Impresi Pertama Moto Guzzi V7 Stone Special Edition, Lebih Bertenaga dan Sporty!

Sensasi mengendarai Moto Guzzi V7 Stone Special Edition 2023.
  • Tampil lebih sporty dengan paduan warna baru.
  • Tenaga dan torsi naik berkat mapping ECU baru dan knalpot Arrow.

Setelah memperkenalkan Moto Guzzi V7 Stone Special Edition 2023 melalui rilis resmi, PT Piaggio Indonesia pun mengundang awak media untuk mencicipi motor berbanderol Rp 539,5 juta ini.

Bertempat di Pondok Indah Mall (PIM) 2, sebuah V7 Stone Special Edition berkelir Shining Black nan sporty ini menjadi target utama Autofun.co.id. Peningkatan performa yang diumbar saat perilisannya, jelas mengundang rasa penasaran kami. 

Update utama pada varian special edition ini memang ada pada segi tampilan. Warna hitam mengilap selaku kelir dasar dikombinasi dengan sentuhan warna merah yang kontras pada beberapa bagian. 

Seperti pada striping di tangki bensin, emblem side panel, benang jahit di jok dan ulir per suspensi belakang. Tidak lupa terdapat emblem Special Edition yang terpasang pada raiser setang sebagai identitas V7 Stone ini.

Performa V7 Stone Special Edition

Selain sektor penampilan, V7 Stone Special Edition dilengkapi pula dengan knalpot baru hasil kolaborasi dengan Arrow Exhaust. Saluran buang ini kemudian dibalut warna hitam serta end cap silver khas aluminium.

Baca juga: Dijual Rp 500 Jutaan, Moto Guzzi V7 Stone Special Edition Sapa Indonesia

Knalpot Arrow dengan karakter suara ngebas

Namun penggunaan Arrow ini tidak full system. Artinya, untuk bagian header atau leher knalpot tetap menggunakan bawaan Moto Guzzi. Lengkap dengan catalyctic converter sehingga tetap lulus Euro 5 dan punya karakter suara ngebas adem.

“Tetap lulus Euro 5. Canister juga masih dipakai, jadi uap bensin dari tangki bensin masuk ke canister, lalu dihisap ke intake monifold,” sebut Ayu Hapsari, BTL, PR and Communications Manager PT Piaggio Indonesia.

Meski begitu, silencer Arrow ini tetap berpengaruh terhadap performa V7 Stone Special Edition.  Terbukti dengan adanya kenaikan tenaga juga torsi yang bisa dirasakan dari rpm lebih rendah.

“Mapping ECU di tipe ini juga beda untuk menyesuaikan Arrow Exhaust. Tenaga puncak naik dari 65 ps jadi 66,6 ps di 6.700 rpm, sebelumnya ada di 6.800 rpm. Torsi naik dari 73 Nm jadi 75 Nm di 4.900 rpm dari sebelumnya ada di 5.000 rpm,” tambahnya.

Mesin transversal dengan silinder melintang khas Moto Guzzi

Baca juga: Harga Rp 600 Jutaan, Apa Menariknya Moto Guzzi V85 TT Travel 2022?

Spidometer full digital yang mudah dipantau dengan isi informasi cukup lengkap

Dengan kenaikan performa yang bisa dicapai di putaran mesin lebih rendah tersebut, membuat pengalaman mengendarai V7 Stone Special Edition semakin menyenangkan.

Pasalnya, tidak butuh bukaan gas besar kalau hanya untuk menyalip kendaraan atau menaklukan tanjakan. Vibrasi yang dihasilkan juga minim tapi tetap dengan khas gaya tarik mesin trasnversal ketika menghidupkan mesin.

Badan terasa diajak ke kanan dan kiri ketika baru menghidupkan mesin, gaya hentak tersebut juga terasa ketika menggeber mesinnya dalam posisi diam, namun kalau sudah dikendarai tidak terlalu terasa.

Meski masih menggunakan sistem kopling mekanis, tapi koplingnya masih tergolong empuk sehingga tidak membebani jari sepanjang perjalanan, tiap perpindahan giginya juga terasa begitu halus.

Baca juga: Moto Guzzi V85 TT Travel Dibanderol Rp 690 Jutaan, Apa Yang Bikin Motor Ini Menarik?

Emblem baru dengan warna merah pada V7

Mesin transversal 90° V-twin yang digunakannya memang khas punya posisi silinder yang muncul di sisi kanan dan kiri, namun rasanya kaki pengendara masih aman karena tetap ada jarak antara keduanya.

Namun karena masih mengandalkan udara sebagai pendinginnya, jadi wajar kalau kondisi mesin yang sudah panas akan menghempaskan hawa hangat di kedua kaki pengendara, tapi tenang karena masih dalam batas wajar kok!

Nyaman & Lincah

Suguhan posisi berkendara untuk postur badan 170 cm masih terasa nyaman karena tinggi joknya hanya 780 mm dan punya desain ramping sehingga kaki bisa menapak dengan mudah. 

Meski tampilan cenderung sporty, tapi posisi footstep pengendara masih lebih maju dibanding tempat duduk, dengan begitu kaki serta lutut tidak dibuat ‘nangkring’ yang artinya gejala pegal atau keram dapat dihindari.

Baca juga: Vespa GTV 300 2023 Ada Cicilan 0 Persen, Angsurannya Tembus Segini!

