PT MForce Indonesia beberapa waktu lalu menghadirkan line up sport fairing premiumnya dengan nama CFMoto 450SR.
Motor ini dijual dengan harga Rp 148,8 juta on the road Jadetabek dengan desain serta tampilan yang cukup racy dan modern layaknya superbike yang beredar saat ini.
Bisa langsung dilihat dari fascia nya yang punya desain lancip untuk memaksimalkan sisi aerodinamika.
Bahkan di samping lampu utamanya terdapat sepasang sayap yang ternyata tidak hanya sekadar gaya.
Karena desain 450SR ini juga diuji di dalam wind tunnel dan hasilnya sayap depan bisa menghasilkan gaya tekan ke bawah 2 kg pada kecepatan 120 km/jam.
Tiap sudut desainnya juga dioptimalkan untuk membelah angin serta memberikan kelincahan terhadap handling.
Baca juga: Melihat CFMoto Papio XO-01 Lebih Dekat, Mesinnya Tegak dan Tangki Pakai Layar
Di sisi tengah terlihat tangki 14 liternya punya desain yang tidak terlalu besar, bahkan cenderung ramping.
Terutama di tempat kaki pengendara menjepit untuk memberikan pengendalian yang lebih agresif.
Desain buntutnya tidak kalah racy, karena punya bentuk yang nungging dan dilengkapi desain lampu utama cukup mewah.
Fitur modernnya sudah bisa langsung terasa ketika melihat seluruh lampu penerangannya yang sudah menggunakan LED, yang memberi kesan modern juga mewah.
Kemudian ada penggunaan spidometer full digital berukuran 5 inci yang bisa menampilkan navigasi sederhana.
Ini karena spidometernya bisa tersambung dengan smartphone melalui Bluetooth.
Baca juga: Yamaha Gandeng CFMoto Untuk Rakit dan Jual Motor di Cina
Isi informasinya terlihat ada penunjuk kecepatan dengan latar motif carbon fiber, kemudian ada takometer yang punya redline di 10.000 rpm.
Lalu ada gear position, kapasitas bensin, suhu mesin, suhu udara sekitar, dan ragam informasi lainnya.
CFMoto 450SR juga dilengkapi dengan 4G module dan 6D sensor, dengan begitu bisa melihat posisi motor secara realtime, jarak tempuh, dan ragam informasi lainnya.
Aura racy kembali diberikan dengan penggunaan setang model underyoke sehingga posisi badan akan lebih merunduk.
Apalagi posisi footstep juga cukup tinggi sehingga posisi kaki lebih nangkring.
Di area kaki-kaki ada penggunaan suspensi depan tipe upside down yang punya diameter as 37 mm.
Yang belakang pakai monoshock dengan multi-link untuk memberikan handling yang stabil di kecepatan tinggi.
Baca juga: Tanpa Diundi, Beli CFMoto 250SR dan 250 CL-X Bisa Liburan ke Hongkong!
Untuk menghentikan lajunya terdapat kaliper Brembo M4 monoblock yang menjepit cakram berdiameter 320 mm semi-floating.
Di belakang pakai diameter cakram 220 mm diapit kaliper 1 piston, untuk menghindari roda terkunci saat pengereman keras rem depan dan belakangnya sudah dibekali ABS.
Dapur pacu CFMoto 450SR menggunakan mesin 2 silinder segaris, DOHC, pendingin cairan dengan kapasitas murni mesinnya 449,5 cc.
Mesinnya diklaim dapat memuntahkan tenaga maksimal 50,3 ps di 10.000 rpm dengan torsi 39,3 Nm pada 7.750 rpm.
Momen menurunkan gigi pun menjadi lebih halus karena menggunakan slipper clutch pada area koplingnya.
Mantap!
Spesifikasi CFMoto 450SR | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 2 silinder segaris, DOHC, pendingin cairan | |
Kapasitas mesin | 449,5 cc | |
Tenaga maksimal | 50,3 ps @10.000 rpm | |
Torsi maksimal | 39,3 Nm @7.750 rpm | |
P x L x T | 1.990 x 710 x 1.130 mm | |
Panjang sumbu roda | 1.370 mm | |
Tinggi jok | 795 mm | |
Kapasitas tangki bensin | 14 liter | |
Berat isi | 179 kg | |
Ban depan | CST Adreno HS AS5 110/70-17 | |
Ban belakang | CST Adreno HS AS5 150/60-17 | |
Suspensi depan | Upside down 37 mm, travel 120 mm | |
Suspensi belakang | Monoshock, travel 130 mm | |
Rem depan | Cakram tunggal 320 mm, kaliper Brembo M4, ABS | |
Rem belakang | Cakram tunggal 220 mm, kaliper 1 piston, ABS |