Yamaha Tenere 700 hadir di Indonesia yang didatangkan langsung oleh beberapa Importir Umum (IU), salah satunya 2 Wheelers By Glamour Auto Boutique yang menghadirkan Tenere 700 dalam versi standar dan World Raid.
Untuk varian World Raid dibanderol Rp 485 juta off the road yang mana lebih mahal dibanding varian standar, lantas apa saja fitur andalan dari Tenere 700 World Raid yang membuat harganya menjadi lebih mahal? Berikut ulasannya.
Ubahan paling terasa tentu saja ada pada tangki bensin, karena memang World Raid lebih ditujukan untuk penggunaan menjelajah dengan jarak cukup jauh, yang mana tidak perlu khawatir jika jarak antar pom bensin cukup jauh.
Pasalnya World Raid dibekali dengan tangki bensin yang punya kapasitas mencapai 23 liter, untuk memudahkan pengendaranya dalam pengisian bensin, Yamaha memberikan 2 lubang pengisian, satu di sisi kiri dan satu di kanan.
Baca juga: Sebab Motor Bebek Yamaha Jadi Favorit di Perbatasan Indonesia-Malaysia
Tangki bensin berkapasitas 23 liternya ini secara otomatis langsung mengubah bentuk Tenere 700 terutama di sisi tengah, terlihat bodinya menjadi lebih lebar dan ‘gondrong’ tapi tetap memperhitungkan sisi ergonomi agar pengendaranya tetap nyaman dan tidak terlalu mempengaruhi handling.
Itu berarti Tenere 700 World Raid punya beda kapasitas tangki bensin mencapai 7 liter, karena untuk varian standar hanya bisa menampung bensin sebanyak 16 liter tapi dengan desain bodi yang lebih ramping.
Fitur andalan berikutnya dari motor ini ada pada kaki-kakinya, karena punya jarak main yang lebih panjang dibandingkan tipe standar, dengan begitu melahap jalur gravel bebatuan tidak akan khawatir bottoming.
Shockbreaker depannya menggunakan upside down dari KYB yang punya warna tabung dark bronze Kashima coating yang membuatnya tidak hanya tampil apik tapi juga lebih kuat.
Baca juga: Cuma di Kalimantan Barat, Yamaha WR 155 R Punya 3 Varian
Shockbreaker ini punya diameter as 43 mm dan dengan jarak main mencapai 230 mm, sedangkan shockbreaker belakang tetap monoshock fully adjustable dengan travel 220 mm yang lebih panjang 20 mm dibandingkan Tenere 700 standar.
Motor ini menggunakan desain jok ala pacuan rally di mana bentuk jok ramping dan juga rata, dengan begitu pengendaranya bisa mengatur posisi badan juga posisi duduk dengan mudah saat ingin menyeimbangkan motor di jalur bebatuan.
Desain jok yang ramping juga memudahkan pengendara dalam mengontrol handling dari Tenere 700 World Raid, terutama ketika pengendara berdiri dan melahap jalur off road dengan cepat.
Sama seperti varian standar, World Raid juga dilengkapi dengan spidometer colour TFT display yang punya desain persegi panjang potrait dengan dimensi 5 inci.
Baca juga: Unik, Warga Kalbar Kerap Pakai Yamaha Jupiter Z1 Untuk Motor Perkebunan
Suguhan informasinya tergolong lengkap dengan 3 pilihan tampilan spidometer, bahkan ada roadbook style untuk membaca trip meter layaknya motor pacuan dakar.
Motor ini juga dilengkapi dengan CCU atau Communication Control Unit sehingga smartphone pengendara bisa tersambung dengan spidometer melalui sambungan Bluetooth, nantinya spidometer juga bisa menampilkan beberapa notifikasi.
Untuk menjaga kedua rodanya agar tidak mengunci saat melakukan pengereman keras, motor ini sudah dilengkapi dengan ABS 2 channel, namun karena akan banyak digunakan juga di jalur off road maka ABS ini punya beberapa mode.
Mode pertama tentu saja kondisi ABS berfungsi optimal di kedua roda, mode kedua ABS hanya berfungsi untuk roda depan, lalu mode terakhir ABS mati di semua roda sehingga pengendara bisa mengeksplor Tenere 700 World Raid tanpa diganggu.
Steering damper menjadi fitur yang hanya ada di World Raid, perangkat ini terpasang rapi tepat di antara mulut tangki bensin dengan setang.
Baca juga: Penyebab Yamaha Aerox Inden Sampai 3 Bulan di Kalimantan Barat
Komponen berlabel Ӧhlins ini tampak elegan dengan bodi warna silver dan setelan berwarna emas, steering damper ini dibekali dengan 18 setelan yang bisa disesuaikan untuk menjaga setang tetap stabil selama melewati jalur off road.
Ada komponen unik pada Yamaha Tenere 700 World Raid yang tidak dimiliki pada tipe standar, ini ada pada bagian boks filter udara.
Secara dimensi dan volume udara yang ditampung sebenarnya sama, perbedaan justru ada pada belalai filter udara yang menghadap ke depan.
Tujuannya untuk menghindari debu dan kotoran yang dihasilkan oleh roda belakang selama perjalanan panjang, dengan begitu kondisi filter udara akan lebih bersih.