Posisi berkendara tergolong nyaman

Setang pipanya juga punya posisi yang cukup, tidak terlalu tinggi tapi juga tidak rendah sehingga tetap memberikan posisinya yang nyaman untuk lengan serta pundak pengendara.

Berat isi yang mencapai 218 kg memang terasa ketika mendirikan V7 Stone dari posisi standar samping, namun ketika sudah melaju rasa berat tersebut justru tidak terlalu terasa.

Motor masih terasa lincah dan nurut ke mana pengendaranya ingin melaju, ditopang juga dengan suspensi depan dan belakang yang punya karakter redaman lembut juga empuk.

Respon yang baik juga ditunjukan dari performa remnya, satu set pengereman Brembo di depan dapat menghentikan laju V7 Stone dengan sangat baik, feeling pengereman terasa empuk dan pakem.

Bagi kalian yang juga ingin mencicipi sensasi berkendara motor satu ini, bisa segera sambangi booth Piaggio Indonesia di PIM 2 dan mampir ke area test ride-nya.

Untuk hasil lengkapnya, tunggu ulasan test ride kami bersama Moto Guzzi V7 Stone Special Edition 2023 ya!

Spesifikasi Moto Guzzi V7 Stone Special Edition 2023

Tipe mesin Transversal 90° V-twin, 2 katup per silinder, titanium intake, pendingin udara
Kapasitas mesin 853 cc
Bore x stroke 84 mm x 77 mm
Tenaga maksimal 66,6 ps @6.700 rpm
Torsi maksimal 75 Nm @4.900 rpm
Transmisi 6 percepatan
Suspensi depan Teleskopik Ø40 mm
Suspensi belakang Ganda dengan setelan spring preload
Rem depan Cakram stainless steel Ø320 mm dengan kaliper Brembo 4 piston, ABS
Rem belakang Cakram stainless steel Ø260 mm, kaliper 2 piston
Ban depan 100/90-18
Ban belakang 150/70-17
Tinggi jok 780 mm
Berat 198 kg (kering), 218 kg (basah)
Tangki bensin 21 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Digeber Pedrosa, Motor KTM RC16 MotoGP Asapi Mobil F1 dan WRC

KTM RC16 menang mutlak di tiga kali drag race. Tenaga motor MotoGP paling kecil. Perusahaan minuman berenergi asal Austria, Red Bull memang dikenal sebagai sponsor berbagai kegiatan olahraga, termasuk sejumlah ajang balap, baik mobil atau pun motor. Nah, pada Rabu (6/9/2023) Red Bull mengunggah video kegiatan mereka bertajuk Ultimate Drag Race. Tak tanggung, kendaraan balap yang diadu dari kelas Formula 1, MotoGP, WRC, Rallycross hingga mobil konsep Ford SuperVan 4.2. Lintasannya berupa landasan

TVS Rilis Apache RTR 310, Naked Bike Rp 47 Jutaan yang Pakai Basis Mesin BMW

Dirilis pertama kali di Thailand. Berbasis naked bike BMW G310R. Pabrikan motor India, TVS tampaknya ingin menunjukan eksistensi mereka sebagai produsen global dengan debut produk-produk mereka diluar India, termasuk Apache RTR 310. Yup, motor jenis naked bike itu meluncur di Thailand pada Rabu (6/9/2023), sebelumnya motor listrik TVS X juga meluncur di Dubai belum lama ini. TVS Apache RTR 310 sendiri dikembangkan dari basis BMW G310 R yang sama-sama berjenis naked bike. Meski begitu, ditilik da

Merasakan Perbekalan Honda CBR250RR SP QS di Sirkuit Mandalika, Berasa Pembalap!

CBR Track Day 2023 di Mandalika jadi kesempatan menjajal performa varian tertinggi CBR250RR. Performa mesin dan fitur ideal untuk kebutuhan balap. CBR Track Day 2023 jadi momen paling pas bagi Autofun.co.id buat ngebut di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menariknya lagi, sensasi ini kami lakoni bersama Honda CBR250RR yang notabene berstatus sebagai andalan PT Astra Honda Motor (AHM). Sedikit napak tilas, Honda CBR250RR dirilis oleh pihak pemegang merek pada 2016 silam. Model ini m

Wajib Dilirik! Ada Diskon Hingga Rp 5 Juta Buat Motocross Yamaha YZ Series

Promo berlaku untuk pembelian secara online. Masih ada versi bermesin 2-tak. Varian motor CBU yang dihadirkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) saat ini adalah jenis motocross atau special engine, YZ Series. Ada beragam model Yamaha YZ Series yang bisa dibeli konsumen atau pecinta balap garuk tanah. Diantaranya YZ125X, YZ250X, YZ250F hingga YZ250FX. ”Market motor offroad di Tanah Air tengah berkembang bagus dan aktivitas pada bagian ini juga semakin aktif dilakukan oleh konsume

Hal Inikah Penyebab Awal Rangka eSAF Honda Bermasalah?

Lapisan cat kurang maksimal melindungi. Lubang pembuangan air salah posisi. Ketebalan bahan pengaruhi daya tahan. Kekhawatiran rangka eSAF Honda yang karat, keropos bahkan sampai patah sudah semakin meluas, malah sudah berimbas pada harga jual unit bekasnya. Nah, beberapa waktu lalu kami sudah membongkar Honda BeAT 2020 yang sudah pakai rangka tersebut. Hasilnya secara fisik relatif mulus, namun kala kami melihatnya lebih detail sudah ada beberapa bagian yang berkarat. Ada banyak silikat yang te

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Moto Guzzi V7 III
Lihat