terasa dengan lekuk bodi yang tegas, serta teknologi yang keren. Nama ADV sendiri diartikan

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Peugeot Django 150
Lihat